Mengenal Istilah Branding

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata branding? Apakah brand dan branding itu sama? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai branding, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih lanjut definisi dari kata brand dan branding itu sendiri.

Brand lebih tertuju kepada nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya untuk mengidentifikasi dan membedakan barang atau layanan dari penjual lain (Cited from Wood, 2000, p664).

Sementara itu, branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka membangun dan membesarkan brand (Maulana, A. E, 2010). Branding bukan hanya tentang memenangkan hati target pasar supaya memilih brand Anda. Lebih dari itu, penting bagi pelanggan untuk dapat melihat brand Anda sebagai satu-satunya yang dapat memberikan solusi bagi kebutuhan mereka.

Ketika Anda sudah berjualan online, toko tersebut menjadi brand Anda. Segala produk maupun pelayanan yang Anda berikan, itulah kegiatan branding untuk pelanggan Anda. Mudah bukan membedakan kedua hal tersebut?

Apakah Reseller dan Dropshipper harus melakukan branding? Atau jika tidak memiliki produk, apakah perlu branding?

Tentu saja! Siapa pun yang melakukan bisnis online perlu melakukan branding untuk meningkatkan penjualan. Untuk itu, banyak hal yang bisa dilakukan dalam melakukan branding terhadap toko online Anda. Branding sendiri memiliki banyak macamnya, ada Branding Produk, Branding Toko, dan Branding Publik.

Branding Produk

Melalui Branding Produk, penjual dapat memfokuskan produknya agar terlihat berbeda dari produk toko lain, sehingga produk yang ada di toko Anda termasuk dalam prioritas pertama di mata calon pelanggan. Tampilan dan kualitas produk bisa menjadi kunci utama untuk menggapai target pasar dan menjangkau pelanggan yang potensial berbelanja di toko Anda.

Branding Toko

Branding Toko lebih fokus terhadap reputasi toko melalui tampilan toko. Toko dapat didekorasi dan dikelola semenarik mungkin sehingga calon pelanggan dapat melihat bahwa toko Anda berbeda dari yang lain.

Branding Publik

Pandangan masyarakat merupakan salah satu hal yang dapat dimanfaatkan dalam branding ini. Cara yang dapat dilakukan untuk membangun Branding Publik adalah memberikan pelayanan yang sangat cepat dan menarik sehingga masyarakat puas dan pada akhirnya merekomendasikan toko Anda kepada orang lain.

Jadi, sudahkah Anda melakukan branding untuk toko online Anda? Iklankan produkmu dengan TopAds Iklan agar produkmu lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller