Toppers Edukasi

Pusat Resolusi merupakan sebuah platform bagi para penjual dan pembeli yang mengalami kendala dalam proses jual-belinya. Dan pada Pusat Resolusi terdapat Tokopedia yang bertindak sebagai penengah loh. Cara yang dapat dilakukan dalam menyampaikan pada Pusat Resolusi dapat dimulai dengan pembeli dapat menyampaikan kendala transaksi yang dialami. Selanjutnya penjual dapat menanggapi keluhan, memberikan penjelasan, dan menerima solusi atau menawarkan solusi baru. Jika diantara penjual dan pembeli menemui jalan penyelesainnya maka masalah dianggap selesai. Namun jika diantara penjual maupun pembeli tidak dapat menemukan solusi, maka Tokopedia menjadi pihak penengah bagi penyelesaian masalah antara penjual dan pembeli.

Berikut adalah pengalaman yang dimiliki dari segi pembeli maupun penjual dalam berurusan dengan Pusat Resolusi Tokopedia :

Fajeri – Banjarmasin
#bantujawab sebagai pembeli atau penjual sudah pernah masuk Pusat Resolusi,  tempat mencari solusi terbaik dengan melibatkan pihak Tokopedia sebagai penengah. Alhamdulillah selesai dengan baik walau pasti ada pihak yang harus mengalah tapi itu lebih baik daripada saling ngotot antara penjual dan pembeli, so far oke lah pusat resolusi.

Hendri – Palembang
Bantu jawab :

Pusat Resolusi merupakan sarana bagi penjual maupun pembeli Tokopedia untuk menyelesaikan kendala transaksi. Contohnya : pesananan belum sampai sampai batas waktu, pesanan rusak, kurang, ataupun tidak sesuai, sampai kendala mengenai ongkos kirim. Nah, di Pusat Resolusi inilah semua kendala-kendala tersebut dapat diselesaikan dengan lebih cepat, karena penjual dan pembeli tersebut bisa berdiskusi langsung untuk menemukan solusinya. Kalau pengalaman sebagai penjual sih belum pernah dan jangan pernah deh kalau bisa. Tapi pengalaman sebagai pembeli udah pernah sih, beli sepatu sport dengan ukuran beda-beda (kiri 42, kanan 41). Langsung di respon, namun harus kirimkan barang ke penjualnya dengan ongkir sendiri, terus kalau udah sampai penjual kirim balik ke alamat tujuan. Yaa, prosesnya 1 minggu deh

Effendi – Surabaya
Saya pernah di komplain customer dan masuk resolusi, awal nya si buyer menggebu-gebu dan merasa diatas angin akan memenangkan apa yang dia mau. Yaitu kembali uang. Namun sesuai dengan perjanjian awal, barang rusak akan diganti dengan cara barang rusak balik dulu, dan ongkir PP saya tanggung. Eh ternyata buyer tidak dapat melaksanakan hal tersebut sampai batas waktu Pusat Resolusi yang ditentukan, akhirnya. Barang tidak kembali dana penjualan saya pun cair. Tentunya dengan bantuan dari admin Pusat Resolusi. Buyer banyak alasan yang tidak sempet mengantar ke kurir dan lain-lain.

Chasyha – Bali
#bantujawab pernah banget urusan sama Pusat Resolusi karena buyer komplain warna katanya tidak sesuai dengan yang di foto. Di foto kuning terang. Sampai ke buyer kuning gelap padahal itu memang real picture. Hanya kan memang kita pakai lighting. Gontok-gontokan sama buyer yang ditengahi pihak Pusat Resolusi dan finally saya menang. Tapi dapat 1 bintang dengan bad comment.

Gerry – Jepara
#bantujawab
Pusat Resolusi ketika pembeli komplain sedangkan dia yang salah, alamat yang di tuju di sistem Jakarta, tapi pembeli bilang sudah pindah ke Bali, dengan alasan lupa ganti set alamat tujuan sedangkan paket sudah diantar ke alamat tujuan seperti sistem yaitu ke Jakarta.
Saya sebagai pembeli tidak mau tahu karena kita kirim sesuai alamat yang ada di sistem. Karena alamat dituju pembeli tidak ada jadi paket kembali ke penjual dan akhirnya pembeli mengajukan di Pusat Resolusi, setelah diskusi yang agak alot karena saya minta transfer uang ongkir dari Jepara ke Bali saya pun demikian, jika belum ada tambahan ongkir ke Bali saya pun tidak akan kirim paketnya, disini pusat resolusi sangat-sangat membantu saat terjadi kesalahpahaman antara penjual dengan pembeli , Tokopedia sangat membantu agar tidak ada yang merasa dirugikan antar penjualan dan pembeli.

Rico – Jepara
#bantujawab
Pengalaman masuk di Pusat Resolusi. Antara buyer dan seller bisa mendapat penengah atau mediator dari pihak Tokopedia. Ketika penjual mengirimkan barang dengan packing dobel agar aman di pengiriman, akan tetapi yang terjadi unpredictable. Sampai di lokasi ternyata ada kerusakan, disini pembeli mengajukan komplain pada pusat resolusi. Saya menawarkan solusi untuk memberi asuransi penggantian biaya kerusakan dan retur barang dengan ongkir 50:50. Dan itu tetap dimediasi lagi dengan bantuan mediator dari Tokopedia.
Masuk pusat resolusi intinya harus tenang, semua ada jalannya.

Putri – Depok
#bantujawab
sebagai seller
– tempat janjian refund karena sebagian barang tidak tersedia
– handle retur/salah alamat & pas ketemu buyer yang kooperatif jadi cepet kelar
sebagai buyer
– pernah beli squishy licensed, dikirimin yang fake. Seller lama responnya, dikasih deadline jam 17 sama admin buat respon, kalo tidak respon dana balik semua                                                                                – Eh jam 17:20 seller respon sekedarnya, boro-boro kasih solusi, & kecewa berat sama admin                     – dana malah ketahan lagi

Diana – Depok
#bantujawab
Posisi buyer :
Pernah beli produk order 12 tapi dikirim 10 pcs, sudah respon dari seller lama. Dijapri no respond. Akhirnya masuk ke resolusi. Pihak penjual minta foto produk yang diterima sudah diberikan tapi tetap mengelak. Dan minta bantuan admin Tokopedia. Dan yang sangat disayangkan pihak Tokopedia bukan memberikan solusi sudah terang-terang kurang yang diterima malah membela sellernya. Ya sudah mau ngotot juga percuma admin Tokopedia membela.
Posisi seller :
Customer pernah komplain untuk produk jam dinding wall-sticker, sebetulnya kesalahan dalam perjalanan hanya komplain minta ditukar. Oke lah ditukar tapi tetap dikasih review 3 bintang.

Mira – Depok
#bantujawab
Biasanya pusat resolusi itu tempat janjian sama buyer kalo ada salah satu barang pesanannya yang kosong dan mau direfund.
Selain itu juga kalo ada barang yang tidak sesuai yang buyer mau dan minta tukar, dibicarakan di pusat resolusi.
Sedihnya kalo buyer minta retur produk yang rusak dalam perjalan. Karena dari ketentuan kamarunik, barang yang rusak dalam perjalanan tidak bisa diganti. Yang bikin lama adalah ketika sudah klik tombol bantuan, dan admin Tokopedia minta buyer memberikan foto, tiba-tiba buyernya hilang. Kadang bertemu admin Tokopedia yang tidak begitu banyak membantu. Tetap menunggu jawaban dari buyer sedangkan buyer sudah tidak aktif. Tunggu berbulan-bulan tidak cair-cair duitnya
Ini bantujawab atau bantu curcol ya

Fahrudin
#bantujawab
sebagai seller
– tempat pengembalian cashback reseller karena berapapun bisa di proses tanpa ribet transfer beda bank
– tempat untuk mengembalikan jika ada kelebihan ongkir (customer bisa kirim bukti foto) tidak sempat cek resi satu per satu
– tempat untuk customer komplain jika ada masalah teknis pada order, karena malah ribet kalau via instant messaging. Bingung order yang mana? Barangnya apa? Di Pusat Resolusi nomor invoice-nya ada dan bisa di proses dengan cepat klaim dari customer, saya selalu mengarahkan komplain customer ke Pusat Resolusi :
– customer percaya karena saldo di hold sementara kalau belum clear
– seller juga bisa memantau invoice mana yang mengalami problem dan prosesnya sudah dimana?
Buatku intinya : Pusat Resolusi biasa aja dan tidak menakutkan, akrab malah, karena masuk Pusat Resolusi bukan berarti toko bermasalah, justru problem solved jika ada kendala.
sebagai buyer
– Beberapa kali masukin pembelian ke Pusat Resolusi, karena barang dikirim kurang.
Tipsnya:
Harus ada dokumentasi kemasan paket utuh,isi paket dll
Kalau kita benar dan bukti kuat, dikejar ke lubang semut pun pasti kita menang (minimal refund nilai barang)
Karena yang kita kejar itu toh hal yang kita sudah bayar, kalau sekedar komplain dengan kurang bukti, biasanya seller yang menang.

Ivan – Batam
#bantujawab lagi, pernah masuk resolusi ini, waktu itu saya jadi pembeli, ke penjual bantal karakter, sebenernya sih masalahnya simple, yaitu barang yang di kirim GX sesuai pesenan, pas aku tanyain penjual (setelah barang sampai dan belum aku close orderan tersebut) tiba-tiba aja di masukin ke ruang resolusi itu, jadi di sini Tokopedia menjadi pihak penengah, tidak memihak berbagai sisi, jadi menentukan solusi terbaik yang terjadi antara penjual dan pembeli, apabila terlihat kesalahan atau resiko pembeli maka ya itu tanggung jawab pembeli, kalau itu merupakan kerugian dari penjual ya harus ganti rugi ke pembeli. Nah kalau kasus yang saya alami kemaren itu dia bilang apabila stok kosong maka akan dikirim random, tetapi saya bersikukuh bahwa di sana tidak tertulis seperti itu, di sana tidak tertulis hal itu, dan pihak Tokopedia juga membenarkan hal tersebut. Dan akhirnya saya close order tersebut dengan sedikit kecewa. Udah terlihat sih di sini Tokopedia bakalan analisa kasus kita, dan memberi solusi terbaik.

Annisa – Kediri
#bantujawab
Alhamdulilah setahun belakangan tidak pernah ada produk yang di masukin Pusat Resolusi sama buyer. Paling hanya ambil kelebihan ongkir. Tapi dulu beberapa kali pernah dikomplain di Pusat Resolusi, baju kekecilan, minta tukar, padahal ya cuma 1 ukuran dan sudah jelas di tulis di deskripsi. Sering juga di komplain cuma karena barang telat sampainya.

Deny Wanada – Makassar
#bantujawab dulu pernah masuk pusat resolusi dikomplain ama pembeli pertama stok kurang rugi ongkir,ke 2 packing kurang aman jadi kena returan ongkir rugi, rating jelek plus kena ngomel juga. Tapi belajar dari kejadian ini lebih teliti sebelum mengirim.

Muhmmad Ario – Lampung

#bantujawab pusat resolusi adalah fitur yang membantu kita dan pembeli dalam masalah retur/pengembalian barang karena cacat atau rusak barang yang kita kirim di pusat resolusi kita juga bisa mengembalikan uang kelebihan ongkir ataupun ada barang yang kita kirim hanya sebagian.

Saya pernah berusan dengan pusat resolusi barang yang saya kirim di bilang cacat padahal cuman lecet dikit di belakang jam ada baret pembeli minta retur. Terlalu itu pembeli sengaja betul kayaknya akhirnya saya menang.

S. Dharma Kesuma– Lampung
#bantujawab Fitur Pusat Resolusi sangat membantu sekali bagi pembeli apabila terjadi transaksi yang berkaitan produk seller jual dimana komplain pembeli dapat disalurkan di Fitur Pusat Resolusi ini. Di Pusat Resolusi ada 2 opsi yaitu tinggal klik Komplain saya (selaku pembeli produk) dan komplain pembeli (buyer membeli produk ke seller). Permasalahan yang terjadi di laporkan di komplain yang diatas tadi.

Cuma, kelemahan fitur ini tidak tersedia tambahan buat penjual untuk komplain ke pembeli. Pada saat transaksi, pernah saya (selaku selller) mengalami selisih ongkir dengan pembeli cuma tidak bisa dilakukan di Pusat Resolusi. Mungkin ini bahan masukan buat Tokopedia agar menambahkan fitur komplain penjual #dimulaidaritokopedia

Semoga jawaban-jawaban diatas dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai Pusat Resolusi Tokopedia serta menambah tips dan trik dalam mengatasi masalah pada proses transaksi jual beli.

Leave a Reply