Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Perizinan
  2. Cara Gampang Bikin Nomor Induk Berusaha (NIB), Bisa Daftar Online!

Cara Gampang Bikin Nomor Induk Berusaha (NIB), Bisa Daftar Online!

Mudahnya buat Nomor Induk Berusaha (NIB) kini hanya lewat satu pintu saja. Simak langkah-langkah selengkapnya!

Diperbarui 27 Sep • Baca 4 menit

Sebelumnya, para wirausahawan mengenal Nomor Induk Berusaha (NIB) pada tahun 2018. Kini, Pemerintah lewat Kementerian Investasi/BKPM meluncurkan Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) yang merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Kenapa pemilik usaha harus punya NIB?

Seller, kepemilikan NIB ini penting lho! Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika usaha kamu sudah memiliki NIB:

  1. Usaha Mikro Kecil (UMK) dengan risiko rendah diberi kemudahan berupa perizinan tunggal. Artinya, NIB berlaku sebagai legalitas, Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH).

SNI berupa Sertifikat Bina UMK selanjutnya akan mendapatkan pendampingan atau difasilitasi oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Sementara SJPH selanjutnya ditindaklanjuti dengan pendampingan atau difasilitasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

  1. Pemilik NIB memiliki kemudahan pengembangan usaha dalam hal akses pembiayaan (perbankan).
  2. Dapat mengakses bantuan program pemerintah.
  3. Memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha.

Banyak 'kan manfaatnya? Langsung daftar dengan klik link di bawah ini yuk!

Daftar NIB Sekarang

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya memiliki NIB? Selanjutnya, saatnya kita cari tahu lebih dalam lagi seputar Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Apa itu Perizinan Berusaha Berbasis Risiko?

Perizinan berusaha berbasis risiko adalah perizinan berusaha yang menggunakan tingkat risiko untuk menentukan jenis perizinan berusaha. Saat ini, pemerintah sudah memetakan tingkat risiko sesuai dengan bidang usaha atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). KBLI yang berlaku saat ini ialah KBLI tahun 2020. Berikut merupakan tingkat risiko kegiatan usaha beserta perizinan berusahanya.

article

Dalam pelaksanaannya, OSS Berbasis Risiko memberikan pelayanan usaha ke dua kategori besar, yaitu Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dan Non Usaha Mikro dan Kecil (Non UMK). Untuk tahu usaha kamu ada di kategori yang mana, simak bagan berikut ini ya!

article

Perbedaan Usaha Mikro dan Non Mikro

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui kategori yang tepat untuk usahamu, Seller. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

article

Buat kamu yang sudah membuat perizinan berusaha sebelum sistem OSS Berbasis Risiko, tidak perlu khawatir, izin usahamu tetap dapat digunakan kok! NIB ini tetap akan berlaku selama kegiatan usaha berjalan, jadi tidak perlu diperpanjang ya, Seller.

Hal penting yang dipersiapkan untuk perizinan berusaha

Sekarang, sudah tahu kan usahamu termasuk ke dalam kategori mana? Selanjutnya, coba cek hal-hal yang harus kamu persiapkan yuk untuk mengurus perizinan berusaha!

article

Lengkapi data berikut untuk mendapat hak akses OSS

Sebelum membuat Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS), pastikan kamu sudah melengkapi beberapa data berikut ini ya.

article

Langkah mudah mendapat hak akses OSS

Cara mendapatkan hak akses OSS juga mudah kok, Seller. Biar kamu bisa langsung membuatnya, coba deh simak 6 tahap mudah yang sudah dijabarkan Kementerian Investasi/BKPM berikut ini:

article

Nah, mudah kan tahap pembuatan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS)? Kamu bisa cari tahu lebih banyak seputar Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui OSS dengan menonton video dari Kementerian Investasi/BKPM berikut ini.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung buat Perizinan Berusaha Berbasis Risiko usaha kamu sekarang juga!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kebijakan Google Terkait Produk Kesehatan di Tokopedia Untuk Platform Android

PerizinanDiperbarui 10 NovBaca 1 menit
top description

PENTING! Lisensi yang Diperlukan untuk Jualan Produk Pangan, Kecantikan, dan Kesehatan

PerizinanDiperbarui 08 NovBaca 3 menit
top description

Cara Gampang Bikin Nomor Induk Berusaha (NIB), Bisa Daftar Online!

PerizinanDiperbarui 27 SepBaca 4 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual