Toppers Edukasi

Umumnya penjual menggunakan teknik pemasaran untuk memasarkan produknya yaitu melalui cara offline maupun cara online. Semakin berkembangnya teknologi, banyak penjual yang lebih memfokuskan teknik pemasaran melalui cara online. Beragam cara pun dilakukan oleh para penjual dalam mengembangkan tekniknya. Salah satu pemasaran online yaitu dengan melalui Endorsement.  Para penjual yang berjualan melalui media sosial Instagram, tentunya sudah tidak asing dengan teknik endorsement ini. Endorsement merupakan salah satu teknik pemasaran dengan menggunakan artis untuk memberikan testimoninya terhadap barang yang kita perjual-belikan. Tingkat efektivitas dari teknik endorsement untuk beberapa produk pun dinilai sangat tinggi. Namun tidak untuk produk tertentu. Berikut adalah pendapat pada Toppers Edukasi hari ini mengenai efektivitas endorsement.

Amang – Banjarmasin

#bantujawab Sekarang endorse sudah tidak efektif seeperti dulu, karena sekarang buyer sadar itu adalah iklan yang dibuat.

Ayu – Banjarmasin

#bantujawab, closing dengan endorsement tergantung produk yang dijual. Cuman kalau untuk menaikkan rating kualitas produk sih OK. Jualan saya di Instagram pake teknik agar top post, ini kunci closing.

Erma – Jakarta

#bantujawab Endorsement sangat berperan dan berpengaruh kepada penjualan. Apalagi jika menggunakan artis untuk endorse nya. Tapi selain itu, pelayanan yang baik dan fast respon tetap jadi hal yang utama juga dalam melayani calon buyer supaya bisa closing. Sekian dari saya dan keluarga.

Arrahya – Depok

#bantujawab Saya pernah kak Endorse ke artis Kak Indri Giana. Pengaruhnya sedikit lebih banyak yang CLBK “chat lama beli kaga”. Tapi tetep nambah follower and ada yang closing juga kak.

Diana – Depok

#bantujawab pernah endorse nahyda_diyanah waktu itu untuk produk pasir magic kinetik. Lumayan closing banyak dan follower juga naik. Endorsement sangat berpengaruh sekali apalagi di media sosial Instagram. Karena untuk di Instagram media yang ditawarkan lebih ke tutorial penggunaan produknya. Selain kualitas foto yang bagus ya. Tapi kembali lagi pilah pilih dulu artis yang di endorse karena tidak semua artis yang kita endorse berpengaruh ke closing. Instagram banyak sekali artis endorse. Yang penting dilihat dulu dari commentnya dan kualitas fotonya ya.

Purnomo – Bandung

#bantujawab sama engga pernah endorse, cukup TopAds dan kalau di media sosisal cukup posting aja yang menarik.

Y Nurul Aisiyah – Malang

Pernah endorse Arham Rasyid / Arham Kendari waktu itu Endorse nya Sprei Waterproff produksi sendiri. Alhamdulillah lumayan efektif. Apalagi bang Arham kan penggemarnya juga banyak dari kalangan kaum hawa . Saya pernah diskusi dengan teman yang biasa endorse, jika produk wanita sebaiknya endorse ke laki-laki. Begitu pula sebaliknya . Tapi hasil riset ini tidak pakem juga sih. Mungkin tergantung target market kita.

Reni Ardianti Putri – Makassar

Selamat pagi selamat beraktifitas ini topik yang sangat luar biasa untuk diangkat saya mau kasih sedikit bocoran perusahaan cara endorsement lebih ampuh dari pada yang kita bayangkan faktanya contoh kasus perusahaan saya memilki sekitaran 5ribu produk barang yang tertimbun dan harus segera dipasarkan sebelum waktu expired untuk menjaga kestabilan harga barang harus laku tanpa ada namanya kata obral. Alhamdulilah distributor inti dengan sukarelawan endorsement artis dan selebgram alhasil kurang dari 2 minggu barang yang tersisa sisa 650 produk saja dan sekarang stok di saya habis sisa yang beredar dipasaran. Sensasi pesona dan kecantikan yang di endorse menghipnotis pembeli. Itulah tadi sedikit gambaran dari saya semoga bermanfaat.

Seperti penjelasan diatas, terdapat beberapa produk yang memiliki efektivitas tinggi dalam pemasarannya jika menggunakan teknik endorsement. Namun beberapa produk pun tidak sesuai atau bahkan sulit menggunakan teknik endorsement tersebut. Semoga artikel diatas dapat membantu serta menambah pengetahuan kita semua.

One response to “Toppers Edukasi”

  1. Style Gue says:

    #bantujawab Jujur saya masih baru bangat mulai Usaha saya dalam bidang Fashion khususnya pakaian Cowok dan apa mungkin saya menggunakan jasa Endors begitu untuk usaha saya yang masih bibit kecil dan ada yang mau share kira2 kisaran berapa biaya endors selebgram maupun artis?

Leave a Reply