Belajar SEO Bab 1: Pengetahuan Dasar SEO untuk Tampil Terdepan

Materi SEO

Hai, Seller!

Artikel berikut ini akan membantu kamu untuk memahami pengetahuan dasar SEO. Buat kamu yang belum mengerti SEO (search engine optimization). Perlu kamu ketahui jika SEO adalah sebuah cara untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke situs yang sedang kamu kelola. SEO akan membantu mengoptimalkan mesin pencarian atau google untuk menampilkan toko kamu agar berada di urutan teratas. Sehingga peluang tokomu agar dilihat oleh pengunjung akan semakin besar, deh! 

Berbeda dengan iklan berbayar, menerapkan SEO bisa dilakukan tanpa biaya atau organik yakni dengan memperhatikan keywords (kata kunci), menyediakan konten yang menarik bagi pembeli, menulis deskripsi produk yang lengkap, serta menyesuaikan  minat atau kebutuhan pembeli yang sedang trend saat ini.

Mesin pencarian seperti Google akan menampilkan sebuah website dengan kualitas terbaik untuk kemudahan pengguna. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan yang penting untuk kamu perhatikan: 

kunci seo
SEO untuk Pemula

cara google crawling

Search Engine atau mesin pencarian dalam hal ini adalah Google, secara terus-menerus melakukan evaluasi pada ribuan konten yang tersedia di internet. Hal ini bertujuan agar mampu memberikan data terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semua konten yang tersebar pada internet akan melalui tahapan crawling (perayapan) dan indexing (pengindeksan). Crawling sendiri adalah sebuah langkah di mana mesin pencarian Google akan mengumpulkan informasi dari seluruh halaman website yang tersebar di internet, sedangkan indexing adalah sebuah tahapan lanjutan dari crawling (perayapan) yakni menyimpan hasil informasi ke dalam sebuah indeks. Dari proses tersebut maka akan menghasilkan urutan atau list halaman terbaik dengan isi konten yang paling relevan untuk ditampilkan pada mesin pencarian atau search engine. Jadi pastikan agar kamu mengunggah konten terbaik yang kamu miliki, baik itu berupa foto, gambar, video maupun tulisan untuk kepuasan pembeli.

Pengertian organik dalam SEO dan apa bedanya dengan iklan berbayar?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya SEO menghasilkan hasil pencarian organik (organic traffic) yang diperoleh tanpa memerlukan iklan. Dengan biaya gratis, pencarian organik ini mampu mendatangkan lebih banyak jumlah pengunjung. Hasil pencarian organik ini contohnya seperti saat kamu mengetikkan sejumlah keyword atau kata kunci “Baju Gamis” ke dalam kolom pencarian di Google. Beberapa saat setelahnya, mesin pencarian Google akan menampilkan berbagai macam konten dengan tautan atau link yang relevan dengan kata pencarian kamu. Jika hasil berupa konten dengan tautan link yang muncul tersebut kamu klik. Maka hal itu sudah terhitung sebagai hasil pencarian organik. 

Berikut adalah contoh pencarian organik dengan menerapkan SEO:

hasil pencarian seo

Perbedaan SEO dan ADS (Iklan Berbayar)

perbedaan seo dan ads

Mengapa SEO Penting?

Hasil pencarian organik yang dihasilkan oleh SEO sangat berdampak pada branding toko yang kamu miliki. SEO juga terbukti dapat meningkatkan peluang hingga 20 kali lipat lebih banyak baik pada gadget telepon genggam maupun komputer. Sehingga tentu saja hal ini akan memberikan peluang yang lebih besar agar toko kamu dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, menerapkan SEO pada toko yang kamu kelola juga dapat meningkatkan kepercayaan dari para pembeli juga lho.

Hal yang perlu dilakukan:

Untuk mengoptimalkan SEO pada website toko yang kamu kelola. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:

  • Buatlah  konten yang ramah dengan pengguna
  • Berikan  konten yang menarik dan unik.  Seperti contohnya menambahkan konten video tutorial cara pemakaian produk yang kamu jual hingga mengunggah foto barang asli pada etalase toko kamu.

Hal yang harus dihindari:

  • Membuat konten yang dibuat secara otomatis
  • Memberikan konten yang merupakan hasil salinan dari tempat lain (tidak orisinil)
  • Terdapat teks dan tautan tersembunyi yang mengarah pada website lain yang kurang kredibel.
  • Menggunakan kata kunci atau keyword yang sama terlalu banyak.

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan buat mengoptimalkan SEO untuk penjualanmu. Simak tips dan trik SEO lainnya di bab selanjutnya.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller