Top Pemilu: Yuk Rame-Rame Pilih Ketua RT!

Ketua RT (Rukun Toppers) adalah perwakilan Top Community sebuah kota yang dipilih secara musyawarah oleh anggota dan disahkan secara resmi oleh Tokopedia.

Satu periode kepemimpinan Ketua RT Top Community adalah selama 6 bulan. Setiap selesai 1 periode tersebut, Top Community akan mengadakan Top Pemilu untuk menentukan Ketua RT untuk periode selanjutnya. Top Pemilu dilakukan pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya, setelah satu periode kepemimpinan Ketua RT berlangsung.

Tema Top Pemilu kali ini adalah “Rame-Rame Pilih Ketua RT”. Toppers bisa menentukan Ketua RT selanjutnya melalui musyawarah terbuka bersama anggota top community lainnya di acara Nongkrong Bareng (NoBar) atau melalui media diskusi online seperti grup whatsapp/telegram kota masing-masing.

Untuk informasi lebih jelas. Yuk simak syarat dan alur pemilihan Ketua RT Top Community Batch 4 berikut.

Kota yang mengadakan Top Pemilu

Top Community mengadakan Top Pemilu, jika:

  1. Ketua RT sudah menjalani 2 periode kepengurusan Top Community. Top Community melalui musyawarah harus menentukan Ketua RT periode selanjutnya. Top Community ini antara lain Top Community Jepara, Cilacap, Pekalongan, Depok, Makassar, Cirebon, Surabaya, Klaten, Denpasar, Jember, Pasuruan, Malang, Medan dan Yogyakarta
  2. Ketua RT sudah menjalani kepengurusan minimal selama 3 bulan, tetapi belum mencapai 2 periode kepengurusan (12 bulan). Ketua RT di kota ini dapat melanjutkan kepengurusan ataupun mengajukan pergantian. Pelaksanaan atau pergantian Ketua RT dapat dimusyawarahkan melalui agenda NoBar. Top Community ini antara lain Top Community Tasikmalaya, Jambi, Pontianak, Batam, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Bekasi, Banjarmasin, Bogor, Tangerang, Semarang, Bandung, Solo, Aceh, Blitar, Jakarta, Magelang, Bandar Lampung dan Mojokerto

Top Community Belum dapat mengadakan Top Pemilu, jika:

Ketua RT belum melewati masa jabatan minimal 3 bulan. Ketua RT otomatis masih akan melanjutkan masa jabatannya untuk periode selanjutnya. Top Community ini antara lain Top Community Tegal, Kediri, Kudus dan Karawang.

Syarat menjadi Ketua RT Top Community

Berikut adalah beberapa syarat toppers dapat mencalonkan Ketua RT

  1. Memiliki jiwa kepemimpinan
  2. Memiliki toko di tokopedia yang telah aktif (minimal) selama 6 bulan
  3. Anggota aktif top community dan memiliki Top ID
  4. Bersedia menjalankan tugas sebagai Ketua RT selama 1 periode (minimal 6 bulan)

Rekrutmen Calon Ketua RT
Calon Ketua RT didapatkan melalui 4 cara:

  1. Calon mengajukan diri
  2. Rekomendasi anggota Top Community
  3. Rekomendasi RT sebelumnya
  4. Rekomendasi tim Community Development Tokopedia

Kriteria pemilih dalam Top Pemilu

Pemilih merupakan anggota Top Community dan mempunyai Top ID. Pemilih dapat memberikan hak suaranya kepada forum untuk mengajukan atau menentukan calon ketua. 

Alur Top Pemilu, Rame-rame Pilih Ketua RT

  1. Ketua RT menjabat mengagendakan musyawarah pada NoBar bulan Desember
  2. Musyawarah pemilihan Ketua RT. Mekanisme pemilihan tergantung dari kesepakatan Top Community dalam musyawarah tersebut.
  3. Setelah Ketua RT baru terpilih, Ketua RT menyampaikan kabar NoBar melalui City Coordinator dan mengisi form tkp.me/ketuaterpilih paling lambat pada tanggal 28 Desember 2017
  4. Bagi Top Community yang menyelenggarakan Top Pemilu di NoBar dapat memposting foto hasil NoBar di Instagram dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah spesial dari tokopedia

 

*Syarat dan Ketentuan Post Foto NoBar di Instagram:

  • Top Community menyelenggarakan NoBar sekaligus sebagai agenda musyawarah untuk memilih Ketua RT
  • Untuk mengikuti program ini Top Community wajib post foto hasil Nobar di Instagram (Instagram Pribadi / Instagram Kota)
  • Sertakan caption dengan alasan kenapa kami harus memenangkan Top Community daerah tersebut dan sertakan hashtag #TOPCOMMUNITY #RAMERAMEPILIHRT
  • Tag dan follow Instagram @topcommunity dan @tokopedia
  • Top Community yang menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah spesial untuk partisipan NoBar tersebut yang didasarkan pada absensi NoBar Bulan Desember yang valid.

 

2 responses to “Top Pemilu: Yuk Rame-Rame Pilih Ketua RT!”

  1. Al- Ridha says:

    Selamat sore, bagaimana jika ada ketua yg ambisi tidak mau digantikan padahal sudah 2 periode menjabat sebagai ketua RT ?

    Ketua tsb tidak mengabarkan bhw akan diadakan pemilu, bersikap acuh ,dingin jika dibahas tentang pemilihan ketua baru. Tidak membuat acara pemilu ini dalam agenda materi nobar desember ini.

    Bolehkah ketua RT menjabat seumur hidup di dalam community yang jumlah anggotanya hanya kurang dari 10 org yang aktif selama 1 tahun ini ?

    Apakah Wajib ketua RT sebelumnya yang sudah menjabat 2 periode digantikan oleh ketua berikutnya walau anggota tidak ada yang mau menjadi ketua berikutnya ?

    Bisakah salah satu anggota langsung memberi rekomendasi kepada tokopedia untuk ketua berikutnya dikarenakan ketua sebelumnya tidak menyelenggarakan pemilu dalam acara nobar ?

    • Shinta Arum Suffia says:

      Halo kak.
      Sesuai ketentuan, ketua RT hanya boleh menjabat sebagai ketua RT maksimal selama 2 periode atau 1 tahun. Apabila tidak ada pengganti maka tim community development tokopedia akan menangguhkan dahulu top community yang bersangkutan sampai terpilih kembali ketua baru.
      Kakak bisa memberikan masukan secara langsung terkait kepengurusan dan Top Pemilu kota kakak melalui tkp.me/tanyatoped
      Terima kasih.

Leave a Reply