7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif

Cara Mengelola Keuangan Usaha – Mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda seutuhnya adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan perputaran keuangan usaha Anda efektif. Mengerti setiap masalah keuangan bisnis Anda berarti Anda dapat menghindari utang bisnis yang tak terduga dan memiliki cukup uang untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis Anda, sekaligus mengurangi potensi kerugian finansial. Namun bagaimanakah cara mengelola keuangan usaha secara efektif?

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Kenali Berbagai Aspek Keuangan

 

cara mengelola keuangan usaha

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pelajari tentang berbagai aspek keuangan. Sebagai permulaan, pelajari cara membaca laporan keuangan jika Anda belum mengerti caranya. Ini adalah satu pernyataan penting yang memberi tahu Anda semua tentang keuangan bisnis Anda, seperti asal usul uang dan dimanakah uang digunakan.

Buat Budget Secara Rutin

Budgeting merupakan salah satu hal paling penting dalam mengatur keuangan usaha. Dengan menyusun budgeting, Anda akan membuat estimasi untuk membantu membatasi pengeluaaran sesuai dengan angka yang ditetapkan.

Selalu lakukan budgeting setiap bulannya, karena kondisi dan kebutuhan pastinya akan berbeda pada setiap bulan.

Tinjau Biaya Pemasukan dan Pengeluaran

Tinjau semua biaya pemasukan dan pengeluaran di satu tempat, besar ataupun kecil. Saat ada masalah keuangan yang tak terduga, Anda pun dapat mengeceknya disana, sehingga Anda tidak akan bingung kemana uang bisnis Anda pergi.

Buat Pembukuan

Lakukan pembukuan invoice sesegera mungkin setelah melakukan pengeluaran. Berikan waktu maksimal dalam pembayaran tagihan. Misal dalam 7 hari, semua tagihan harus dibayarkan untuk memastikan tidak lupa ataupun hilang.

Pisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Usaha

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha Anda.  Dengan memisahan rekening, Anda lebih mudah mengukur pertumbuhan bisnis. Cara paling mudah adalah membuka rekening giro baru yang ditujukan khusus untuk bisnis.

Pemotongan Biaya

Penting bagi pemilik bisnis untuk tetap menjaga pengeluaran bisnis dan selalu di cek tanpa menghambat kepuasan pelanggan.

Pemotongan biaya dapat dilakukan dalam berbagai macam cara. Misalnya, alih-alih membeli perangkat lunak bermerek mahal, Anda dapat bekerja dengan perangkat lunak gratis yang sama bagusnya dan memiliki fungsi yang sama.

Analisa Anggaran Setiap Akhir Tahun

Cara Mengelola Keuangan Usaha
Sumber Gambar: Unsplash

Ukur dampak garis bawah dengan melihat anggaran layanan tahun ke tahun. Apakah biaya untuk memberikan layanan naik, tetap sama atau menurun? Cari tahu berapa biaya untuk memberikan layanan khusus untuk bisnis seperti rekrutmen, penggajian atau manajemen manfaat. Memahami biaya-untuk-melayani menawarkan wawasan hebat bisnis ke dalam proyek dan tugas, berapa lama yang diperlukan untuk melakukannya, dan sebagai hasilnya berapa biayanya. Jika Anda ingin memangkas kembali anggaran, ada angka-angka yang sulit untuk bekerja dengan pertunjukan itu, persisnya apa dampaknya terhadap kuantitas dan kualitas layanan jika sumber daya berkurang.

Meskipun memiliki dan menjalankan bisnis Anda sendiri dapat menjadi hal yang terlihat mudah, banyak komplikasi yang pastinya akan dialami, terutama ketika tidak hati-hati dalam hal keuangan. Jangan biarkan bisnis Anda menderita karena pengelolaan uang yang buruk. Lakukan tips di atas untuk masa depan usaha Anda yang lebih cerah!

buka toko di tokopedia

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar