Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Materi Foodpreneur BersinarJadi Seller Tokopedia NYAM!

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Pengaturan logistik
  2. Batas Waktu Terima Pesanan & Konfirmasi Pengiriman Tokopedia

Batas Waktu Terima Pesanan & Konfirmasi Pengiriman Tokopedia

Cek perubahan batas waktu konfirmasi pengiriman produkmu

Diperbarui 06 Oct • Baca 2 menit

Hai! Tahukah kamu, kecepatan memproses pesanan dan pengiriman barang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian pembeli ke tokomu? Agar kepuasan pembeli terjaga, pastikan kamu mengirim pesanan sesuai dengan batas waktu terima dan konfirmasi pengiriman yang berlaku.

Detail batas waktu konfirmasi pengiriman

Waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman mulai dihitung sejak pesanan masuk.

article

Catatan:

  • Batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman tidak berlaku untuk hari libur nasional dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu)
  • Batas waktu konfirmasi pengiriman merupakan batas kamu memasukkan resi untuk pengiriman dengan menggunakan layanan Non Pick Up (SiCepat, JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Wahana) atau batas waktu kamu menekan tombol request pickup untuk pengiriman Same Day, Instan, dan layanan pengiriman Pick Up (Anteraja, SiCepat, Ninja Express, Lion Parcel, REX, Paxel)
  • Perubahan ini berlaku untuk semua toko yang memproses pesanan dengan layanan pengiriman Reguler, Next Day, Kargo, Ekonomi, dan Same Day, dan Instan

Itulah batas waktu konfirmasi pengiriman untuk pengiriman di hari biasa. Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih detail, yuk simak simulasinya di bawah ini!

Simulasi pengiriman Next Day

Batas konfirmasi pesanan adalah 1x24 jam atau maksimal dilakukan H+1 pukul 15.00, sementara batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimal H+1 pukul 16.00 atau H+1 pukul 23.59 dihitung sejak pesanan masuk.

Baca juga: Aktifkan SiCepat dan Anteraja, Ketahui Cara Proses Pesanannya!

Contoh kasus pengiriman Next Day di hari Senin-Jumat

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko Bouquet by Via mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Next Day pada Senin pukul 14.00 dengan kurir Anteraja dan JNE, maka batas respon terima pesanan adalah Selasa pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya untuk pesanan kurir Anteraja adalah hari Selasa pukul 16.00, sementara maksimal konfirmasi pengiriman untuk pesanan JNE pada hari Selasa pukul 23.59.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko Bouquet by Via mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Next Day pada Senin pukul 19.00, dengan kurir Anteraja dan JNE, maka batas respon terima pesanan adalah Selasa pukul 15.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman untuk kurir Anteraja maksimalnya adalah Selasa pukul 16.00, sementara maksimal konfirmasi pengiriman untuk pesanan JNE pada hari Selasa pukul 23.59.

article

Contoh kasus pengiriman Next Day di hari Sabtu, Minggu & hari libur

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko Bouquet by Via mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Next Day pada Jumat pukul 14.00, dengan kurir AnterAja dan JNE, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk pesanan AnterAja, dan Senin pukul 23.59 untuk pesanan JNE.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko Bouquet by Via mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Next Day pada Sabtu pukul 19.00, dengan kurir AnterAja dan JNE, maka batas respon terima pesanan maksimalnya adalah Senin pukul 15.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk pesanan AnterAja, dan Senin pukul 23.59 untuk pesanan JNE.

article

Simulasi pengiriman Reguler

Batas waktu untuk merespon pesanan adalah 1×24 jam terhitung sejak penjual menerima notifikasi pesanan baru. Sementara itu, batas waktu konfirmasi pengiriman adalah 2×24 jam atau (H+2) terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.

Contoh kasus pengiriman Reguler di hari Senin-Jumat

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Selasa pukul 14.00 WIB, maka batas respon terima pesanan adalah Rabu pukul 14.00 WIB. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan adalah hari Kamis pukul 14.00 atau H+2 pukul 14.00, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.

article

Contoh kasus pengiriman Reguler di hari Sabtu, Minggu & hari libur

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru pada Sabtu pukul 14.00 WIB, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 23.59 WIB. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan adalah hari Selasa pukul 23.59 atau H+3 pukul 23.59, terhitung sejak notifikasi pesanan baru masuk.

article

Simulasi pengiriman Same Day

Untuk layanan pengiriman Same Day, batas konfirmasi pesanan adalah H+1 sejak masuknya notifikasi pesanan masuk, sementara batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimal dilakukan pukul 15.00 atau 16.00 pada hari yang sama, atau H+1 sejak notifikasi pesanan pertama masuk.

Contoh kasus pengiriman Same Day di hari Senin-Jumat

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Same Day pada Senin pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Selasa pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express, atau pukul 15.00 untuk GoSend dan Anteraja.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Same Day pada Senin pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan tersebut maksimalnya adalah Selasa pukul 15.00. Sementara batas waktu konfirmasi pengiriman barang maksimalnya adalah Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express, atau pukul 15.00 untuk GoSend dan Anteraja.

article

Contoh kasus pengiriman Same Day di hari Sabtu, Minggu & hari libur

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Same Day pada Jumat pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express, atau pukul 15.00 untuk GoSend dan Anteraja.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Same Day pada Sabtu pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan maksimalnya adalah Senin pukul 15.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express, atau pukul 15.00 untuk GoSend dan Anteraja.

article

Simulasi pengiriman Instan

Sama seperti layanan pengiriman Same Day, batas konfirmasi pesanan untuk pengiriman pengiriman Instan adalah H+1 sejak masuknya notifikasi pesanan baru, sementara batas waktu konfirmasi pengiriman maksimal dilakukan pukul 16.00 pada hari yang sama, atau H+1 sejak notifikasi pesanan pertama masuk.

Contoh kasus pengiriman Instan di hari Senin-Jumat

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Senin pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Selasa pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Senin pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan tersebut maksimalnya adalah Selasa pukul 15.00. Sementara batas waktu konfirmasi pengiriman barang maksimalnya adalah Selasa pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.

article

Contoh kasus pengiriman Instan di hari Sabtu, Minggu & hari libur

Pesanan masuk sebelum jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Jumat pukul 14.00, maka batas respon terima pesanan adalah Senin pukul 14.00. Batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.

Pesanan masuk sesudah jam 15.00 WIB

Toko BenerBangetKak mendapatkan notifikasi pesanan baru dengan kurir Instan pada Sabtu pukul 19.00, maka batas respon terima pesanan maksimalnya adalah Senin pukul 15.00. Sedangkan batas waktu konfirmasi pengiriman pesanan maksimalnya adalah hari Senin pukul 16.00 untuk kurir Grab Express dan GoSend.

article

Nah, kini kamu sudah tahu kan skema toko menerima pesanan hingga melakukan konfirmasi pengiriman? Ayo terus tingkatkan kecepatan toko kamu dalam merespon pesanan dan dapatkan ulasan positif dari pembeli!

Baca juga: Cara Baru Terima Pesanan di Tokopedia Lewat Aplikasi Tokopedia Seller

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Nikmati Cashback dari Layanan Pengiriman Setiap Tanggal 20

Pengaturan logistikDiperbarui 15 OctBaca 2 menit
top description

Kenali Jenis-Jenis Pengiriman di Tokopedia dan Cara Mengaturnya

Pengaturan logistikDiperbarui 12 OctBaca 3 menit
top description

Berat dan Ukuran Paket Benar, Kunci Pengiriman Lancar

Pengaturan logistikDiperbarui 08 OctBaca 3 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual