Tokopedia

Topik

Kurikulum #SIAPRAMADAN 2022
Materi Seller BeginnerMateri Seller IntermediateMateri Seller AdvanceMateri Parsel RamadanInfo Ramadan 2022

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan pesanan
  2. Batas Waktu Terima Pesanan & Konfirmasi Pengiriman Tokopedia

Batas Waktu Terima Pesanan & Konfirmasi Pengiriman Tokopedia

Untuk meningkatkan kualitas layanan penjual dan kepuasan pembeli, ketahui batas waktu respons pesanan dan konfirmasi pengiriman berikut.

Diperbarui 03 Jun Baca 2 menit

Hai, Seller! Tahukah kamu, kecepatan memproses pesanan dan pengiriman barang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian pembeli ke tokomu? Agar kepuasan pembeli terjaga, pastikan kamu mengirim pesanan sesuai dengan batas waktu terima dan konfirmasi pengiriman yang berlaku.

Detail batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman

Waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman mulai dihitung sejak pesanan masuk. Berikut detail perubahan waktu terima pesanan yang mulai berlaku pada 22 Maret 2022 pukul 19.30 WIB.

article

*Khusus pesanan yang masuk di akhir pekan dan hari libur nasional (termasuk perpanjangan waktu libur dari Tokopedia), batas waktu terima pesanan menjadi maksimal pukul 14.00 (Anteraja) atau pukul 15.00 (GrabExpress dan GoSend) pada hari kerja berikutnya

Catatan:

  • Khusus untuk pesanan dengan kurir Instan dan Same Day, batas waktu terima pesanan lebih cepat daripada tipe pengiriman lainnya. Pastikan kamu segera memproses pesanan sesuai dengan batas waktu yang tertera pada tabel di atas untuk menghindari terjadinya pembatalan pesanan.
  • Batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman tidak berlaku untuk hari libur nasional dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu).
  • Pesanan yang masuk di hari libur nasional dan akhir pekan, perhitungan waktu terima pesanan akan dimulai pada hari kerja berikutnya pukul 00:00, sehingga batas waktu terima pesanan akan kurang dari yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan jeda waktu agar Seller bisa melakukan konfirmasi pengiriman ke pihak kurir.
  • Batas waktu konfirmasi pengiriman merupakan batas kamu memasukkan resi untuk pengiriman dengan menggunakan layanan Non Pick Up (SiCepat, JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Wahana) atau batas waktu kamu menekan tombol Request Pickup untuk pengiriman Same Day, Instan, dan layanan pengiriman Pick Up (Anteraja, SiCepat, Ninja Express, Lion Parcel, REX, Paxel).
  • Perubahan ini berlaku untuk semua toko yang memproses pesanan dengan layanan pengiriman Reguler, Next Day, Kargo, Ekonomi, dan Same Day, dan Instan.

Seller, itulah batas waktu konfirmasi pesanan dan pengiriman dari setiap layanan pengiriman yang perlu diperhatikan. Dengan memahami ini, kamu bisa menghindari pembatalan otomatis ataupun komplain dari pembeli. Yuk, segera proses sekarang dan pembelimu akan semakin bahagia!

Jika kamu ingin mengetahui detail simulasi waktu terima pesanan dan pengiriman pada hari kerja dan libur, kamu bisa baca di: Simulasi Waktu Terima Pesanan dan Pengiriman

Proses Pesanan

*Khusus Tokopedia Seller App

Baca juga: Perpanjang Batas Waktu Proses Pesanan

Apakah informasi ini membantu?

Ya
Tidak

Artikel Terkait

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual