Tiga Cara Membagi Waktu antara Pekerjaan Tetap dan Bisnis Sampingan

Masalah waktu adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh orang yang memiliki pekerjaan tetap dan bisnis sampingan. Dengan pekerjaan 9 to 5, memang terlihat sangat sulit untuk mengatur bisnis sampingan dengan baik. Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan satu solusi yaitu manajemen waktu!

Anda tak perlu untuk mengerahkan semua waktu Anda untuk menjalankan bisnis sampingan, namun yang Anda butuhkan adalah meluangkan waktu.

Berikut adalah beberapa cara meluangkan waktu:

Bagi hari Anda menjadi beberapa bagian

Sangat penting untuk membagi waktu yang jelas antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan Anda. Jangan mengorbankan waktu antara yang satu dengan yang lainnya, karena itu membagi waktu antara keduanya sangatlah penting. Contohnya, waktu dari Anda bangun tidur hingga siap untuk ke kantor bisa didedikasikan untuk bisnis sampingan Anda, seperti mengecek pesanan atau membalas pesan pembeli. Saat istirahat siang, Anda pun bisa menikmati makan siang Anda sambil bertemu dengan vendor atau orang-orang yang berpotensi membuat bisnis Anda berkembang. Setelah pulang bekerja pun, Anda bisa mengurus packing pesanan dan mengirimkannya.

Memaksimalkan akhir pekan Anda

Akhir pekan adalah waktu yang sangat produktif untuk mengurus bisnis sampingan karena Anda tidak memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi terhadap pekerjaan tetap Anda. Jadi, optimalkan waktu libur Anda untuk mengurus bisnis sampingan. Namun, hanya karena Anda memiliki banyak waktu di akhir pekan, bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu tiap menitnya untuk mengurus bisnis sampingan. Anda tetap berhak untuk bersantai dan melakukan hobi Anda. Silahkan nikmati waktu bersama keluarga dan teman. Bahkan berjalan santai di sekitar rumah pun cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Tentunya ini akan membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.    

Akhiri hari Anda dengan membuat to-do list

Karena Anda memiliki dua tanggung jawab, luangkanlah waktu untuk memikirkan kembali apa yang selesaikan besok. Selain waktu Anda tidak terbuang sia-sia, mendaftar apa saja yang harus dilakukan akan membuat Anda lebih terstruktur dan juga bisa mengurangi stres. Saat membuat to-do list, tulis semua yang Anda harus lakukan dan atur sesuai prioritas Anda. Jika Anda merasa semua adalah prioritas, pilih mana yang paling penting dan mendesak. Yang lebih mendesak adalah yang harus menjadi prioritas lebih. Jangan sampai Anda tidak menyelesaikan yang penting karena Anda lebih milih yang mudah dan seru. Seiring beraktivitas, Anda akan menemukan bahwa tidak ada yang lebih memuaskan selain mencoret to-do list Anda satu per satu.

Membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan bukanlah pekerjaan yang gampang, namun bukan sesuatu yang mustahil juga. Pasti awalnya akan sulit dan banyak hal yang harus Anda korbankan. Namun kedepannya, Anda akan bersyukur Anda tidak terjebak dalam cari-cari alasan untuk menghindari tanggung jawab dan bangga akan keberanian menantang diri sendiri untuk memulai.

 

Sudah siap untuk meluangkan waktu untuk bisnis Anda? Mulailah dengan buka toko di Tokopedia dan bersiaplah dikunjungi puluhan juta calon pembeli.

Bagikan Artikel

Belum ada komentar untuk artikel ini

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

Login dengan akun tokopedia untuk memberikan komentar