Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Uncategorized
  2. SEO Optimal, Kunci Menjadi yang Teratas di Halaman Pencarian Google

SEO Optimal, Kunci Menjadi yang Teratas di Halaman Pencarian Google

Belajar SEO: Kunci Menjadi yang Teratas di Halaman Pencarian …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Belajar SEO: Kunci Menjadi yang Teratas di Halaman Pencarian Google – Seller, tahu tidak? Salah satu cara agar jualan online bisa optimal adalah mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization). Panduan ini dibuat untuk menjelaskan semua aspek utama SEO dan seluk-beluknya, mulai dari pengetahuan dasar, cara mencari keyword yang tepat untuk menghasilkan traffic atau jumlah pengunjung, hingga membuat membangun tautan atau link untuk memasarkan tokomu.

Tapi tidak perlu khawatir, Seller. Meski algoritma mesin pencarian memang kompleks, kamu bisa kok memahami dasarnya dengan panduan ini! 

Materi Belajar SEO

Apa itu SEO? 

perbedaan seo dan ads

SEO merupakan teknik yang memanfaatkan kerja algoritma search engine (mesin pencari) untuk meningkatkan visibilitas situs tokomu agar berpotensi tampil teratas. Dengan SEO, kamu bisa meningkatkan pengunjung secara gratis atau organik.

Menggunakan teknik SEO pada toko atau website yang sedang kamu kelola memang akan mendatangkan perubahan yang besar dalam mendapatkan jumlah pengunjung dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah panduan sederhana yang dirancang khusus untuk kamu agar mengetahui semua aspek tentang SEO. 

 

 

Pengetahuan dasar tentang SEO berdasarkan konsep piramida Mozlow’s

Pengoptimalan SEO pada sebuah website dan toko yang sedang kamu kelola rasanya tidak akan lengkap dan bekerja dengan baik jika kamu mengabaikan hal-hal dasar terlebih dahulu. Bagaimanapun hal dasar dalam SEO inilah yang akan menjadi fondasi atau tonggak awal agar teknik SEO yang kamu lakukan dapat menuai hasil yang bagus. Sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung, meningkatkan penjualan serta meningkatkan kepercayaan toko yang sedang kamu kelola dalam jangka waktu yang lama. 

Bila kamu belum mengerti hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian SEO pada sebuah website atau toko yang sedang kamu kelola. Di bawah ini adalah contoh konsep sederhana sebuah teknik SEO yang diurutkan dari hal dasar hingga puncak berdasarkan teori piramida Mozlow’s. 

piramida mozlow seo

Dari gambar piramida di atas dapat diketahui secara garis besar 7 langkah sederhana yang dapat digunakan untuk mengoptimasi website atau toko kamu. 

1. Mesin penelusuran atau search engine dalam hal ini adalah Google akan selalu berusaha untuk menampilkan sebuah konten yang relevan bagi pengguna. Salah satu faktor pendukungnya adalah aksesibilitas crawling (perayapan) yang baik dari sebuah website terpercaya. Seperti contohnya adalah Tokopedia yang sudah memiliki domain website terpercaya yang mudah muncul di dalam mesin pencarian Google. 

2. Membuat konten yang menarik seperti mengunggah deskripsi teks pada toko, gambar maupun video produk yang berkualitas juga dapat menambah jumlah pengguna atau pengunjung untuk memasuki website kamu. Tentunya semakin bertambahnya jumlah pengunjung yang memasuki website yang sedang kamu kelola juga akan semakin meningkatkan urutan rating website atau toko kamu.

Contoh menggunakan gambar produk yang menarik:

Contoh mengunggah deskripsi produk yang lengkap:

contoh deskripsi produk

Contoh mengunggah video produk: 

contoh video produk

3. Selain itu, gunakanlah kata kunci yang sesuai dengan produk yang kamu jual agar semakin menarik mesin penelusuran dan juga pengguna.  Kamu pun juga bisa memanfaatkan akses gratis dari Google Trends untuk mencari kata kunci apa yang sedang trend saat ini seperti contohnya berikut ini:

google trends

4. Pengalaman pengguna internet dengan website yang memiliki tampilan menarik juga menjadi salah satu faktor penentu agar website lebih banyak dikunjungi. 

Maka dari itu, Tokopedia menyediakan sebuah tampilan website, aplikasi, maupun gambar yang menarik dan mudah digunakan untuk bisa membantumu menjual berbagai produk.

tokopedia

5. Sebuah konten yang kamu buat juga harus dapat disebarkan ke berbagai platform atau akun media sosial  lain dengan tampilan yang menarik untuk dilihat. 

Contoh tampilan konten dari Tokopedia yang disebar ke Twitter:

twitter snippetContoh tampilan konten dari Tokopedia yang disebar ke Facebook:

facebook snippet

6. Menggunakan judul, URL dan kalimat deskripsi yang lengkap agar website kamu dinilai sebagai halaman yang relevan dan solutif bagi para pengguna internet. 

7. Pada posisi teratas terdapat Schema dan Rich Snippet yang berguna untuk membuat tampilan konten kamu agar terlihat lebih menarik. 

Contoh sederhananya seperti, bila toko kamu secara keseluruhan sudah memiliki penilaian rata-rata yang cukup bagus di mata pengunjung. Mesin pencarian akan memberikan tampilan yang lebih menarik lagi bagi toko kamu saat dimunculkan di hasil penelusuran. Seperti contohnya menampilkan ikon bintang yang dapat berguna untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk yang sedang kamu jual. 

Maka dari itu, berusahalah untuk memberikan layanan terbaik pada pembeli sebisa mungkin agar tampilan website dan toko yang kamu kelola lebih terlihat menarik.

Contoh tampilan konten produk di Tokopedia yang sudah mengaplikasikan teknik Rich Snippet:

contoh meta title dan description

Semoga informasi ini bisa membantumu untuk meningkatkan penjualan. Mulai terapkan sekarang juga dan simak tips dan triknya lebih lanjut di Bab 1: Pengetahuan Dasar SEO untuk Tampil Terdepan.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Tips Membuat Konten Dekorasi Toko yang Menarik

UncategorizedDiperbarui 20 SepBaca 2 menit
top description

Cara Mudah Tarik Dana Bagi Pengguna Modal Toko

UncategorizedDiperbarui 08 AugBaca 2 menit
top description

Baru! JNE Trucking Sudah Bisa Digunakan Seller Tokopedia

Pengaturan logistikDiperbarui 05 FebBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual