Tokopedia

Topik

Kurikulum Tokopedia NYAM!
Jadi Seller Tokopedia NYAM!Tips Jualan Makanan & Minuman

Layanan

Power MerchantOfficial Store
  1. Rilisan Spesial
  2. Baru! Atur Sasaran Segmentasi Pembeli di Fitur Rilisan Spesial

Baru! Atur Sasaran Segmentasi Pembeli di Fitur Rilisan Spesial

Hai, Seller! Udah cobain fitur Rilisan Spesial belum? Tokopedia …

Diperbarui 18 May • Baca 2 menit

Hai, Seller! Udah cobain fitur Rilisan Spesial belum? Tokopedia punya kabar baik untukmu. Kini kamu bisa atur sasaran segmentasi pembeli di fitur Rilisan Spesial lho. Penasaran? Simak cara menentukan sasaran pembeli untuk promosi Rilisan Spesialmu agar promosi bisa tepat sasaran! 

Apa itu Segmentasi Pembeli?

Segmentasi pembeli di Rilisan Spesial adalah fitur terbaru agar kamu dapat menentukan target pembeli saat promosi Rilisan Spesialmu sedang berlangsung. Dengan fitur ini,  kamu dapat memilih siapa pembeli yang berhak mendapatkan produk spesialmu dengan syarat dan ketentuan yang kamu buat.

Kamu dapat mengatur fitur ini di halaman pengaturan promosi Rilisan Spesial pada menu ‘Aturan Campaign’. Untuk saat ini, segmentasi yang dapat diatur adalah segmentasi untuk Followers. Jadi, hanya followers tokomu saja yang bisa membeli produk Rilisan Spesialmu. Tapi jangan khawatir, calon pembeli yang bukan followers toko tetap dapat melihat promosi Rilisan Spesialmu dan tetap bisa membelinya kok. Tapi, mereka harus follow tokomu terlebih dahulu sebelum membeli. Ini bisa jadi strategi buat nambah followers, ya kan Seller?

Tampilan Rilisan Spesial jika calon pembeli belum follow toko

1. Halaman Beranda Toko

Calon pembeli dapat melihat banner promosi dengan label Eksklusif untuk Followers Toko, selain itu calon  pembeli juga dapat melihat syarat dan ketentuan yang telah kamu buat. Nantinya, mereka akan diarahkan untuk follow tokomu.

article

2. Klik ‘Lihat Semua’

Calon pembeli yang belum memfollow toko dapat melihat-lihat isi etalase Rilisan Spesial tokomu, terdapat juga informasi eksklusif untuk followers dan calon pembeli dapat langsung memfollow dari etalase. 

article

3. Saat klik produk

Calon pembeli yang belum memfollow toko akan mendapatkan informasi campaign eksklusif untuk followers, sehingga calon pembeli dapat follow toko Seller terlebih dahulu setelah melihat-lihat deskripsi produk. 

article

Baca juga: Fitur Rilisan Spesial Buat Luncurkan Produk Eksklusifmu

Tampilan Rilisan Spesial jika calon pembeli sudah follow tokomu

Saat Rilisan Spesialmu berlangsung calon pembeli dapat langsung beli dan tambah ke keranjang produkmu & jumlah followers tokomu bertambah! 

article

Langsung pelajari cara mengatur Segmentasi Pembeli di fitur Rilisan Spesial!

Cara mengatur Segmentasi Pembeli di fitur Rilisan Spesial

1. Masuk ke halaman Seller Tokopedia, klik ‘Iklan dan Promosi’ kemudian pilih menu ‘Rilisan Spesial’.

2. Lengkapi semua pengaturan campaign Rilisan Spesial, lalu pilih menu “Aturan Campaign”

3. Temukan segmentasi pembeli di menu Aturan Campaign, di dalam menu Aturan Campaign Seller akan mendapatkan beberapa pertanyaan untuk menentukan syarat dan ketentuan campaign Rilisan Spesial, terdapat pertanyaan segmentasi pembeli yang harus dijawab oleh Seller. Sebelum menentukan segmentasi pembeli, lengkapi pengaturan pembeli terlebih dahulu ya!

4. Jika Seller sudah melengkapi pertanyaan pengaturan pembeli, Pilih “Ya” pada pertanyaan Segmentasi Pembeli

5. Setelah itu kamu dapat menemukan opsi segmentasi pembeli. Temukan pilihan segmentasi pembeli yang dapat dipilih, untuk saat ini kamu baru hanya dapat memilih segmentasi untuk followers toko saja. Nantikan segmentasi pembeli lainnya ya! 

6. Baca ulang syarat dan ketentuan campaign Rilisan Spesialmu. Dan klik “Simpan Pengaturan”.

Hal yang sering ditanyakan

1. Di mana saya dapat menemukan fitur Segmentasi Pembeli?

Fitur ini dapat kamu temukan di halaman Iklan & Promosi lalu klik Rilisan Spesial. Setelah mengisi Kelola Produk di pengaturan campaign, kamu dapat menentukan Segmentasi Pembeli di menu Aturan Campaign.

2. Apakah Power Merchant dapat menggunakan fitur Segmentasi Pembeli di Rilisan Spesial?

Ya, Official Store & Power Merchant dapat menggunakan fitur Segmentasi Pembeli di Rilisan Spesial, sesuai dengan campaign yang telah disediakan. Untuk Official Store memiliki kuota 30 campaign dalam satu bulan, sementara Power Merchant memiliki kuota  5 campaign dalam satu bulan. 

3. Bagaimana jika calon pembeli saya belum memfollow toko, apakah mereka dapat melihat produk Rilisan Spesial saya?

Ya, calon pembeli yang belum memfollow toko dapat melihat-lihat etalase produk, deskripsi produk, harga produk, dan detail foto produk sebelum follow toko. Maka, jika calon pembeli ingin membeli produk Rilisan Spesial, mereka wajib untuk follow tokomu.

4. Bagaimana jika ada pembeli yang belum follow toko, dan ingin membeli produk yang bukan Rilisan Spesial? 

Produk yang tidak termasuk campaign Rilisan Spesial dapat dibeli tanpa diharuskan follow toko terlebih dahulu. Calon pembeli hanya harus memfollow toko jika ingin membeli produk yang sudah kamu masukan ke campaign Rilisan Spesial. 

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

top description

Bikin Launching Produk Lebih Eksklusif dengan Rilisan Spesial!

Rilisan SpesialDiperbarui 30 NovBaca 3 menit
top description

Baru! Atur Sasaran Segmentasi Pembeli di Fitur Rilisan Spesial

Rilisan SpesialDiperbarui 18 MayBaca 2 menit

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2021, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual