Toppers Edukasi: Video Produk

Dari mata turun ke hati“, seperti itu lah pengibaratan yang cocok menggambarkan bagaimana proses seorang calon pembeli mulai tertarik, melirik suatu barang hingga akhirnya ia memutuskan untuk membeli barang yang kita jual. Dengan terbatasnya dimensi interaksi kita dengan para calon pembeli, menyebabkan kita sebagai seller tidak bisa merayu pembeli untuk tertarik melihat bahkan membeli barang kita. Dengan kondisi seperti ini, kekuatan visual penggambaran produklah yang paling besar memberi pengaruh bagi calon pembeli sehingga ia memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Tidak hanya gambar, di Tokopedia kita bisa menggunakan video untuk memikat calon pembeli kita. Fitur upload video produk adalah salah satu keunggulan yang dapat ditemui oleh pelanggan Gold Merchant.

Bagaimana cara mendapatkan fitur ini? Berikut adalah sharingd ari anggota Top Community tentang bagaimana cara menggunakan video produk.

Sigid  – Batam
#bantujawab mudah lo cara pake fitur video produk. Dari menu tambah produk isi seperti biasa di bagian akhir setelah deskripsi produk. Tapi video yang kita buat harus dipublish di youtube dulu yah. Buka youtube bikin account untuk channel kita sendiri. Upload videonya, lalu setting publik. Nah copy URLnya tinggal paste deh di kolom masukkan URL video pada fitur video produk 😁

Arwand Lamanda – Klaten
#bantujawab
Cara memakai video produk bisa melalui aplikasi (TopSeller/Tokopedia) & via PC dengan memilih tambah video produk lalu salin URL (alamat pada YouTube) apabila URL sudah tersalin lalu pilih tambahan (maksimal 3 video) lalu selesai dan video produk meningkatkan penjualan karena calon konsumen bisa mengetahui tentang produk yang kita jual (cara penggunaan produk, cara instalasi produk, diskripsi produk, dll) sehingga calon konsumen merasa di bantu dengan video produk tersebut.

 

Jika sudah terpasang video di halaman deskripsi produk, apa saja kegunaannya?

Erma – Jakarta
#bantujawab video berguna sekali untuk menjelaskan product. Picture says a thousands words. Bahkan kami sekarang sudah bekerja sama dengan youtuber untuk melakukan review product kami.

Abdurrahim – Bandung
#bantujawab Perbedaan pasti ada, salah satunya lebih menarik dan profesional karena ada tambahan trust dengan keseriusan kita upload video produk.

Fajeri – Banjarmasin (tokopedia.com/oleholehbanjar)
#bantujawab fitur ini bagus banget untuk bantu mengankat penjualan agar customer lebih yakin. Saya sudah coba dan sangat bermanfaat dan fitur ini adalah privilage untuk yg memakai GM🤠👍

Sebaiknya video apa yang kita upload?

Jenis video yang bisa diupload oleh seller bisa beragam, bergantung dari kebutuhan seller dalam pemasaran produknya. Misalnya produknya adalah sebuah kamera digital, maka sebaiknya video yang diupload adalah video mengenai spesifikasi kamera secara detail, cara menggunakannya, serta hasil jepretan fotonya. Video produk bisa berbentuk beberapa macam seperti Video Review, Video Tutorial, Video Spesifikasi, dan Video Profile.

Bagaimana caranya supaya memiliki video produk yang menarik? 

Sebelum mengupload video produk, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan konsep videonya sebaik mungkin. Tips-tips membuat video produk yang baik bisa dibaca disini ya Toppers!

 

Leave a Reply