Atur Jam Operasional Toko dengan Fitur Jadwal Toko

Panduan mengaktifkan Jadwal Toko

Hai Seller, pernah gak dimarahi pembeli karena lama balas atau dapat nilai jelek karena chat pembeli masuk di luar jam kerja toko? Tokopedia percaya bahwa Seller dan admin toko online pun butuh waktu istirahat dari pekerjaan sehingga gak bisa balas chat pembeli di setiap saat. 

Seller nggak perlu khawatir, Tokopedia menghadirkan fitur bernama Jadwal Toko yang akan menampilkan Jadwal Toko di halaman toko kamu demi menghindari terjadinya kesalahpahaman maupun penilaian negatif dari pembeli dan kurir. Apalagi, mulai tanggal 13 Agustus 2020 perhitungan kecepatan membalas pesan mengikuti jadwal tokomu. Jadi, kamu dapat menjaga skor kecepatan membalas pesan karena Tokopedia hanya akan menghitung balasan pesan selama jam operasional tokomu saja. 

Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Jadwal Toko?

Jadwal Toko adalah fitur Tokopedia yang berfungsi mengelola dan mengoperasikan toko berdasarkan jam buka toko. Jadwal Toko tidak akan menghalangi proses pembeli untuk kirim pesan dan membeli produk. Namun, fitur ini akan menjadi informasi toko bagi pembeli untuk mengetahui kapan jam operasional pada hari itu. Fitur Jadwal Toko ini hanya dapat diakses melalui desktop.

Apa keuntungan menggunakan fitur Jadwal Toko?

  1. Pembeli akan memahami mengapa chat mereka belum dijawab
  2. Pembeli dapat mengetahui kapan pesanan mereka akan diproses dan dikirim oleh Seller, sehingga mereka gak perlu harap-harap cemas mengenai orderan
  3. Seller dapat mengelola pesanan lebih efisien berdasarkan Jam operasional toko yang telah diatur dengan fitur Jadwal Toko.
  4. Seller dapat mengelola Jam Operasional Toko berdasarkan preferensi kamu mulai dari hari, jam buka, dan jam tutup.
  5. Pesan dari pembeli di luar jam jadwal toko bisa dibalas menggunakan fitur Balasan Otomatis.
  6. Perhitungan kecepatan membalas pesan mengikuti jadwal tokomu sehingga skor performa tokomu nggak akan berkurang ketika kamu belum sempat membalas chat pembeli di luar jam operasional toko. Berikut penjelasan mengenai perhitungan skor perfoma toko untuk jadwal toko.

Perhitungan Skor Performa Toko pada Jadwal Toko

  1. Jika toko belum mengatur jadwal toko, Tokopedia akan menghitung kecepatan chat & tingkat balas pesan hanya ketika pembeli kirim pesan pada pukul 09:00 – 18:00 (setiap hari termasuk akhir pekan).
  2. Jika toko mengatur jadwal toko, Tokopedia akan menghitung kecepatan chat & tingkat balas pesan hanya ketika pembeli mengirim pesan di jam operasional toko.
  3. Saat toko tutup di jam operasional toko, semua pesan yang masuk ketika toko ditutup tidak akan dihitung pada kecepatan chat & tingkat balas pesan.

Baca juga: Cari tahu perhitungan skor toko

Tampilan Jadwal Toko di mata pembeli?

Pembeli akan melihat keterangan mengenai jam buka toko ini di bagian paling atas Halaman Toko-mu. Dalam tab Informasi, akan tertulis seperti, “Jam buka toko hari ini pukul 08:00 s/d 18:00 WIB. Kamu masih bisa berbelanja di toko walau sudah melewati jam buka toko.”

Apa yang berubah pada operasional Toko dengan menggunakan fitur Jadwal Toko?

Untuk Seller yang menggunakan kurir Go-Send dan Grab, dimana memiliki fitur auto-retry (fitur dimana Tokopedia akan secara otomatis mencarikan driver baru keesokan harinya apabila driver tidak berhasil pick up paket seller di hari ini), maka dengan adanya fitur Jadwal Toko, waktu auto-retry akan disesuaikan juga dengan Jadwal Operasional Toko.

Seperti dapat dilihat pada ilustrasi berikut:

Skenario 1: Auto-retry dilakukan saat hari kerja atau weekdays

Skenario 2: Auto-retry dilakukan saat weekend

Cara mengatur Jadwal Toko (melalui desktop)

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller, klik menu Pengaturan Toko.

2. Klik menu Informasi dan pilih Status. Klik Buka Toko, lalu atur Hari, Jam Buka, dan Jam Tutup toko kamu. Setelah itu, klik Simpan.

Nah, keterangan mengenai jam buka tokomu akan otomatis muncul di bagian atas Halaman Toko. Mudah, bukan? Saatnya atur Jadwal Toko sekarang agar kamu bisa mengelola toko dengan lebih efisien tanpa adanya salah paham dengan pembeli.

ATUR JADWAL TOKO

 

Setelah mengaktifkan Jadwal Toko, kamu dapat mengaktifkan fitur Balasan Otomatis untuk membalas pesan yang masuk di luar jam operasional toko kamu.

Fitur Balasan Otomatis untuk Jadwal Toko

Untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli saat tokomu telah selesai beroperasi, kamu dapat menggunakan fitur Balasan Otomatis agar calon pembeli dapat memahami mengapa tokomu masih tidak dapat menjawab pertanyaannya.

Cara kerja fitur Balasan Otomatis:

  1. Membalas pesan yang masuk berdasarkan pengaturan Seller.
  2. Pesan Balasan Otomatis hanya akan bekerja setelah jam operasional toko kamu.

Misalnya:

Kamu mengatur jam buka toko di fitur Jadwal toko pukul 08.00 sampai 21.00. Maka, pesan yang masuk ke tokomu akan secara otomatis dibalas oleh fitur Balasan Otomatis pukul 21.01 – 07.59.

Baca juga: Cara membuat pesan balasan otomatis dan cara mengaktifkan pesan balasan otomatis

Nah, itulah informasi mengenai fitur Jadwal Toko dan fitur Balasan Otomatis. Jangan lupa untuk mengaktifkan keduanya agar operasional tokomu dalam memproses pesanan dan membalas chat pembeli terkendali ya Seller.

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller