AWB Tidak Terlacak atau Tidak Valid? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Seller, tahukah kamu bahwa setiap resi yang kamu input ke dalam sistem Tokopedia akan divalidasi kesesuaiannya dengan keterangan pembeli? Hal ini dilakukan agar pembeli mendapatkan pengalaman belanja terbaik di Tokopedia. 

Namun, terkadang seller mendapatkan beberapa notifikasi seperti AWB Tidak Terlacak atau AWB Tidak Valid pada Seller Order Management mengenai resi-resi yang diinput ke dalam sistem. 

Lalu, apa itu AWB Tidak Terlacak dan AWB Tidak Valid? Mengapa hal tersebut terjadi pada penjual?

Masalah seperti ini hanya terjadi jika seller menggunakan resi manual (non AWB otomatis). Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan fitur AWB Otomatis agar masalah seperti ini bisa dihindari. Berikut ini merupakan hasil dari proses validasi AWB yang dilakukan oleh sistem Tokopedia.

Berikut ini tampilan saat terjadi AWB Tidak Terlacak:

  • Klik tab “Konfirmasi Pengiriman”
  • Klik sub tab “Isi Resi”

Jika kamu mengalami masalah AWB Tidak Terlacak, upload resi secara manual atau ganti kurir apabila kamu mengganti kurir pengiriman.

Berikut ini adalah tampilan saat terjadi AWB Tidak Valid:

  • Klik tab “Dalam Pengiriman”

Jika kamu mengalami masalah AWB Tidak Terlacak, segera perbaharui nomor resi atau ganti kurir apabila kamu mengganti kurir pengiriman.

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tidak bingung lagi saat mengalami masalah AWB Tidak Valid maupun AWB Tidak Terlacak, ya. Lebih baik lagi jika kamu memproses semua pesanan dengan AWB Otomatis.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller