Biaya Layanan Sesuai Kategori Produk Terjual dan Biaya Jasa Transaksi Untuk Official Store

Simak rincian biaya yang dikenakan Seller Official Store yang berlaku mulai 1 Maret 2023

Diperbarui 20 Jan  • Baca 3 menit

Hai, Seller Official Store Tokopedia! Per 1 Maret 2023, ada penyesuaian terkait standar biaya layanan baru untuk Seller Official Store. Penyesuaian tersebut meliputi penerapan:

  1. Biaya layanan sesuai kategori produk terjual mulai dari 1% hingga 6,5%, dan
  2. Biaya jasa transaksi 1,8% (maksimal Rp50.000 per produk terjual)

Tokopedia akan mengirimkan perjanjian kerjasama biaya layanan baru paling lambat pada 13 Januari 2023 ke alamat email terdaftar saat proses registrasi Official Store. Perjanjian kerjasama ini perlu ditandatangani oleh Seller agar Seller dapat terus menikmati berbagai fitur dan keuntungan yang ditawarkan khusus seperti diskon toko, bonus kredit TopAds, Toko Member, dan lain sebagainya.

Jika Seller belum menandatangani perjanjian kerjasama terbaru hingga paling lambat 14 Februari 2023, maka per 1 Maret 2023, status Official Store Seller akan berganti disesuaikan dengan .

Simak rinciannya di bawah ini.

Biaya layanan sesuai kategori produk terjual di tokomu

Perubahan biaya layanan akan berlaku untuk semua Seller Official Store. Biaya layanan ini berdasarkan pada kategori produk yang dijual di toko, senilai mulai dari 1% hingga 6,5%. Untuk rincian biaya layanan per kategori produk, cek tabelnya di bawah.

Pastikan kamu menempatkan kategori yang sesuai dengan produkmu, ya.

Baca juga:

Untuk Seller Official Store yang menggunakan Bebas Ongkir, diterapkan juga biaya layanan Bebas Ongkir. Simak informasi selengkapnya di artikel di bawah ini.

Baca juga:

Biaya jasa transaksi

Biaya jasa transaksi adalah biaya yang dikenakan ke Seller Official Store yang diterapkan per 1 Maret 2023. Biaya jasa transaksi adalah sebesar 1,8% (maksimal Rp50.000) yang dihitung berdasarkan produk terjual dan berlaku sama rata untuk semua kategori produk.

Biaya jasa transaksi dihitung dari harga final yang dibayarkan pembeli dan sudah termasuk PPN 11%.

Simak simulasi untuk biaya layanan dan biaya jasa transaksi di bawah ini.

Catatan:

  1. Jika Seller memiliki subsidi Kupon Toko, maka nilai yang diambil adalah harga akhir produk (setelah didiskon).
  2. Biaya jasa transaksi adalah 1,8% dengan nominal maksimal Rp50.000.

Rincian biaya layanan sesuai kategori produk terjual

Masih bingung produkmu masuk ke dalam kategori yang mana? Cari tahu detail biaya layanan yang akan berlaku untuk produkmu di bawah ini!

Kategori Rumah Tangga

Kategori Home & Living meliputi: Pertukangan, Rumah Tangga, Dapur, dan Properti. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Makanan dan Minuman

Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Elektronik

Kategori Elektronik meliputi: Elektronik, Audio, Kamera, Eletronik Lainnya, dan Komputer Laptop. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Fashion

Kategori Fashion meliputi: Fashion Muslim, Fashion Pria, dan Fashion Wanita. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Handphone & Gadget

Kategori Handphone & Gadget meliputi: Handphone & Tablet. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Otomotif

Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Hobi dan Olahraga

Kategori Hobi dan Olahraga meliputi: Gaming, Mainan & Hobi, dan Olahraga. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Ibu dan Anak

Kategori Ibu dan Anak meliputi: Fashion Anak & Bayi, dan Ibu & Bayi. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Kategori Lainnya

Kategori Lainnya meliputi: Buku, Film & Musik, Logam Mulia, Office & Stationery, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, Tour & Travel, Wedding, dan Produk Lainnya. Untuk detail produk yang termasuk ke dalam kategori ini beserta biaya layanannya kamu dapat melihat rincian di bawah ini.

Berapa biaya yang dikenakan Seller? Cek di Saldo Penghasilan

Saat pesanan selesai, kamu juga bisa melihat detail biaya layanan dan biaya jasa transaksi yang dikenakan pada masing-masing produk per transaksi di halaman Saldo Penghasilan. Cukup Download Laporan dengan maksimal 90 hari dan cek detailnya!

Nah, itulah detail kategori beserta biaya layanan yang akan dikenakan pada setiap produk yang terjual. Perhatikan kategori produkmu dan biaya layanan yang akan dikenakan ya, Seller. Yuk cek kategori produkmu sekarang!

Kategori Produk

Cek Kategori Produkmu

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

top description

Biaya Layanan Sesuai Kategori Produk Terjual dan Biaya Jasa Transaksi Untuk Official Store

Status Keanggotaan SellerDiperbarui 20 JanBaca 3 menit
top description

PENTING! Biaya Layanan, Jasa Transaksi, dan Layanan Bebas Ongkir Untuk Official Store

Status Keanggotaan SellerDiperbarui 09 JanBaca 2 menit
top description

Cek Detail Biaya Layanan Per Kategori Produk Terjual

Status Keanggotaan SellerDiperbarui 20 DecBaca 3 menit

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2023, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual