INFO TER-UPDATE: Syarat & Ketentuan Berjualan Hewan Peliharaan di Tokopedia

Yuk, perhatikan ketentuannya dengan seksama!

Diperbarui 10 Mei  • Baca 3 menit

Hai, Seller! Kini, kamu sudah bisa berjualan hewan peliharaan di Tokopedia. Perlu kamu ketahui, kategori Hewan Peliharaan di Tokopedia diawasi oleh perundang-undangan Indonesia sehingga setiap Seller harus menaati aturan berjualan yang berlaku demi menjaga kelangsungan hidup hewan peliharaan itu sendiri.

Untuk informasi lengkapnya, simak syarat dan ketentuan kategori Hewan Peliharaan di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan penjualan hewan peliharaan di Tokopedia

1. Harus memiliki dokumen legalitas lengkap: KTP, NPWP, SIUP/NIB.

2. Bersedia mengganti rugi dengan cara refund atau pengiriman ulang jika hewan peliharaan yang diterima pembeli sakit/tidak selamat karena tidak ada asuransi untuk makhluk hidup.

3. Harus memiliki buku vaksinasi hewan khusus untuk kucing dan anjing.

4. Harus menyertakan Surat Karantina Hewan untuk pengiriman antarkota dan antarpulau.

5. Dilarang memperjualbelikan spesies hewan berbahaya dan dilindungi di Tokopedia.

Baca juga:

6. Wajib untuk menjamin kesehatan hewan peliharaan sesuai :

  • Penjaminan higienitas dan sanitasi setiap hewan peliharaan
  • Pengendalian dan penanggulangan zoonosis (penyakit menular dari hewan peliharaan ke manusia dan sebaliknya)
  • Penjaminan kebersihan sarana, prasarana, peralatan, dan lingkungan tempat tinggal hewan peliharaan
  • Pencegahan bersarangnya hewan pengganggu seperti kutu dan kesehatan serta kebersihan setiap karyawan

7. Menyertakan informasi tentang regulasi video unboxing di deskripsi produk untuk mengantisipasi adanya komplain dari pembeli.

Ketentuan pengiriman hewan peliharaan di Tokopedia

Seperti yang kita ketahui bersama, hewan peliharaan perlu perhatian khusus dalam proses pengiriman agar hewan tersebut tidak mudah stres, tetap aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Maka dari itu, pahami ketentuan pengiriman untuk hewan peliharaan berikut ini.

1. Saat ini, pengiriman hewan peliharaan hanya dapat dilakukan melalui jasa pengiriman JNE dan TIKI. Jenis hewan yang diperbolehkan bergantung pada undang-undang & ketentuan masing-masing logistik tersebut.

2. Jika Seller tidak memiliki Kurir Toko sendiri, maka Seller bisa mengunjungi agen JNE/TIKI yang melayani pengiriman khusus hewan peliharaan (tidak termasuk hewan yang dilindungi).

3. Kurir JNE dan TIKI memiliki biaya tambahan di luar ongkos kirim atas penanganan pengiriman hewan peliharaan yang akan dibebankan ke pengirim. Mohon baca ketentuan selengkapnya di halaman JNE dan TIKI berikut.

Baca juga:

4. Pastikan kamu melakukan penyesuaian layanan pengiriman di semua produk kategori Hewan Peliharaan ke JNE & TIKI.

Baca juga:

5. Tidak ada asuransi pengiriman untuk hewan peliharaan, baik asuransi dari Tokopedia maupun asuransi dari pihak layanan pengiriman. Semua hal yang terjadi dalam proses order dan pengiriman dilakukan berdasarkan persetujuan pembeli dan penjual atas segala resiko yang akan terjadi.

Itulah beberapa ketentuan pengiriman hewan peliharaan di Tokopedia. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu harus mempersiapkan hewan peliharaan sebelum pengantaran dengan aman. Baca tipsnya , ya!

Hal yang sering ditanyakan

1. Apa saja hewan peliharaan yang boleh dijual di Tokopedia?

Seller boleh menjual hewan yang dipelihara sebagai teman manusia dan bukan termasuk hewan yang dilindungi menurut Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia. Lihat hewan yang dilindungi Jenis hewan yang diperbolehkan bergantung pada undang-undang & ketentuan masing-masing partner logistik.

2. Bagaimana cara mengirim hewan peliharaan?

Untuk ketentuan pengiriman hewan peliharaan, Seller bisa menggunakan jasa partner logistik yang menyediakan jasa pengiriman hewan hidup, yaitu JNE dan TIKI. Perlu diperhatikan bahwa kurir JNE dan TIKI memiliki biaya tambahan di luar ongkos kirim atas penanganan pengiriman hewan peliharaan yang akan dibebankan ke pengirim. Mohon baca ketentuan selengkapnya di halaman dan .

3. Apa yang harus dilakukan Seller apabila ada komplain mengenai hewan peliharaan yang dikirimkan?

  • Pembeli harus mengambil video rekaman saat unboxing. Ini yang menjadi syarat utama saat melakukan komplain atas pengiriman.
  • Jika terdapat kendala pada hewan peliharaan yang diterima oleh pembeli (tidak sesuai/cacat/jumlah kurang) maka pembeli tidak diperkenankan untuk retur. Pembeli dapat menyetujui solusi refund atau Seller dapat mengirimkan kurir pribadi ke tempat pembeli untuk melakukan penukaran langsung.
  • Jika terdapat kendala di mana hewan peliharaan diterima pembeli dalam keadaan tidak selamat, maka Seller harus melakukan refund ke pembeli atau mengirimkan kembali hewan pengganti kepada pembeli dengan kesepakatan yang dilakukan kedua belah pihak melalui Pusat Resolusi.
  • Jika ada kendala hewan peliharaan tidak kunjung diterima oleh pembeli, maka Seller bertanggung jawab untuk melakukan koordinasi dengan pihak kurir.

4. Apa yang terjadi jika Seller menggunakan layanan logistik lain selain yang disediakan dalam mengirim pesanan?

Jika pesanan dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi lain yang tidak disarankan, maka kesepakatan ada pada penjual dan pembeli yang telah menyadari segala kemungkinan resiko yang akan terjadi. Hal ini dikarena jasa pengiriman yang lain tidak memiliki regulasi dan standarisasi yang sesuai, sehingga pihak Tokopedia tidak dapat membantu resolusi jika terjadi kendala pada pengiriman dan pesanan.

Buka Toko Gratis

Raih mimpimu sekarang

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual