Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Makin Untung dengan Aktifkan Bebas Ongkir!

Biaya Bebas Ongkir yang ditanggung Seller mengambil dari biaya termurah, yaitu maksimal Rp10.000 per produk terjual atau senilai harga ongkir pembeli

Diperbarui 19 Sep Baca 2 menit

Hai, Seller! Saat ini jutaan pelanggan Tokopedia telah menikmati Bebas Ongkir dan memilih Bebas Ongkir sebagai bentuk promosi yang paling disukai, lho! Hal ini karena fitur Bebas Ongkir dapat memberikan gratis biaya pengiriman kepada pembeli.

Apa itu Bebas Ongkir?

Bebas Ongkir adalah fitur yang memberikan gratis biaya pengiriman untuk pembeli yang menggunakan layanan pengiriman Reguler dan Same Day. Untuk memudahkan Seller menarik lebih banyak calon pembeli berbelanja ke toko, Bebas Ongkir dapat diaktifkan oleh semua keanggotaan Seller Tokopedia.

Baca juga: PENTING! Penyesuaian Baru Keanggotaan Seller Tokopedia Mulai 6 Juni 2022

Ketentuan subsidi Bebas Ongkir untuk pembeli

Dengan minimal transaksi Rp50.000, pembeli bisa menikmati Bebas Ongkir dengan biaya kirim ditanggung oleh Tokopedia hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antarpulau.

Penjualan Toko Jualan Masboy meningkat hingga 3 kali lipat pakai Bebas Ongkir

Tonton kisah manis, pemilik toko Jualan Masboy yang berhasil menjangkau pembeli di berbagai wilayah, meskipun beliau tinggal di daerah pegunungan.

Biaya layanan berdasarkan jenis keanggotaan Seller

  1. Power Merchant PRO: 1,5% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir yang diterima oleh pembeli
  2. Power Merchant: 2,25% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir yang diterima oleh pembeli
  3. Regular Merchant: 3% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir

Biaya layanan Bebas Ongkir akan terpotong untuk setiap pesanan selesai dengan Bebas Ongkir. Proses perhitungannya adalah biaya layanan untuk masing-masing keanggotaan Seller terlebih dahulu, kemudian biaya layanan Bebas Ongkir.

Contoh perhitungan biaya Bebas Ongkir untuk keanggotaan Seller Tokopedia mulai 6 Juni 2022

article

Produk yang terjual dengan layanan pengiriman selain Bebas Ongkir, tidak dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir, tetapi hanya dikenakan biaya layanan keanggotaan Seller.

Simak informasi detail terkait biaya layanan Tokopedia per 6 Juni 2022 di bawah ini.

Cek Biaya Layanan

Apakah mungkin jika biaya layanan Bebas Ongkir yang dikenakan ke Seller lebih mahal dari ongkir pembeli?

Biaya Bebas Ongkir yang dikenakan oleh Seller tidak akan lebih mahal dibanding subsidi Bebas Ongkir untuk pembeli. Seller nggak perlu khawatir, biaya layanan penjual Bebas Ongkir Tokopedia yang akan dikenakan adalah biaya layanan terendah dari dua skema perhitungan berikut:

  1. Biaya layanan Bebas Ongkir sesuai keanggotaan Seller dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual dengan Bebas Ongkir, atau
  2. Biaya layanan Bebas Ongkir maksimal senilai Bebas Ongkir yang diterima oleh pembeli

Jadi, apabila biaya Bebas Ongkir yang dikenakan kamu lebih besar dibandingkan dengan total Bebas Ongkir yang diterima pembeli, maka biaya yang akan dikenakan ke kamu adalah skema ke-2.

Sebagai contoh:

Dina (pembeli) membeli bunga di Bouquet by Via (Power Merchant Pro) seharga Rp800.000 dengan subsidi Bebas Ongkir Rp9.000. Berikut skema perhitungannya:

article

Promo Bebas Ongkir

Bebas Ongkir memiliki beberapa program promo yang bisa membantu tokomu untuk menarik lebih banyak pembeli. Perlu dipahami bahwa Seller yang sudah mengaktifkan layanan Bebas Ongkir, secara otomatis akan ikut serta dalam seluruh program Bebas Ongkir yang berlaku di Tokopedia. Detail promo Bebas Ongkir dapat kamu baca di sini.

Cara mengaktifkan Bebas Ongkir

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller, klik ‘Iklan & Promosi’, lalu pilih ’Promosi dan klik ‘Bebas Ongkir’
  2. Pelajari Syarat Aktivasi. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, maka tanda centang akan berwarna hijau dan kamu bisa klik ‘Aktifkan Bebas Ongkir’.
  3. Setelah fitur Bebas Ongkir aktif di tokomu, kamu dapat melihat jumlah pesanan dan jumlah pendapatan dari fitur Bebas Ongkir pada halaman Bebas Ongkir.

article

Baca juga: Kurir Rekomendasi, Solusi Praktis untuk Kirim Orderan ke Pembeli

Terus berikan pelayanan terbaik ke pembeli, dan kembangkan bisnismu dengan aktifkan Bebas Ongkir sekarang!

Baca juga:

Pertanyaan Seputar Bebas Ongkir

Tidak Bisa Menggunakan Fitur Bebas Ongkir

Apakah informasi ini membantu?

Article

Kegiatan & Inpirasi

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual