[Official Store] Pelajari Aturan Security Deposit Biar Kualitas Toko Terjaga

Pastikan kamu terus menjaga performa toko kamu ya, Seller kebanggaan Tokopedia!

Diperbarui 26 Mei  • Baca 3 menit

Catatan: Pemotongan Security Deposit untuk seller Official Store akan ditiadakan pada tanggal 1 Maret - 30 April 2023. Seller dapat melakukan aju banding untuk pesanan yang dibatalkan sebelum 1 Maret pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu masih dapat melihat riwayat Security Deposit di halaman penjualan Tokopedia. Tetap pastikan tokomu memiliki saldo minimal Rp 50.000 sebelum tanggal 15 supaya terhindari dari inkubasi.

Hai, Seller kebanggaan Tokopedia!

Sebagai partner bisnis terpercaya Tokopedia, kami ingin memastikan bahwa toko Anda memberikan pelayanan yang terbaik dengan terus menjadi Official Store terpercaya bagi pembeli. Salah satu dari upaya yang Tokopedia lakukan adalah terus mengingatkan kepada Anda untuk tetap menjaga kualitas toko dengan memperhatikan transaksi melalui Security Deposit.

Apa Itu Security Deposit?

Security Deposit adalah bagian dari jaminan yang telah ditempatkan pada Perjanjian Kerja Sama, di mana kami mengenakan Nilai Pengganti untuk setiap pelanggaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjadi penjual yang disiplin dan terpercaya.

Perhatikan Aturan Baru Pemotongan Security Deposit

Baca juga:

Per tanggal 15 Februari 2022, kami akan memberlakukan aturan baru terhadap pemotongan Security Deposit. Hal ini bertujuan demi meningkatkan kualitas Official Store dan agar Anda tetap menjadi penjual yang terpercaya di mata pembeli.

Aturan Baru Security Deposit

Perbedaan Aturan Lama dengan Aturan Baru

Simulasi Aturan Baru

[Penting] Proses pengembalian Security Deposit akan dilakukan dalam 7 hari kerja, terhitung sejak toko mengalami downgrade dari Official Store Tokopedia.

BARU! Tampilan Baru untuk Security Deposit

Sekarang, Anda dapat menemukan tampilan baru untuk Security Deposit yang lebih mudah untuk dilihat. Perhatikan tampilannya berikut ini.

1. Perhatikan Bagian Navigasi untuk Mengetahui Security Deposit

Security Deposit dapat diakses pada bagian navigasi halaman utama Tokopedia Seller, tepatnya di bawah Saldo Tokopedia. Jika diklik, Seller akan diarahkan ke halaman Security Deposit.

2. Pada halaman Security Deposit, Seller dapat menemukan beberapa informasi penting seperti:

  • Nominal Security Deposit dan total pemotongan
    Berisi informasi mengenai nominal Security Deposit yang Seller miliki dan juga nominal Security Deposit yang telah terpotong dari akun Seller.

  • Komplain pemotongan

Untuk setiap periode pemotongan, batas waktu pengajuan komplain adalah di hari Kamis setiap minggunya. Pengajuan di luar batas waktu tidak dapat dilakukan.

  • Detail pemotongan dan pengajuan komplain

Semua pemotongan dan pengajuan komplain sudah bisa Seller lihat di halaman baru ini tanpa perlu mengunduh laporan. Seller juga dapat melihat detail invoice pada setiap pemotongan dan mengajukan komplain pada pemotongan terkait.

Prosedur Top-Up Security Deposit

Berikut adalah beberapa langkah yang Seller harus lakukan untuk melakukan Top-Up Security Deposit.

1. Pada halaman Security Deposit, klik Top-up Saldo.

2. Masukkan nominal Security Deposit dengan kelipatan Rp. 50.000, dan klik Pilih Metode Pembayaran.

3. Pilih metode pembayaran yang tersedia dan pastikan proses pembayaran berhasil

Ajukan komplain apabila terdapat pemotongan yang tidak sesuai

Seller dapat melakukan pengajuan komplain untuk pemotongan Security Deposit. Batas waktu pengajuan komplain adalah 4 hari setelah periode pemotongan berlangsung (batas waktu maksimal setiap hari Kamis).

1. Cek bagian detail mutasi pemotongan dan klik Ajukan Komplain. Tombol Ajukan Komplain tidak akan muncul pada detail mutasi yang sudah melewati periode batas komplain.

2. Pastikan Seller mengisi alasan pengajuan komplain, detail dan menyertakan lampiran untuk dapat dianalisa. Klik Kirim apabila sudah melengkapi semua informasi yang dibutuhkan.

Sertakan alasan pengajuan yang detail dan disertai dengan bukti-bukti pendukung yang jelas. Pengajuan yang sudah dikirimkan tidak dapat direvisi dan dibatalkan.

3. Jika pengajuan berhasil, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa pengajuan komplain berhasil diajukan.

4. Cek detail mutasi secara berkala untuk mengetahui status pengajuan komplain

5. Informasi mengenai hasil pengajuan Security Deposit baik diterima atau ditolak, beserta alasan apabila pengajuan ditolak dapat dilihat pada bagian Detail Mutasi.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Seller tahu tentang hal-hal terbaru mengenai Security Deposit. Terus jaga kualitas pelayanan toko Anda ya Seller, dan jadi Seller kebanggaan Tokopedia!

Tambahkan peran admin untuk membantu mengelola Security Deposit

Admin toko merupakan tenaga kerja bantuan yang dapat membantu Seller mengelola toko. Terdapat 2 peran admin toko yang mendapatkan akses pengelolaan Security Deposit:

Seller tidak perlu khawatir, akses Security Deposit akan langsung aktif untuk admin dengan peran Kelola Pesanan Toko dan Kelola Keuangan. Cek cara mengatur admin toko .

Itu tadi beberapa hal yang perlu Seller tahu tentang hal-hal terbaru mengenai Security Deposit. Terus jaga kualitas pelayanan toko Anda ya Seller, agar tetap jadi Seller kebanggaan Tokopedia!

Baca juga:

Yuk, cari tahu lagi!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2024, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual