Toppers Edukasi: Fitur Admin

Bagi Toppers pengguna Gold Merchant, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan serta menjadi keuntungan selama berlangganan Gold Merchant, salah satunya ada fitur user management. User Management atau Pengaturan Admin adalah fitur yang dapat digunakan untuk menambah hingga maksimal 10 admin toko. Namun ada hal yang perlu diingat yaitu bahwa admin pada toko tidak berasal dari admin Tokopedia. Penjual wajib memilih sendiri orang untuk dijadikan admin pada tokonya.

Pada Toppers Edukasi hari ini terdapat beberapa pendapat mengenai fitur Pengaturan Admin seperti dibawah ini :

Apa itu fitur User Management atau Admin Toko? 

Fajar – Bekasi
#BantuJawab
User management adalah sebuah fitur yang memungkinkan sebuah toko dibuka oleh lebih dari satu akun/email. Biasanya fitur ini digunakan oleh pemilik toko yang sudah memiliki karyawan, dan karyawan tersebut diberi tanggung jawab untuk mengelola operasional toko Tokopedia tersebut.
Dengan fitur user management ini, pemilik toko bisa membatasi wewenang dari akun karyawannya seperti :
– Tidak bisa mengubah harga
– Tidak bisa menarik dana
– Tidak bisa melupakan dirinya
Intinya, user management ini membuat pemilik toko bisa melimpahkan operasional kepada karyawan tanpa takut ada penyelewengan dari karyawan tersebut.

Mirianto – Jakarta
#bantujawab User management adalah sebuah fitur untuk menambah admin yang bisa membantu mengurus toko kita. Jadi admin tersebut bisa mengupload produk, menerima & memproses orderan tapi tidak bisa menarik dana. Hitung-hitung bisa membantu kita & kita bisa fokus ke yang lain.

Rendy – Bekasi
#bantujawab user management adalah fitur untuk menambah user admin untuk toko jika penjual sudah kewalahan dan sudah ada karyawan (toko kita) untuk menangani akun toko di Tokopedia, daripada menggunakan akun utama rawan disalahgunakan oleh karyawan, misalnya mencairkan saldo ke rekening karyawan atau berbelanja pribadi. Bagi akun Gold Merchant bisa menambahkan satu user admin gratis, jika mau nambah user admin lagi bisa berlangganan 3 bulan Rp150.000.

Apa saja sih fungsi dari fitur User Management atau Admin Toko?

Herry – Jakarta
#bantujawab fitur admin membantu untuk meningkatkan operational efficiency. Pengusaha yang baik bisa melakukan delegasi tugas ke staff. Sehingga sang pengusaha bisa meluangkan waktunya melakukan business planning dan lainnya. Saat ini sistem sudah mendukung adanya delegasi tugas untuk order receiving, customer service, merchandising. Saat ini untuk UMKM fitur ini masih memadai, akan tetapi kedepannya saya harapkan fitur ini dapat ditingkatkan dengan melakukan lock etalase untuk merchandiser sehingga merchandiser hanya bisa melakukan perubahan pada etalase yang sudah di berikan kepada merchandiser tersebut dan tidak mengganggu staff merchandiser lainnya. Dengan kata lain merchandiser internal tidak saling sikut dan konsen dengan KPI (key performance indicator) masing masing. Juga menambah fitur untuk staff accounting dengan access yang berbeda dan fitur fitur accounting management.

Apa saja jenis hak akses yang ada di User Management?  

Menurut beberapa Toppers ada jenis-jenis hak akses yang dapat dibagi sesuai dengan kebutuhan kita. Hak akses tersebut dapat diatur pada bagian Pengaturan Admin. Akses yang berbeda tersebut meliputi : Admin Inbox, Admin Kelola Toko serta Admin Transaksi. Berikut pendapat mereka mengenai hak akses dan pembagiannya:

Amien – Jogja
#Bantujawab User Management adalah fitur berbayar untuk menambah max 10 admin toko, Admin toko bukan didalam admin Tokopedia, penjual bisa memiliki orang menjadi admin toko tersebut. Misal admin inbox hanya bisa kelola inbox, admin toko khusus kelola toko (mengubah, menghapus produk) admin transaksi mengelola transaksi seperti pesanan, masukkan resi dan sebagainya.

Lucy Indrawati – Bekasi

#bantujawab : user management adalah fitur untuk menambah admin untuk mengelola toko.
Fitur user management di Tokopedia, bisa sampai 10 admin dan masing-masing bisa dibatasi aksesnya sesuai kebutuhan.
1. admin untuk membalas inbox
2. admin untuk mengelola toko dan
3. admin untuk transaksi
biasanya fitur ini digunakan oleh toko yang sudah kewalahan untuk mengurus tokonya, dari menjawab pertanyaan, upload barang, update stock, maupun transaksi
dan membagi pekerjaan admin mengelola toko ke beberapa orang team/staff-nya. Detailnya bisa dibaca di : https://www.tokopedia.com/bantuan/217215466-pengaturan-admin-toko/.

Dodik Ariyanto – Bogor
#bantujawab
Fitur user management (pengaturan admin) merupakan salah satu fitur bagi yang sudah berlangganan GM untuk menambahkan Admin toko (maksimal 10 admin). Nah, admin itu sendiri merupakan pilihan si pemilik toko ya. Bukan berasal dari admin Tokopedia yang dulu sempet @Bang Dhuy tanyakan pas Nobar + Jabodetabek @ Megamendung.

Fitur ini sangat membantu karena bisa menambahkan admin yang bisa dibatasi hak aksesnya. Misal :
– Admin Inbox, yang cuma bisa mengakses halaman pesan dan bertugas untuk mengelola pesan dari pembeli.
– Admin Kelola Toko, dia bisa menambah, mengubah atau menghapus produk, etalase, dan membantu membentuk identitas toko.
– Admin Transaksi, yang satu ini bisa mengelola semua transaksi yang masuk, mulai dari memproses pesanan, menolak pesanan, atau memasukkan nomor resi pengiriman.

Jangan khawatir, admin toko TIDAK BISA melakukan penarikan dana yang ada di toko kita kok. Jadi aman.

Secara garis besar, Pengaturan Admin atau User Management merupakan fitur berbayar (Gold Merchant) yang dapat digunakan oleh penjual untuk menambahkan admin pada tokonya. Admin Toko ini juga memiliki beberapa akses tertentu seperti Admin Inbox, Admin Kelola Toko, Admin Transaksi. Semoga artikel diatas dapat membantu. Bisa juga baca artikel mengenai Admin Toko disini ya.

Leave a Reply