Tiga Cara Memilih Produk untuk Dijual

Banyak cara untuk memulai bisnis, tapi menentukan apa yang ingin Anda jual merupakan langkah yang penting. Dengan kata lain, menentukan produk. Dari sekian banyak produk di pasar, produk mana yang tepat untuk Anda investasikan dalam bentuk modal dan tenaga? Temukan jawabannya di bawah ini!

Mulai dari Apa yang Sudah Anda Tahu

Luangkan waktu untuk memikirkan hal yang Anda sukai, ketahui dan kenali dengan baik. Misalnya Anda menggunakan hijab dan sudah sering membeli berbagai macam hijab, Anda jadi bisa mengetahui bahan hijab ternyaman. Contoh lain, misalkan dari pengalaman Anda bekerja di sebuah bengkel, Anda jadi lebih tahu tentang tipe-tipe suku cadang. Lebih baik lagi jika Anda kenal baik dengan pihak produsen. Pengetahuan dan pengalaman Anda adalah poin tambahan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendalami kategori suatu produk. Anda juga bisa menemukan banyak inspirasi dari hashtag media sosial, seperti Instagram atau Pinterest.

Double Check Regulasi Produk

Setelah menentukan produk untuk dijual, double check regulasi dan larangan yang berlaku terkait produk tersebut. Ini sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan. Cek legitimasi dan persyaratannya baik untuk produk impor, produksi lokal, ataupun produk buatan sendiri. Cari tahu apakah produk tersebut mengandung bahan yang dilarang oleh negara atau tidak, terutama untuk produk kosmetik dan makanan. Hal ini untuk menghindari Anda menghabiskan banyak biaya serta waktu jika ternyata produk dan bisnis Anda ilegal.

Evaluasi Kelayakan Pasar

Jika Anda sudah memutuskan apa yang akan Anda jual dan produk tersebut tidak melanggar peraturan apapun, ini saatnya Anda mengevaluasi potensi serta ketertarikan pasar. Cara mudahnya adalah dengan menelaah dari media sosial seperti Twitter, atau melihat ulasan-ulasan produk dari berbagai blog ataupun forum. Ketik kata kunci produk Anda dan temukan banyak informasi mendalam di diskusi seputar produk tersebut. Dari situ Anda bisa melihat potensi produk tersebut dari banyaknya jumlah diskusi. Anda juga dapat menemukan banyak pendapat mengenai produk tersebut serta kata kunci yang digunakan. Ini berguna untuk menciptakan deskripsi produk yang relevan serta promosi yang jitu.

 

Ketika Anda sudah menemukan produk untuk Anda jual, jangan ragu untuk mulai berjualan di Tokopedia!

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar