Mau Bebas Ongkir Saat Belanja? Tokopedia Saja!

Nikmati Fitur Bebas Ongkir untuk Power Merchant dan Official Store Mulai 1 November 2019!

Apa Itu Bebas Ongkir Tokopedia?

Terima kasih untuk kamu Power Merchant dan Official Store setia Tokopedia. Ada kabar baik untuk kamu yang setia menjadi Power Merchant aktif dan Official Store. Mulai 1 November 2019, semua pembeli yang berbelanja di tokomu berkesempatan mendapatkan Bebas Ongkir hingga Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) jika menggunakan layanan reguler dari SiCepat dan Anteraja! 

Untungnya lagi, Seller tidak akan dibebani biaya apapun, alias GRATIS! Untuk bisa menggunakan fitur Bebas Ongkir ini, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Tokopedia versi terbaru, ya. Namun, jika kamu kurang berkenan menggunakan fitur ini, kamu bisa menonaktifkan layanan SiCepat dan Anteraja di bagian pengaturan pengiriman.

Baca juga: Ketahui Cara Proses Pesanan Menggunakan SiCepat dan AnterAja

Info Penting Tentang Perubahan Waktu Pickup Layanan SiCepat dan Anteraja

Untuk memastikan proses pesananmu lancar jaya di momen Bebas Ongkir ini, simak informasi terbaru seputar batas waktu request pickup menggunakan SiCepat dan Anteraja di bawah ini.

Jika sebelumnya tidak ada batas waktu pickup dan bisa dilakukan 24 jam, kini request pickup hanya bisa dilakukan dari pukul 08.00-17.59 WIB.

Request pickup yang dilakukan lewat 17.59 WIB tidak akan diproses dan akan muncul pemberitahuan “saat ini tidak bisa melakukan pickup“. Seller baru bisa melakukan request pickup lagi saat jam 8 pagi keesokan harinya.

Baca juga: Ayo Periksa Apakah Daerahmu Bisa Menggunakan Layanan SiCepat dan Anteraja

Lakukan 3 Hal Berikut Saat Memproses Pesanan dengan SiCepat atau Anteraja:

Sebelum melakukan “Request Pickup” dengan layanan pengiriman SiCepat dan Anteraja, pastikan 3 hal berikut:

a) Alamat toko dan titik lokasi penjemputan barang akurat. Jika kamu mengakses di Desktop, pertama-tama masuk ke halaman ‘Pengaturan Toko’, lalu ke tab ‘Pengiriman’. Di bagian ‘Tandai Lokasi Penjemputan’, tentukan nama kecamatan dan kode posmu untuk menentukan coverage area penjemputan. Kemudian masukkan alamat penjemputan dengan lengkap, jangan hanya kecamatan atau kode pos. Masukkan juga nama jalan/perumahan, nomor rumah/gedung, RT, RW, kelurahan, hingga kode pos. Pastikan lokasimu berada di area hijau. Jika semua sudah benar, klik ‘Pilih Lokasi Ini’, lalu tekan ‘Simpan’.

Baca juga: Alamat Penjemputan Lengkap Solusi Agar Paket Cepat Diambil Kurir

b) Nomor teleponmu juga harus benar. Untuk mengubah nomor teleponmu, masuk ke halaman utama Tokopedia. Lalu, masuk ke profil akunmu dan klik ke bagian ‘Pengaturan’. Di bagian nomor HP, klik ‘Ubah’. Kamu bisa melakukan verifikasi melalui pilihan SMS, WhatsApp, panggilan telepon, atau email. Setelah memasukkan kode verifikasi, ketik nomor telepon baru yang ingin kamu gunakan. Lalu klik ‘Selanjutnya’ dan ‘Ya, Lanjut’. Terakhir, kamu akan diminta memverifikasi nomor teleponmu yang baru.

Penting! Berat paket pada deskripsi produk harus sesuai dengan berat asli, ya. Kamu harus mencantumkan berat asli produk agar tidak ada perbedaan biaya pengiriman saat paket dijemput atau diantar oleh kurir.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Paket Secara Tepat

c) Cetak AWB atau tuliskan kode booking dengan jelas di paket.
Perhatikan gambar berikut untuk cara mencetak label pengiriman (AWB) atau kode booking.

Setelah menerima pesanan, kamu wajib mencetak label pengiriman atau mencantumkan kode booking di kemasan paketmu. Kurir akan memastikan kode booking sudah sesuai. Untuk mencetak label pengiriman, kamu bisa menekan ‘Cetak Label’ atau mencatat kode booking di bagian bawah ‘Alamat’.

Berikut adalah tampilan label pengiriman:

Ingat juga batas waktu penjemputan setelah kamu melakukan ‘Request Pickup’. Untuk layanan SiCepat batas waktu penjemputannya 24 jam sejak ‘Request Pickup’, sedangkan layanan Anteraja batas waktu penjemputannya adalah 2 jam sejak ‘Request Pickup’. Pelajari ilustrasi berikut untuk melakukan ‘Request Pickup’ saat menerima pesanan baru.

Masih bingung? Simak FAQ berikut!

  1. Bagaimana dengan Seller dengan Power Merchant yang tidak aktif karena turunnya performa toko?
    Seller dengan Power Merchant yang tidak aktif masih berkesempatan untuk dapat Bebas Ongkir jika statusnya telah berubah menjadi Power Merchant aktif. Buat kamu yang belum menjadi Power Merchant juga bisa menggunakan fitur Bebas Ongkir setelah mengaktifkan Power Merchant.

    Baca juga:  Ayo upgrade tokomu ke Power Merchant!

  2. Apakah Seller boleh mengganti layanan pengiriman saat memproses pesanan Bebas Ongkir?
    Pilihan kurir tidak dapat diubah karena menggunakan promo Bebas Ongkir. Kurir dan layanan pengiriman harus sesuai dengan pesanan.

    Baca juga: Syarat dan ketentuan Bebas Ongkir

  3. Bagaimana dengan Cashback yang diberikan oleh SiCepat dan AnterAja?
    Seller tidak mendapatkan Cashback atas transaksi yang menggunakan Bebas Ongkir. Akan tetapi, Seller tetap dapat memperoleh Cashback dari pesanan yang tidak menggunakan promo ini. Apabila ada keberatan, Seller diperbolehkan sewaktu-waktu menonaktifkan layanan SiCepat dan Anteraja (reguler).

    Baca juga: FAQ seputar Bebas Ongkir

Jadi, pastikan kamu sudah memahami 3 hal penting yang harus dilakukan saat memproses pesanan pembeli yang mengikuti program Bebas Ongkir Tokopedia. Persiapkan pelayanan tokomu sebaik-baiknya mulai sekarang agar pembeli makin puas!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller