Toppers Edukasi

Edisi Senin, 11 September 2017

Dalam satu rantai perdagangan, logistik memiliki peranan yang sangat penting. Sebagai seller, Toppers juga harus pandai dalam memiliki agen logistik mana yang akan dipercaya untuk mengirimkan produknya hingga tiba dengan selamat dan tepat waktu kepada pelanggannya.

Di Tokopedia sendiri, saat ini sudah ada 3 jenis pengiriman, yaitu pengiriman instan (instant courier), kargo, dan konvensional. Untuk melihat apa saja jenis agen yang masuk di dalam kategori tersebut, baca yuk di https://www.tokopedia.com/bantuan/217239726-cara-mengaktifkan-dukungan-agen-logistik/.

Kali ini Toppers Edukasi mendiskusikan hal-hal apa saja yang menjadikan pertimbangan seller dalam memilih suatu agen logistik. Hmm, kira-kira apa ya faktor yang mempengaruhi pilihan mereka? Yuk kita simak rangkuman diskusi tanggal 11 September 2017 ini.

Berbagai alasan pun menjadi latar belakang para seller dalam memilih agen pengiriman konvensional maupun agen pengiriman instant courier.

Berikut adalah beberapa jawaban terbaik para seller yang digunakan sebagai alasan dalam memilih agen pengiriman konvensional sebagai pilihannya dalam proses logistik.

Wulan – Balikpapan, Sigid – Batam, Ivan – Batam, Nurqi – Depok, Jargit – Depok, Purnomo – Bandung, Anas – Bandung, Irfan – Bandung, Erwin – Bandung

Lebih memilih agen pengiriman konvensional karena harga yang lebih murah (hal ini didukung dengan terdapat beberapa kategori pengiriman) serta jangkauan pengiriman yang lebih luas. Untuk kemudahan dalam mengirim produk dengan volume yang besar pun dapat dengan mudah digunakan. Selain itu terdapat pilihan berbagai promo serta kemudahan. Di sisi lainnya, terdapat beberapa agen pengiriman konvensional yang memiliki jam kerja selama 24 jam yang dapat membantu seller dalam mengirim barang. Dengan kemudahan agen-agen konvensional tersebut menjadikan suatu solving problem yang cepat tanggap. Agen konvensional  juga dianggap bisa memberikan kemudahan dalam men-track barang yang sudah dikirim.

Selain itu terdapat pula jawaban terbaik dalam memilih instant courier sebagai pilihan pelayanan logistiknya dalam proses jual-beli.

David – Depok, Fajar – Bekasi, Putri – Depok, Bowindustries – Depok

Pelayanan ini sangat cocok untuk buyer yang membutuhkan barang secara cepat dan terdapat di satu area namun tidak memakan biaya pengirimannya yang mahal. Bagi seller, jenis pengiriman ini cocok untuk mengirim barang yang tidak mudah tahan lama (seperti frozen food) dan menjadi pilihan yang tepat bagi seller yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah banyak, berat, maupun volume besar, namun tidak memakan biaya pengiriman terlalu mahal.

Terdapat beberapa kelebihan pada tiap agen pengiriman yang membuat para seller memilih atau pun tidak memilih jenis agen pengiriman tertentu. Semoga artikel diatas dapat membantu Toppers untuk lebih bijak dalam memilh agen pengiriman yang akan dipakai di tokonya ya!

 

 

 

 

Leave a Reply