Alternatif Kemasan Produk Ramah Lingkungan Buat Seller

Kemasan ramah lingkungan (3 min read) – Permasalahan lingkungan membuat kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan semakin meningkat. Ini ditandai dengan banyaknya kampanye diet plastik dan semakin meningkatnya permintaan produk ramah lingkungan, seperti sedotan stainless steel.

Tak hanya soal produk, kemasan ramah lingkungan juga bisa menjadi daya tarik sendiri dari produkmu. Banyak kok pembeli yang rela membayar sedikit lebih mahal demi ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Mau tahu produk eco-friendly apa saja yang bisa kamu gunakan sebagai kemasan?

Apa yang dimaksud kemasan ramah lingkungan (eco-friendly packaging)?

Kemasan eco-friendly adalah kemasan yang menggunakan bahan-bahan yang mudah diurai, bisa didaur ulang, serta tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia. Ciri-cirinya adalah:

  1. Tidak (atau sedikit) berdampak buruk bagi lingkungan.
  2. Terbuat dari bahan yang mudah diurai secara alami.
  3. Aman untuk manusia dan lingkungan.

Bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai eco-friendly packaging?

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk kemasan ramah lingkungan, misalnya plastik polypropylene, kardus, karton, biofoam, dan bambu. Apa saja kegunaan dari masing-masing bahan tersebut? Simak yuk penjelasannya.

Plastik berbahan dasar polypropylene

Polypropylene ini merupakan plastik yang bisa digunakan untuk mengemas bahan makanan. Bahannya yang tahan panas dan tidak mudah rusak membuat plastik ini bisa digunakan berkali-kali. Jadi tidak langsung dibuang dan mencemari lingkungan. Namun, jika tidak menggunakan kemasan berbahan plastik akan lebih baik lagi ya, Seller!

Karton atau Kardus

Kamu juga bisa menggunakan bahan karton atau kardus untuk pengemasan barang jualanmu. Selain sebagai kemasan, bahan kardus atau karton bisa digunakan lagi oleh pembelimu. Bahan ini juga bisa didaur ulang atau mudah terurai.

Bahkan ada yang menggunakan kemasan karton ini untuk membungkus telur. Namun, tentu saja kamu harus menggunakan layanan pengiriman Instant atau Same Day agar tidak rusak.

Wadah biofoam

Biofoam terbuat dari pati dengan tambahan serat untuk memperkuat strukturnya. Tidak hanya bersifat mudah terurai, tetapi juga dapat didaur ulang dan dipakai berkali-kali. Untuk saat ini, tingkat ketahanan terhadap air masih rendah dibandingkan styrofoam sehingga baru bisa digunakan untuk mengemas produk dengan kadar air yang rendah.

Bambu

Bambu bisa juga digunakan untuk kemasan produk, biasanya produk makanan. Sebenarnya bambu cukup kuat jika dibuat dalam bentuk anyaman. Namun, ketahanan produknya masih kurang begitu baik sehingga kurang cocok jika dikirim dengan pengiriman reguler.

Itulah tadi beberapa bahan yang bisa kamu jadikan alternatif kemasan produkmu.

Berbisnis tidak hanya soal untung, tetapi juga harus memperhatikan kelangsungan alam dan manusianya. Terus berinovasi untuk menciptakan produk ramah lingkungan ya, Seller!

Yuk, berikan kritik & masukan untuk Pusat Seller Tokopedia dengan mengisi survei ini

Survei Pusat Seller