Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan toko
  2. Belajar SEO Bab 4: SEO Keyword dan Cara Menemukan Kata Kunci yang Tepat

Belajar SEO Bab 4: SEO Keyword dan Cara Menemukan Kata Kunci yang Tepat

Materi SEO Pengantar: SEO Optimal, Kunci Menjadi yang Teratas di …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Materi SEO

Agar membuat website atau toko kamu ditampilkan pada mesin pencarian, tentu saja kamu harus berupaya sebaik mungkin dengan memberikan konten berkualitas dan relevan. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk menghasilkan konten terbaik?

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dari konten pada website yang kamu buat adalah penggunaan kata kunci (keyword) yang tepat. Semakin relevan kata kunci yang kamu pakai, maka semakin cepat pula untuk membantu pengguna internet menemukan website atau toko kamu. 

Menentukan Target Pasar

Sebelum kamu memulai mengaplikasikan teknik kata kunci (keyword research) SEO. Ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu kebutuhan pasar. Seperti saat kamu sedang berjualan produk pakaian gamis wanita muslimah. Maka kamu harus mengetahui hal-hal seperti contohnya:

  1. Apa model gamis wanita yang sedang tren saat ini?
  2. Kapankah waktu terbanyak orang mencari baju gamis wanita?
  3. Rentang umur berapakah yang suka memakai gamis wanita?

Setelah kamu mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, kamu dapat membantu pembeli untuk menemukan sebuah produk yang mereka butuhkan dengan tepat sasaran. Serta hal ini juga mampu membantu kamu untuk membuat sebuah konten yang lebih baik. 

Menemukan Kata Kunci yang Tepat

Mungkin kamu sudah mulai memikirkan menggunakan kata kunci apa yang akan kamu tulis pada deskripsi toko atau website yang kamu kelola. Perlu kamu ketahui kalau kata kunci yang relevan dan sedetail mungkin dengan produk yang kamu jual akan semakin bagus. 

Misalnya saat kamu berjualan ‘baju gamis wanita’ kamu bisa membuat kata kunci lainnya seperti:

  • Baju Gamis Syar’i
  • Model Gamis Polos
  • Model Baju Gamis Wanita Terbaru

Namun, bila kamu masih merasa bingung dan kesulitan mencari kata kunci yang sesuai dengan produkmu. Kamu bisa memulai mencari kata kunci sederhana yang berhubungan dengan produk apa yang kamu jual dengan gratis. Melalui kedua website berikut ini:

1. Ubersuggest

Laman website ini akan memberitahumu kata kunci apa yang sedang trend saat ini dan bagaimana performanya pada mesin penelusuran Google. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin kamu cari pada kolom yang tersedia saja.

ubersuggest

Setelah itu, urutan kata kunci yang relevan akan ditampilkan berdasarkan tingkat kualitasnya. Kamu pun juga bisa menggunakannya sebagai acuan pada penulisan deskripsi untuk website dan toko kamu.

cara ubersuggest

2. Google Trends

Alternatif website lainnya untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang sesuai adalah Google Trends. Dari laman ini kamu bisa melihat kata kunci beserta topik yang kini sedang hangat diperbincangkan dan dicari oleh pembeli. 

google trends

Memilih Kata Kunci berdasarkan volume penelusuran

Dari sekian banyaknya kata kunci yang dihadirkan oleh Ubersuggest dan Google trends. Pilihlah kata kunci dengan volume paling banyak. Biasanya 10 urutan kata kunci yang ditampilkan sudah memiliki performa yang bagus untuk meningkatkan ranking website dan toko kamu. 

Menggunakan kata kunci yang panjang

Ada berbagai macam jenis pengguna internet yang memiliki sifat berbeda saat mencari sebuah produk yang akan dibeli. Ada yang menyukai menggunakan kata kunci pendek dan ada pula yang cenderung lebih suka menggunakan kata kunci yang panjang dan lebih spesifik. 

Menggunakan kata kunci yang panjang contohnya seperti ‘‘7 Gamis Wanita Model Terbaru’’ dan ‘’Gamis Wanita Harga Termurah’’ dapat menjadi sumber inspirasi kata kunci yang bisa kamu gunakan.

Menerapkan kata kunci yang transaksional

kata kunci google seo

Berbagai kata kunci dimasukkan ke dalam tab pencarian mesin penelusuran Google dan dibedakan menurut kategori tertentu. Namun, bagi kamu yang sedang berjualan di Tokopedia. Sangat disarankan untuk menggunakan kata kunci yang diperuntukkan alasan pembelian atau transaksional (transactional intent) agar lebih mudah untuk menarik para calon pembeli.

Contohnya seperti ‘’Beli Gamis Brukat’’ dan “HP Samsung Diskon’’. Nah, ada pula beberapa daftar kata yang bisa kamu tambahkan lainnya seperti ‘’Jual’’, ‘’Murah’’ dan ‘’Harga’’ yang bisa kamu tambahkan pada susunan kata kunci. 

Selain itu, kamu pun juga bisa mengaplikasikan kata kunci transaksional pada konten yang kamu buat pada blog atau website yang kamu miliki. Dengan cara menyisipkan backlink atau membuat konten dengan kata yang lebih variatif.

Baca juga: Belajar SEO Bab 3: Pentingnya Tautan (Link) di SEO

Nah, itu dia pentingnya kata kunci untuk jualanmu. Coba lakukan tips di atas agar produk dan tokomu bisa jadi teratas di halaman pencarian ya. Cek artikel tips SEO lainnya di sini biar penjualanmu lebih maksimal!

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kenali Halaman Tokopedia Seller, Pusat Kelola Toko di Desktop

Pengaturan tokoDiperbarui 22 SepBaca 3 menit
top description

Cara Balas Chat Pembeli Tokopedia dengan Cepat dan Tepat

Pengaturan tokoDiperbarui 21 SepBaca 2 menit
top description

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Operasional Toko

Pengaturan tokoDiperbarui 21 JunBaca 5 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual