Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan toko
  2. Belajar SEO Bab 2: Crawling, Indexing, Ranking

Belajar SEO Bab 2: Crawling, Indexing, Ranking

Materi SEO Pengantar: SEO Optimal, Kunci Menjadi yang Teratas di …

Diperbarui 08 Dec • Baca 2 menit

Materi SEO

Seller, seperti yang kita tahu mesin pencarian yang sering kita gunakan seperti Google memiliki algoritma tersendiri dalam menentukan website manakah yang paling relevan untuk ditampilkan. Dalam tahap awal, mesin pencarian melakukan 3 bagian penting untuk memunculkan hasil berupa data yang diinginkan oleh pengguna internet. Ketiga bagian itu adalah crawling (pengumpulan data), indexing (penyimpanan data), dan ranking. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat infografis di bawah ini: 

googlebot works

Bila dijabarkan secara sederhana crawling adalah tahapan di mana mesin pencarian Google. Menjelajah ribuan situs untuk menemukan link atau halaman yang ada di internet, sedangkan indeks adalah proses menyimpan konten atau situs yang telah ditemukan dari proses crawling. Tahapan paling akhir yaitu ranking adalah proses menyediakan konten bagi pengguna dengan mengurutkannya dari yang paling relevan hingga yang kurang relevan. Namun, bila kamu kurang jelas untuk memahaminya, berikut dijabarkan secara lengkap tentang apa dan bagaimana cara kerja dari ketiga tahapan kerja mesin pencarian Google ini. 

Crawling dan cara kerjanya

Crawling adalah sebuah tahap di mana mesin pencarian Google mengirimkan sebuah robot yang bernama crawler atau spider untuk menemukan konten baru dan maupun konten lama yang sudah diperbarui. Konten tersebut bervariasi bentuknya, bisa berupa sebuah halaman web, gambar maupun video yang kamu unggah pada internet.

Ribuan konten yang ada pada internet tersebut dipilih mana yang paling relevan dan paling sesuai dengan kata kunci yang dimasukan oleh pengguna pada kolom pencarian di Google.

Contoh kata kunci produk yang paling sering digunakan di kolom pencarian Google:

serp

Indexing dan cara kerjanya

Indexing adalah tahapan ketika mesin pencarian Google memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan pada proses crawling. Indexing atau pengindeksan merupakan salah satu bagian penting yang tak boleh terlewatkan karena apabila sebuah website yang kamu kelola tidak terindeks dengan baik. Maka halaman website tersebut akan sulit untuk muncul di Google.

Cara kerja indexing cukup sederhana, yakni dimulai dengan menganalisis isi konten yang ada dalam sebuah website. Seperti keyword yang sedang dipakai tersebut apakah relevan dengan isi konten yang dibuat. Kemudian setelah mengumpulkan informasi yang ada di dalamnya. Hasil temuan itu kemudian menjadi indeks yang akan disimpan ke database besar. 

Ranking dan cara kerjanya

Ranking bekerja dengan cara mengurutkan halaman paling relevan dan berkualitas hingga yang paling tidak relevan. Jadi apabila anda ingin halaman anda ingin muncul di pencarian paling atas, buatlah konten produk kamu serelevan mungkin dan seinformatif mungkin dibandingkan kompetitor.

Website Tokopedia dengan Ranking Terbaik 

tokopedia serp
Tokopedia berada pada urutan teratas di mesin pencarian Google.

Tokopedia adalah website jual beli online terpercaya di Indonesia merupakan sebuah situs dengan domain terbaik. Berbagai konten berkualitas yang dihasilkan oleh Tokopedia mulai dari optimasi data, keyword, hingga berbagai pengaplikasian teknik SEO lainnya akan mempermudah kerja mesin pencari (search engine) Google untuk crawling dan indexing halaman website Tokopedia dan menampilkannya pada urutan ranking teratas pada hasil pencarian internet atau search engine result page (SERP). Sehingga hal ini tentu saja  mampu memberikan berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjual produk toko kamu melalui Tokopedia. 

Seperti toko milikmu menjadi mudah untuk dijangkau pengguna internet dan pastinya juga akan berpengaruh pada peningkatan penghasilan yang kamu alami. Maka dari itu, jangan ragu untuk mulai berjualan di Tokopedia dan pelajari tips SEO lainnya di sini.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Kenali Halaman Tokopedia Seller, Pusat Kelola Toko di Desktop

Pengaturan tokoDiperbarui 22 SepBaca 3 menit
top description

Cara Balas Chat Pembeli Tokopedia dengan Cepat dan Tepat

Pengaturan tokoDiperbarui 21 SepBaca 2 menit
top description

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Operasional Toko

Pengaturan tokoDiperbarui 21 JunBaca 5 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual