Berjualan Cermat dengan Target Pasar Tepat

Seminggu ini kita sudah membicarakan mengenai target pasar loh. Nahh pastinya kakak semua sudah tidak asing lagi dengan target pasar. Namun yang belum paham, pasti masih bertanya, kira-kira apa sih pengertian target pasar tersebut? Melalui artikel ini kita bahas bersama yuk mengenai target pasar.

Apa itu Target Pasar?

Dalam menjalankan suatu bisnis pasti akan memiliki target atau segmentasi pasar yang dituju untuk bisa mengembangkan usaha yang diproduksi atau dijual. Hal ini juga berlaku pada teman-teman seller di Tokopedia. Dengan beragamnya kategori yang dijual pun pasti beragam juga target pasar yang dituju.

Selain itu, menurut kakak-kakak seller yang sudah #bantujawab, berikut adalah pendapat mereka mengenai apa itu target pasar :

 

Sigid – Batam
#bantujawab target pasar adalah sasaran buyer yang kita tuju yang kemungkinan besar akan membeli produk kita. Sebagai contoh karena saya jualan buku, target pasar saya ya anak-anak kuliah sehingga target pasar berpengaruh dengan cara kita melakukan promosi dalam kasus ini saya sering melakukan promosi di Facebook grup anak-anak kuliah kalau toko kita sudah gold merchant lebih enak lagi menentukan target pasar dengan menganalisa data statistik toko kita.

Farly Frenky – Balikpapan
#bantujawab target pasar adalah memilih sekelompok konsumen yang akan dilayani atau dijadikan target untuk memasarkan produk yang kita jual, kelompok konsumen ini harus memiliki ciri atau karakteristik yang sama, misalnya kita berjualan produk fashion maka kita harus menentukan target pasarnya apakah untuk pria atau wanita, jika untuk wanita apakah wanita usia remaja atau dewasa, apakah kalangan wanita dengan penghasilan tinggi atau menengah kebawah, dan sebagainya. Target pasar sangat bermanfaat dalam menentukan strategi marketing, positioning product dan mengantisipasi persaingan bisnis.

 

Polma – Bandung
#bantuJawab Mempunyai Toko yang laris manis pasti menjadi impian setiap seller. Namun untuk mencapainya, tentu kamu harus tahu target pasar. Apa kira-kira yang harus kamu lakukan? Tenang, akan dijelaskan target pasar dan beberapa tips jualan online yang bisa kamu terapkan. Di Tokopedia ada 2 target pasar yang bisa kamu sasar, yaitu target pasar internal dan eksternal.
Target Internal yaitu buyer yang sudah punya account di Tokopedia tentunya. Untuk menyasar target pasar internal ini kamu bisa gunakan fitur TopAds dan Promo Perjam
Dengan fitur promosi ini, kamu dapat mengembangkan toko kamu dengan lebih terukur. Perhitungan balik modal pun bisa terlihat dengan jelas.
Fitur promosi ini ditujukan untuk para calon pembeli yang sedang melakukan pencarian barang di Tokopedia. Dengan fitur ini, kamu pun bisa menyasar calon pembeli yang sedang mencari barang dengan kategori tertentu. Fitur promosi internal terbagi menjadi dua, fitur TopAds dan Promo Perjam.
Target eksternal. Sesuai namanya eksternal adalah target pasar di luar Tokopedia sampai saat ini Tokopedia baru menyediakan fitur share di media sosial.

 

Sarjianto – Klaten
#bantujawab
Target pasar menurutku ada 3, regional (jawa dan luar jawa), target kalangan (menengah keatas atau menengah kebawah), dan target individu.

Target Regional yang simpel contohnya barang berupa jamu kemasan yang mana seller berada diluar jawa dan mempunyai suplier dari jawa yang mana harga jualnya bisa 2x lipat sengan catatan seller luar jawa mempunyai toko fisik.

Target Kalangan.
Kita main di kalangan atas, barang gak tiap hari laku tp pembeli biasanya mempunyai komunitas sendiri dengan margin yang lumayan. Biasanya pelaku barang ori contohnya brand adidas, zippo, jam tangan ori bermerk. Untuk kalangan menengah kebawah lebih ke barang umum seperti barang2 cewek, baju, sepatu, tas. Ambil margin dikit tp kuantiti penjualan yang banyak.

Target Individu lebih ke person seperti barang-barang perlengkapan ibu dan bayi, orang-orang pecinta alam, diving.

 

Kenapa harus menentukan Target Pasar?

Menentukan target pasar yang tepat selain untuk menentukan produk apa yang ingin kita jual,  juga dapat mempengaruhi penentuan strategi promosi yang akan dilakukan oleh Toppers lho.

Toppers yang masih bingung menentukan Target Pasar-nya. Berikut adalah hal-hal yang bisa ditanyakan saat sedang survey untuk mendapatkan target pasar yang pas.


Sherly – Tangerang 
Menentukan target pasar memang susah-susah gampang yah.Terutama buat toko saya, yang meskipun awal pembuatan toko berbasis buku, kemudian melebar ke perlengkapan bayi & anak, kemudian ke Sleepwear (yang ternyata sekarang malah jadi basis utama), dan sekarang mulai ditekuni, pin hijab turki. Survey internal saya saat ini cuma 3 :
1.*Saya lempar pertanyaan ke calon customer potensial*. Jadi saya buka po untuk customer, saat mereka request itu menjadi kesempatan saya untuk bertanya apa yang biasa dipakai, dari mulai warna sampai alasan menyukai model tersebut. Dari situ saya baru mulai mencari dan investasi untuk supply barang tersebut. Keuntungan lain nya, saat produk itu datang, sudah pasti ada yang beli, jadi meminimalisir kerugian.
2.  *Saya lempar pertanyaan ke reseller, dan diskusi di grup, sekira nya produk ini kita lempar ke pasaran, target customer seperti apa yang mereka mau ambil*. Umpan balik dari reseller dan dropshipper ini biasanya efektif, karena mereka yang terjun di lapangan. dan nilai plus nya, untuk reseller yang demen beli grosiran, biasanya akan langsung ikut po, jadi saat produk datang, sudah pasti juga ada yang beli, lagi2 meminimalisir kerugian.
3. *Tanya ke diri sendiri, dan 10 orang terdekat*, target pasar seperti apa yang akan menyukai produk ini


Fajeri – Banjarmasin
menurut saya yg paling penting itu urutannya adalah sbb:
ke 1. Gender, karena masing2 gender biasanya beda pandangan apalagi karateristik produk spesifikasinya berbeda masing gender.
Ke 2. Usia tidak bisa dipungkiri beda usia sudah pasti beda selera
Ke. 3 Pekerjaan dari sini kita bisa menilai daya beli calon pelanggan kita atau produk yg sesuai dengan pekerjaannya
Ke. 4 Interest ini tidak sekedar hobi karena mereka memang menyukai bidang tertentu yg bisa mengarah ke suatu produk yg akan kita pasarkan. misal kalau ada orang interestnya olahraga sepeda maka artinya dia adalah target market yg jelas untuk produk sepeda beserta aksesorisnya.


Anton – Magelang
#bantujawab Kalau survei pasar, salah satu pertanyaan penting menurut saya adalah pendapatan dalam *bentuk rentang pendapatan dan kota domisili*, dari sana bisa didapat gambaran kasar rentang harga produk yg bisa dijangkau oleh pasar dan apakah ongkos kirimnya kemahalan atau enggak.

Di Tokopedia juga menyediakan cara gampang untuk melihat pasar Tokomu, yaitu melalui Data Statistik. Untuk bisa memantau Data Statistik ini bisa dilihat oleh para pengguna GM, disana kakak-kakak pun bisa lihat nih siapakah customer kakak-kakak. Baca lebih lengkap mengenai ini di https://seller.tokopedia.com/2017/01/26/mengenal-lebih-dalam-tentang-statistik-toko-bagian-ii/.

 

Apakah semakin luas target pasar semakin menentukan kesuksesan penjualan?

Berdasarkan dari artikel untuk memperluas target pasar dibutuhkan research dan pemahaman akan produk yang dijual oleh seller. Pemahaman akan produk dan pasarnya pun bisa menjadi dasar kuat untuk menentukan haruskah suatu produk diperluas target pasarnya atau tidak.

 

Ari Yuniati – Bekasi

#bantujawab Setiap orang pasti mau banget kalo usahanya berkembang, berkembang itu yang bagaimana sih? Ya pastinya yang kemarin barang dagangan cuma satu bisa nambah jadi dua dan seterusnya. Nah selain nambah quality pastinya nambah juga dong pangsa pasarnya alias menambah target pasar. Atau memperluas jangkauan market nya Misalnya tukang ayam awalnya hanya jualan ayam target hanya emak-emak dengan harga retail. Akan tetapi dia mau jualan dengan partai yang lebih banyak lagi maka tukang ayam buka harga grosir dengan penawaran yang menarik dengan target pasar tukang jualan pecel ayam atau bahkan resto, catering dan hotel. Nah apa lagi sih yang bisa di kembangkan lagi. Buat daging misalnya nugget olahan untuk kualitas potongan yang kurang bagus, ini bisa masuk untuk anak-anak. Untuk pangsa pasar tukang jajanan keliling. Dan pastinya bisa di gali lagi kebutuhan2 yang bisa lebih komersil. Nah untuk barang apapun pasti bisa diterapkan untuk jangkauan pasar yang lebih banyak.

 

Dedy Prajoko – Bandar Lampung

#bantujawab, Target pasar luas tidak selalu bisa diterapkan pada semua produk di pasaran. Setiap jenis produk memiliki target pasar yang porsi ukurannya berbeda. Produk minuman tentu harus memiliki target pasar yang lebih luas daripada produk minuman suplemen herbal. Perlu diketahui bahwa apabila target pasar terlalu luas, akan berakibat pada biaya PROMOSI yang akan melebihi jumlah kenaikan penjualan dan laba. Semakin spesifik target pasarnya semakin efektif, efisien, dan semakin tinggi konversi closing ordernya. Namun jika target pasar terlalu sempit bisa berakibat pada kegagalan dalam mencapai volume penjualan dan laba yang diinginkan. Untuk perusahaan besar dengan kapasitas produksi dan sumber daya besar baiknya pilih target pasar luas, untuk perusahaan dengan kapasitas dan sumber daya minim pilih target pasar kecil yang spesifik untuk menghindari membengkaknya anggaran.

Fajar – Bekasi

#bantujawab Setiap produk memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, walaupun target pasarnya diperluas, itu tidak berarti produk tersebut bisa menguasai seluruh segmen pasar yang ada. Misalnya : Apple, walaupun target pasarnya diperluas, tapi tetap saja ia hanya akan menyasar segmen masyarakat menengah ke atas. Tidak akan bisa bersaing di segmen menengah ke bawah seperti Android. Begitu juga sebaliknya. Walaupun begitu, memperluas target pasar tetap perlu karena dapat membuat kita akan memiliki peluang lebih besar dalam menjaring lebih banyak pelanggan.

Sherly – Tangerang

#bantujawab Wah bahas target pasar, seru nih, karena inti dari marketing sebenernya, di target pasar ini. Menurut saya, menentukan target pasar tentu tidak lepas dari kebutuhan produk tersebut, apalagi jika kita memutuskan untuk memperluas target pasar. Level 1 . Primer. Level 2. Sekunder. Level 3. Tersier. Semakin tinggi level, tentu target pasar semakin segmented, dan kecil kemungkinan untuk memperluas pasar. Kita bahas dengan Level 1. Primer. Di bagian ini adalah bagian kebutuhan pokok, seperti, minyak, beras, gula, garam (jenis sembako, dan lain-lain) Memang di level ini pun ada banyak tingkatan. Tapi jenjang garis tipis yang membuat target pasar dengan SANGAT MUDAH bisa diperluas. Contoh kecil minyak goreng yang sering kita temui. Bimoli dibagi menjadi dua, bimoli biasa, dan bimoli spesial. Ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan pemekaran produk secara horizontal, tentu target pasar juga dibedakan. Namun di kenyataannya, banyak masyarakat menengah ke atas membeli bimoli, dan menengah ke bawah ada juga yang membeli bimoli spesial. Level 2. Sekunder. Di bagian ini termasuk produk medium, yang rasa-rasanya dibutuhkan, tapi kok enggak tapi butuh. Contoh terdekat, susu bayi. Morinaga dan Morinaga Platinum. Pemekaran horizontal dari jenis produk dan perusahaan yang sama. Target pasar jelas. Morinaga untuk Medium Class. Dan Morinaga Platinum untuk High Class. Bagaimana Low Class? Tentu tidak pilih kedua nya. Di sini Target pasar kecil kemungkinan untuk diperluas. (sudah agak segmented terlihat). Level 3. Tersier. Ini level paling berat. Level high class. Level ini sudah sangat segemented dan classified sekali. Yang kemungkinan memperluas target pasar sangat sangat tidak mungkin. Contoh nya, gak mungkin iPhone akan memperluas target pasar ke daerah terpencil, yang jangankan 3G, apalagi 4G. Apalagi ke daerah yang internet nya aja kayak saklar, on off.

 

Sekian pembahasan Toppers Edukasi minggu ini. Semoga berguna dan bisa menambah insight kakak-kakak seputar target pasar ya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya ya!

 

Leave a Reply