Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan toko
  2. Belajar SEO Bab 3: Pentingnya Tautan (Link) di SEO

Belajar SEO Bab 3: Pentingnya Tautan (Link) di SEO

Materi SEO  Pengantar: SEO Optimal, Kunci Menjadi yang Teratas di …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Materi SEO 

Ada lebih dari ribuan konten yang sama diunggah di internet setiap harinya. Namun, semua konten yang diunggah tersebut tidak serta merta bisa ditampilkan pada tampilan halaman pertama pada mesin pencarian. Konten dengan isi terbaik dan yang paling relevan lah yang akan mendapat urutan pertama pada Google.

Akan tetapi perlu kamu ketahui pula jika sebuah mesin pencarian tidak hanya menilai konten yang kamu buat berdasarkan kata kunci, kualitas tulisan, gambar, hingga video berkualitas yang kamu buat saja. Adanya link atau tautan juga penting untuk diperhatikan agar bisa meningkatkan tampilan urutan website yang sedang kamu kelola di mesin pencarian.

Apa itu Link (Tautan)?

Link adalah teks atau gambar pada sebuah artikel halaman blog atau website yang terhubung dengan halaman website lain. Ciri-ciri link sangat sederhana yakni dapat berwarna biru dan apabila kursor tanda panah diarahkan ke link tersebut maka ikon akan berubah menjadi ikon telunjuk tangan.

internal external linking tokopedia
‘Dompet’ adalah contoh link.

Link dalam SEO dibagi menjadi dua jenis yaitu backlink dan internal link. Kehadiran kedua jenis link ini sama-sama penting agar dapat meningkatkan urutan tokomu untuk ditampilkan di mesin pencarian. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Apa Itu Backlink?

Bila dijelaskan secara sederhana, backlink adalah sebuah link yang terdapat pada website lain yang diarahkan ke website yang kamu sedang kamu kelola. Contohnya seperti saat kamu mencantumkan link alamat URL akun toko Tokopedia-mu pada blog dan akun media sosial milikmu.

Contoh sebuah alamat URL:

internal linking tokopedia

Kamu bisa mencantumkan link link toko kamu pada halaman akun profil Instagram yang sedang kamu kelola. Mencantumkan link akun toko Tokopedia kamu di Instagram juga dapat mempermudah proses transaksi online-mu dan meningkatkan citra akun toko kamu di mata mesin pencarian.

Contoh menambah link akun Tokopedia pada Instagram:

internal linking tokopedia

Selain itu, bila kamu memiliki blog atau WordPress yang sedang kamu kembangkan. Kamu juga bisa mencantumkan link alamat akun toko Tokopedia kamu pada setiap unggahan konten yang kamu buat.

apa itu backlink

Tak ketinggalan, menambahkan link akun Tokopedia pada setiap postingan yang kamu unggah pada beranda maupun grup jual beli di Facebook juga dapat membantu performa SEO.

internal external linking tokopedia

Perlu juga diingat bahwa semakin banyak link berkualitas yang disambungkan ke tokomu di Tokopedia, mesin pencari Google akan memprioritaskan tokomu dan membuatnya berada di peringkat pencarian yang lebih tinggi. Jadi manfaatkan teknik backlink ini sebaik mungkin ya!

Apa Itu Internal Link?

Berbeda dengan backlink yang disebarkan ke website lainnya yang berbeda. Internal link adalah link di situs kamu sendiri yang mengarah ke halaman kamu yang lain di situs yang masih sama.

Namun, sebagai Seller di Tokopedia kamu tak perlu melakukankannya karena Tokopedia secara berkala akan mencantumkan tautan internal link produk yang sedang kamu jual ke berbagai konten yang diunggah pada internet. Sehingga produk maupun toko yang sedang kamu kelola lebih mudah dikenali dan dilihat oleh jutaan pengguna internet.

Pengaplikasian kedua jenis link di atas sangat berpengaruh pada penilaian mesin pencarian untuk toko dan produkmu lho. Jadi pastikan kamu mencantumkan link yang relevan dan berkualitas untuk bisa terdepan di mesin pencarian. Jangan lupa pelajari tips dan trik terkait SEO lainnya di sini. Sampai jumpa lagi, Seller!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kenali Halaman Tokopedia Seller, Pusat Kelola Toko di Desktop

Pengaturan tokoDiperbarui 22 SepBaca 3 menit
top description

Cara Balas Chat Pembeli Tokopedia dengan Cepat dan Tepat

Pengaturan tokoDiperbarui 21 SepBaca 2 menit
top description

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Operasional Toko

Pengaturan tokoDiperbarui 21 JunBaca 5 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual