Tokopedia

Topik

Mulai Berbisnis
Materi Seller BaruAtur ProdukAtur Pesanan & PengirimanKelola TokoReputasi & Performa Toko

Layanan

Power MerchantOfficial Store

Bebas Atur Jam Kerja dan Libur Toko dengan Fitur Jadwal Operasional Toko

Nggak perlu takut performa turun karena nggak merespon chat atau pesanan!

Diperbarui 08 Aug Baca 3 menit

Jam kerja mengurus toko hanya 8 jam per hari? Khawatir ada chat dari pembeli namun nggak bisa kamu balas? Nggak perlu khawatir lagi, atur jadwal tokomu agar kamu bisa lebih efisien memproses pesanan dan memberikan layanan terbaik ke pembeli. Fitur ini sudah tersedia di Desktop dan Android!

3 hal yang bisa kamu atur dengan Fitur Atur Jadwal Operasional Toko:

1. Atur jam buka-tutup toko: Jam operasional tokomu setiap harinya. Pembeli akan diinformasikan kalau pesanan yang masuk saat toko tutup akan diproses keesokan hari saat toko buka kembali.

2. Atur jadwal libur toko: Kamu bisa mengatur jadwal libur rutin mingguan dan jadwal libur panjang. Saat mengatur jadwal libur rutin mingguan kamu bisa sekaligus mengatur apakah pembeli bisa memesan barang di tokomu atau tidak. Namun, saat kamu memilih untuk mengatur toko dalam mode libur panjang, maka pembeli tidak bisa memesan barang di tokomu, ya.

Perlu diingat ya Seller, saat toko kamu dalam masa "Libur rutin (Produkmu bisa dibeli)", pembeli cenderung tetap merasa lebih yakin untuk berbelanja ketika tokomu buka. Pastikan pesanan yang sudah masuk tetap diproses, ya. Waktu mulai & selesai libur mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

3. Mengatur jadwal buka toko setelah libur: Setelah libur, buka kembali toko kamu dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Apabila kamu ingin membuka toko secara manual, bukalah pada waktu sepi pengunjung, misalnya di malam hari sebelumnya, untuk menghindari kepadatan sistem.
  • Hindari mengubah status toko menjadi “Buka” dan “Tutup” berulang kali jika produk di tokomu tidak kunjung tampil karena hal tersebut akan menyebabkan tokomu masuk ke antrian paling akhir di sistem.
  • Jika dalam 30 menit tidak ada satu pun dari produk di tokomu yang muncul, maka segera hubungi Pusat Bantuan Tokopedia. Klik di sini untuk akses Pusat Bantuan Tokopedia Care.

Namun, akan lebih baik apabila kamu sudah mengatur Jadwal Tutup dan Buka Toko secara otomatis. Untuk itu, yuk kita belajar atur jadwal Tutup Toko secara otomatis. Kamu bisa melakukan pengaturan Jadwal Tutup Toko dengan dua cara yaitu melalui Mobile dan Desktop lho, Seller.

Baca juga: Atur Fitur Balasan Otomatis untuk Jadwal Toko

Keuntungan menggunakan fitur Jadwal Toko

  1. Pembeli dapat mengetahui kapan Chat mereka dibalas dan pesanan mereka akan diproses dan dikirim, sehingga mereka gak perlu harap-harap cemas mengenai orderan.
  2. Kamu dapat mengelola pesanan lebih efisien berdasarkan jam operasional toko yang telah diatur dengan fitur Jadwal Toko.
  3. Waktu jemput paket yang jelas. Jika kamu menggunakan layanan pengiriman Dijemput Kurir, maka kurir akan datang menjemput paket sesuai dengan rentang waktu yang tercantum dalam jadwal operasional tokomu.
  4. Pesan dari pembeli di luar jadwal operasional toko bisa dibalas menggunakan fitur Balasan Otomatis.
  5. Kamu tidak akan mendapatkan pengurangan Skor Performa Toko apabila ada chat yang masuk di luar jadwal operasional tokomu atau ketika kamu sedang libur.
  6. Kamu tidak perlu terpaksa menolak pesanan yang masuk ketika toko sedang libur.
  7. Fitur "Libur rutin (Produkmu bisa dibeli)" membantu agar tokomu bisa tetap mendapatkan pesanan ketika sedang libur rutin mingguan. Tujuannya agar kamu bisa segera memproses pesanan keesokan harinya ketika tokomu sudah beroperasi kembali.

Baca juga: Cari tahu perhitungan skor toko

PENTING! Perhatikan 3 hal tentang Jadwal Operasional Toko berikut ini

  1. Semua pesanan yang sudah masuk sebelum toko kamu mulai libur dan pesanan yang masuk ketika tokomu sedang "Libur rutin (Produkmu bisa dibeli)" tetap harus diproses sesuai batas waktu yang berlaku.
  2. Toko yang sedang libur tidak bisa berpartisipasi dalam campaign Tokopedia. Selain itu, campaign-campaign yang akan berlangsung saat toko libur, seperti Flash Sale Toko dan Rilisan Spesial akan otomatis dibatalkan jika toko masih libur pada hari campaign tersebut.
  3. Semua waktu pada fitur jadwal operasional toko mengikuti zona WIB.

Baca juga: Pelajari batas waktu respon pesanan dan konfirmasi pengiriman

Tampilan Jadwal Toko di mata pembeli

Jadwal Operasional Toko kamu akan terlihat pembeli di bagian paling atas Halaman Toko dan Halaman Produkmu. Jadi, pembeli bisa tahu apabila tokomu sedang libur, waktu tokomu buka kembali (jika libur panjang), dan melihat Jadwal Operasional Toko kamu setiap harinya.

Berikut adalah tampilan halaman tokomu saat sedang Libur rutin (produk kamu bisa dibeli), Libur rutin (produk kamu tidak bisa dibeli), serta libur panjang.

  • Libur rutin (produk kamu bisa dibeli)
article

  • Libur rutin (produk kamu tidak bisa dibeli)
article

  • Libur panjang
article

Nah, setelah mengetahui berbagai keuntungan dari fitur Jadwal Operasional Toko, kini saatnya kamu mengaktifkan fitur Jadwal Operasional Toko di tokomu. Dengan mengatur Jadwal Toko maka kamu bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman maupun penilaian negatif dari pembeli ataupun kurir terhadap tokomu. Simak langkahnya di bawah ini!

Langkah mudah mengatur Jadwal Toko

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller, klik ‘Pengaturan Toko’ lalu klik ‘Jadwal Operasional Toko’

article

2. Kamu bisa pilih, mau atur jam operasional toko setiap harinya atau mau atur tanggal toko libur kalau kamu lagi mau libur panjang nih.

article

3. Untuk jam operasional toko harian, ada beberapa pengaturan jadwal operasional toko yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Buka 24 Jam
  • Buka di jam tertentu (kamu bisa pilih jam buka dan jam tutup sesuai dengan operasional tokomu)
  • Libur rutin (produk kamu bisa dibeli)
  • Libur rutin (produk kamu tidak bisa dibeli)
article

4. Untuk tanggal toko libur, kamu tinggal pilih tanggal kamu mulai libur sampai tanggal kamu selesai libur. Saat tanggal libur kamu selesai, jadwal libur kamu akan otomatis selesai dan operasional toko akan mengikuti jam operasional toko harian yang sudah kamu tentukan ya!

article

Bicara soal Libur Toko, pastikan juga kamu sudah mengatur Jadwal Libur Toko jika kamu berencana untuk libur sejenak selama momen Hari Raya Idulfitri.

[Tips] Kamu bisa menutup toko pada H-3 sebelum Hari Raya Idulfitri sampai maksimal H+2 setelah Idulfitri. Karena pada saat itu, kemungkinan sudah banyak pembeli yang mengunjung Tokopedia untuk berbelanja kembali.

Mudah, bukan? Saatnya atur Jadwal Toko sekarang agar kamu bisa mengelola toko dengan lebih efisien tanpa adanya salah paham dengan pembeli dan kurir!

Apakah informasi ini membantu?

Article

Social Media Tokopedia Seller

Beri masukan untuk kami

Perlu bantuan lebih lanjut?

© 2009-2022, PT Tokopedia | Syarat & ketentuan | Hak Kekayaan Intelektual