Bebas Ongkir dengan Skema Baru per 13 Juli 2020 Telah Dimulai!

Bebas Ongkir dengan skema baru telah dimulai!

Hai Seller kebanggaan Tokopedia, mulai 13 Juli 2020, Bebas Ongkir dengan skema baru telah dimulai. 

Tahukah kamu saat ini jutaan pelanggan Tokopedia telah menikmati Bebas Ongkir dan memilih Bebas Ongkir sebagai bentuk promosi yang paling disukai?

Pembeli yang berbelanja di toko Power Merchant dan Official Store dengan minimal transaksi Rp50,000 bisa menikmati Bebas Ongkir dengan biaya kirim ditanggung oleh Tokopedia hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antarpulau. 

Untuk memberikan layanan yang lebih baik ke Seller dan pembeli, mulai 13 Juli 2020, Bebas Ongkir untuk Power Merchant dikenakan kepada Seller sebesar 2.5% dengan maksimal Rp10.000 dari setiap kuantitas produk terjual.

Biaya layanan Bebas Ongkir akan terpotong setiap pesanan selesai dengan Bebas Ongkir. Proses perhitungannya adalah biaya layanan 1% untuk Power Merchant terlebih dahulu, kemudian biaya layanan 2.5% untuk Bebas Ongkir dengan maksimal Rp10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual. 

Seller dengan Power Merchant aktif dan Bebas Ongkir aktif telah mendapatkan notifikasi Bebas Ongkir skema baru pada 29 Juni sd 12 Juli lalu untuk melakukan konfirmasi Bebas Ongkir skema baru. Mulai 13 Juli, Bebas Ongkir dengan skema baru mulai berlaku sesuai pilihan konfirmasimu. Untuk Seller yang mendapatkan notifikasi Bebas Ongkir skema baru namun tidak melakukan konfirmasi, Bebas Ongkir skema baru akan otomatis aktif di tokomu. 

Seller sekarang dapat melakukan pengaturan fitur Bebas Ongkir pada halaman Bebas Ongkir mulai 13 Juli 2020.

Pelajari selengkapnya di bawah ini. 

Fitur Bebas Ongkir dapat meningkatkan penjualan dan menarik pembeli

Dengan fitur Bebas Ongkir, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat seperti: 

1. Bantu tingkatkan penjualan

Berdasarkan data Tokopedia per April 2020, penjualan di toko dengan Bebas Ongkir meningkat hingga 50% dibandingkan dengan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir.

2. Meningkatkan pengunjung

Produk berlogo Bebas Ongkir akan tampil di halaman pencarian dengan filter khusus Bebas Ongkir.

3. Menjangkau pembeli di luar pulau

Bebas Ongkir akan memperluas jangkauan penjualanmu hingga ke seluruh Indonesia.

Contoh perhitungan biaya Bebas Ongkir skema baru untuk Power Merchant mulai 13 Juli 2020

Biaya layanan Bebas Ongkir akan terpotong setiap pesanan selesai dengan Bebas Ongkir. Proses perhitungannya adalah biaya layanan 1% untuk Power Merchant terlebih dahulu, kemudian biaya layanan 2.5% untuk Bebas Ongkir dengan maksimal Rp10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual. 

Produk yang terjual dengan layanan pengiriman selain Bebas Ongkir, tidak dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir. Tetapi hanya dikenakan biaya layanan Power Merchant 1%.

Berikut contoh perhitungan biaya Bebas Ongkir untuk Power Merchant.

Contoh transaksi pada satu toko untuk produk A (2 item) dan produk B (1 item)

Panduan aktivasi Bebas Ongkir mulai 13 Juli 2020

Mulai 13 Juli 2020, Seller dapat melakukan pengaturan fitur Bebas Ongkir melalui halaman Bebas Ongkir yang terdapat pada halaman Tokopedia Seller bagian ‘Iklan & Promosi’. Klik di sini untuk menuju ke halaman Bebas Ongkir.

Berikut langkah-langkah aktivasi Bebas Ongkir sesuai keanggotaan Seller. 

1. Power Merchant Aktif (Skor Performa Toko di Atas 75)

a. Masuk ke halaman Tokopedia Seller, klik ‘Iklan & Promosi’ lalu pilih ’Bebas Ongkir’.

 

b. Pelajari 3 Syarat Aktivasi. Pastikan kamu sudah Power Merchant atau Official Store. Pastikan pula, kamu sudah melakukan pinpoint lokasi toko. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi (tanda centang akan berwarna hijau). Kamu bisa klik ‘Aktifkan Bebas Ongkir’. Setelah aktivasi fitur Bebas Ongkir, kurir SiCepat dan Anteraja akan otomatis aktif di tokomu. 

Baca juga: Langkah Mudah Mengaktifkan Alamat Pinpoint

c. Setelah fitur Bebas Ongkir aktif di tokomu, kamu dapat melihat jumlah pesanan dan jumlah pendapatan dari fitur Bebas Ongkir pada halaman Bebas Ongkir.

2. Regular Merchant

Jika kamu adalah Regular Merchant, segera aktifkan fitur Bebas Ongkir dan dapatkan berbagai keuntungannya. Untuk dapat menggunakan Bebas Ongkir, kamu harus upgrade toko menjadi Power Merchant terlebih dahulu.

Baca juga: Upgrade jadi Power Merchant

Setelah tokomu menjadi Power Merchant, kamu dapat melakukan aktivasi Bebas Ongkir di halaman Bebas Ongkir seperti panduan di atas. 

Terus berikan pelayanan terbaik ke pembeli dan kembangkan bisnismu dengan Bebas Ongkir. Aktifkan Bebas Ongkir sekarang! 

Aktifkan Bebas Ongkir Sekarang

Masih bingung? Simak FAQ berikut!

1. Kenapa fitur Bebas Ongkir dikenai biaya? Apa keuntungan untuk Seller?

Skema Bebas Ongkir berbayar akan berlaku mulai 13 Juli 2020. Dengan skema Bebas Ongkir berbayar, Seller akan mendapatkan kesempatan lebih unggul dengan menawarkan promosi tepat yang paling dibutuhkan pembeli hanya dengan membayar biaya layanan untuk setiap transaksi berhasil dengan Bebas Ongkir.

Keuntungan yang didapatkan oleh Seller melalui layanan Bebas Ongkir adalah: 

1. Bantu tingkatkan penjualan

Toko dengan Bebas Ongkir mendapatkan peningkatan pendapatan hingga 50% berdasarkan data Tokopedia per April 2020 dibandingkan dengan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir.

2. Meningkatkan pengunjung

Produk berlogo Bebas Ongkir akan tampil di halaman pencarian dengan filter khusus Bebas Ongkir.

3. Menjangkau pembeli di luar pulau

Bebas Ongkir akan memperluas daerah penjualanmu ke seluruh Indonesia.

2. Mengapa biaya layanan Bebas Ongkir yang dibebankan ke Seller sangat tinggi 2,5%?

Biaya yang dibebankan adalah 2.5% dengan maksimum biaya tertagih Rp10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual dengan Bebas Ongkir. Sebagai perbandingan, subsidi ongkir yang diberikan Tokopedia ke pembeli adalah sebesar Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan Rp40.000 untuk pengiriman antarpulau.

3. Saya tidak ingin menggunakan fitur Bebas Ongkir. Bagaimana cara berhenti berlangganan?

Masuk ke halaman Tokopedia Seller, klik ‘Iklan & Promosi’ lalu pilih ‘Bebas Ongkir’. Pada halaman Bebas Ongkir, klik ‘Pelajari Bebas Ongkir’ dan klik ‘Nonaktifkan’.

4. Siapa saja kurir pengiriman yang berpartisipasi dalam fitur Bebas Ongkir?

Ada 2 jenis Bebas Ongkir:

  • Bebas Ongkir Reguler (durasi pengiriman Reguler), dengan kurir SiCepat atau Anteraja (dikenai biaya)
  • Bebas Ongkir Non-Reguler (durasi pengiriman Instant/Same Day/Cargo), dengan kurir Gojek, Grab, JNE, SiCepat ataupun Anteraja (tidak dikenai biaya)

5. Apakah saya juga akan dikenakan biaya layanan Bebas Ongkir untuk transaksi Bebas Ongkir Non-Reguler?

Tidak. Biaya layanan Bebas Ongkir Non-Reguler yang telah dikenakan kepada Seller per 13 Juli 2020 akan dikembalikan selambat-lambatnya per 31 Juli 2020. Pelajari lebih lanjut mekanisme pengembalian biaya layanan Bebas Ongkir Non-Reguler di sini.

6. Kapan saya mendapatkan pesanan Bebas Ongkir Reguler dan Bebas Ongkir Non-Reguler?

Bebas Ongkir Non-Reguler bersifat situasional dimana hanya akan muncul apabila:

  1. Seller mengaktifkan kurir pengiriman Non-Reguler (Instant/ Same Day/ Cargo)
  2. Nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Reguler dikurangi dengan nilai Bebas Ongkir lebih besar dari nilai ongkos kirim dengan menggunakan layanan pengiriman Instant/ Same Day/ Cargo

Dengan demikian, apabila ternyata nilai ongkos kirim reguler nett yang harus Pembeli bayarkan sudah lebih kecil daripada pilihan ongkos kirim dari layanan pengiriman lainnya, maka fitur Bebas Ongkir Non-Reguler tidak akan muncul.

7. Apakah Seller bisa menggunakan kurir pengiriman SiCepat dan Anteraja Reguler tanpa menggunakan fitur Bebas Ongkir?

Mulai 13 Juli, Seller bisa menggunakan kurir pengiriman SiCepat dan Anteraja Reguler tanpa menggunakan fitur Bebas Ongkir. Caranya, nonaktifkan fitur Bebas Ongkir pada halaman Bebas Ongkir, kemudian aktifkan kurir pengiriman SiCepat dan Anteraja Reguler pada halaman Pengiriman.

a. Masuk Halaman Tokopedia Seller, klik ‘Pengaturan Toko’ dan pilih ‘Pengiriman’.

b. Klik kurir SiCepat dan Anteraja Reguler untuk menggunakan kurir tersebut tanpa menggunakan fitur Bebas Ongkir.

Berikut gambaran layanan Power Merchant dengan fitur Bebas Ongkir dan dengan kurir SiCepat dan Anteraja Reguler tanpa fitur Bebas Ongkir. 

8. Apa yang terjadi apabila transaksi yang menggunakan fitur Bebas Ongkir tersebut mengalami masalah dan terjadi pengembalian dana di Pusat Resolusi?

Biaya layanan Bebas Ongkir yang dibebankan kepada Seller hanya dihitung berdasarkan jumlah produk yang sudah diterima oleh pembeli. Simak simulasinya di sini.

9. Apakah ada pembatasan jumlah penggunaan Bebas Ongkir dari sisi pembeli?

Setiap pengguna bisa menggunakan Bebas Ongkir sebanyak 10x per bulan.

10. Di mana saya dapat mempelajari informasi lebih lanjut?

Seller dapat mempelajari informasi lebih lanjut pada halaman Pusat Bantuan di sini.  

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller