Ketahui Aturan Terbaru Terkait Nomor Telepon Pembeli

Hi Seller Tokopedia! Mulai tanggal 3 Maret 2020, nomor telepon pembeli akan disamarkan sebagian. Perubahan ini berlaku untuk pesanan menggunakan layanan Instant (GoSend dan Grab Express). Pelajari selengkapnya di bawah ini.

Peraturan ini dibuat untuk mencegah penipuan bermodus kode OTP

Peraturan ini dibuat untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih aman bagi pembeli. Modus penipuan yang sering terjadi adalah ada pihak yang mengaku-ngaku sebagai Seller Tokopedia atau pegawai Tokopedia meminta kode OTP untuk login ke akun pembeli. 

Kode OTP (One Time Password) adalah kode yang hanya bisa digunakan untuk satu kali login atau satu transaksi. Kode OTP biasanya digunakan untuk menarik dana atau pembayaran atas transaksi yang dilakukan. Untuk menghindari penipuan, jangan berikan kode OTP-mu kepada orang lain, ya.

Seller dapat menggunakan fitur chat pada aplikasi Tokopedia untuk komunikasi dengan pembeli

Untuk kenyamaan dan komunikasi yang lebih efektif dalam proses transaksi, gunakan chat di aplikasi Tokopedia. Nomor telepon pembeli masih akan muncul di pihak logistik agar proses pengiriman barang tetap lancar. Jadi, teman-teman Seller tidak perlu khawatir ya tentang kelancaran proses pengiriman barang.

Tampilan terbaru invoice dan halaman order mulai tanggal 2 Maret 2020

a) Invoice

Tampilan sebelum:

Tampilan Sesudah:

b) Invoice Grab Express

Tampilan sebelum:

Tampilan sesudah: 

c) Invoice GoSend

Tampilan sebelum:

Tampilan sesudah:

d) Halaman order Seller

Tampilan sebelum:

Tampilan sesudah:

Tips & Trik

Dalam memproses pesanan, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sehingga proses pesananmu lancar. Simak beberapa tips berikut:

1. Atur stok produk secara rutin

Agar tidak terjadi pembatalan pesanan karena produk habis atau tidak tersedia, pastikan kamu mengupdate stok produkmu secara rutin. Jika stok produkmu habis, segera restock. Jika memang sedang kosong, pastikan kamu memberitahukannya di halaman produk. Pastikan stok produkmu selalu tersedia sehingga pembeli tidak kecewa dan tokomu selalu jadi pilihan pembeli.

Baca juga: Tips mengatur stok produk

2. Atur varian produkmu agar pembeli lebih mudah memilih

Agar pembeli puas dengan pelayanan tokomu, pastikan barang yang sampai sesuai dengan pesanan pembeli. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, gunakan fitur varian sehingga produk yang kamu tampilkan sudah sesuai dengan variannya. Dengan fitur varian, kemungkinan pesanan batal karena produk tidak sesuai jadi lebih kecil.

Baca juga: Tips mengatur varian produk

3. Ketahui batas waktu penerimaan dan konfirmasi pengiriman

Pengiriman produk yang tepat waktu adalah salah satu faktor yang membuat pembeli puas dengan pelayanan tokomu. Dengan begitu, ulasan yang baik akan lebih mudah kamu dapatkan. Agar pemrosesan pesananmu selalu tepat waktu, ketahui batas waktu penerimaan pesanan dan konfirmasi pengirimannya, ya!

Baca juga: Batas waktu pengiriman dan konfirmasi pesanan

FAQ

1. Apakah kurir akan tahu nomor telepon pembeli?

Pihak logistik akan mengetahui nomor telepon pembeli sehingga proses pengiriman tidak akan terhambat.

2. Bagaimana jika kurir tidak menemukan alamat penerima dan nomor tidak bisa dihubungi?

Kami sarankan agar barang dikirimkan kembali ke alamatmu selaku Seller, atau kamu dapat menanyakan kembali pada pembeli mengenai alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Baca selengkapnya di halaman FAQ

Sudah jelas kan sekarang? Tidak perlu khawatir ya kalau nomor pembeli tidak terlihat di invoice atau pun halaman order.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller