Toppers Edukasi

Beragam cara dilakukan oleh seller agar identitas tokonya terlihat berbeda serta unik dari seller lainnya. Dari mulai barang yang dijual, tampilan produk pada website, tampilan produk pada media sosial hingga pengemasan barang yang akan dikirim kepada buyer.

Dalam hal pengemasan atau packaging pun, seller dapat melakukan beragam cara agar terlihat unik dan berbeda dari seller lainnya. Dimulai dengan menggunakan kertas warna tertentu sebagai packaging, memberikan stiker berupa logo toko pada paket barang yang dipesan, menggunakan lakban/aksesoris resmi lainnya dari Tokopedia atau bahkan memberikan bonus berupa gantungan kunci ataupun  ataupun. Hal-hal tersebut dapat membuat buyer bisa terus mengingat toko kita serta dapat pula melakukan repeat order loh.  Berikut adalah saran yang diberikan pada #TanyaToped mengenai pengemasan barang.

Amang – Banjarmasin
#bantujawab Kebiasaan unik atau ciri khas seller seperti kasih bonus gantungan kunci atau pernak pernik yang selalu dibawa orang biar buyer selalu ingat toko kita 😁

Fajeri – Banjarmasin
#bantujawab menurut saya kalau untungnya besar boleh kita buat packing yang khusus tapi kalau mepet ya yang biasa aja asal rapi dan aman, bisa ditambah logo pada label alamat, jangan lupa pakai lakban Tokopedia biar membedakan kita dengan seller biasa 🤗

Agung – Banjarmasin
#BantuJawab kalau nilai lebih dari toko saya miliki adalah packing yg aman, karena saya melapisi paket dengan busa tebal, terutama barang barang yang rentan pecah, dan nilai lebih lainnya memakai lakban dari tokopedia, agak keliatan gimana gitu paketnya.

Devi Maria – Jakarta
#bantujawab
Packing pakai logo toko sangat membantu dalam penilaian, toko terkesan lebih profesional. Contohnya:

Source : Seller Top Community

 

Qory Hamdiny – Jakarta
#bantujawab
Teknik free gift di beberapa produk sangat membantu untuk menarik pembeli. Akan sangat berpengaruh pembeli dalam memilih produk dengan ditambah bonus-bonus menarik.

Linda – Aceh
#bantujawab, Biasanya yang sudah-sudah saya order barang secara online penilaian saya terhadap toko dengan nilai lebih karena packagingnya yang rapi dan aman.

Ivan –  Batam
#bantujawab kalo aku sih buat menarik pelanggan dan biar pelanggan pada betah, kita kasih servis yang bagus kak, pengiriman kalau customer minta oke kita kirim reguler, kalau minta reguler yah kita kirim YES, kalau minta YES yah tetep YES. selain itu kita juga deketin customer juga, mengakrab-kan gitu. biar mereka betah hehehe

Purnomo – Bandung
#bantujawab yang jelas brand, keunikan dan kreativitas.

Falah – Bandung
#bantujawab
Saat ada diskusi & pesan sambut pembeli dengan menyebut nama mereka agar merasa dihargai dan ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke toko kita (sebutkan nama tokonya) agar mereka selalu ingat. Jika ada hal yang salah atau barang sedang kosong awali dengan permohonan maaf, dan ingatkan pembeli jika ada promosi.
Packaging jangan lupa menggunakan lakban Tokopedia, tempelkan stiker yang tertera nama/logo toko. Sertakan katalog jika ada dan print invoice pembeliannya. Hatur nuhun.
#TipsMantan

Dirgantara – Bandung
#bantujawab kebiasaan sederhana pertama dari cara komunikasi dengan calon buyer, ajak calon buyer untuk diskusi tentang wawasan produk dengan bahasa dan cara komunikasi yang gak kaku. Nah kebetulan kalo packaging udah wajib banget pake logo toko, tidak cuma itu dari jenis packaging-nya yang kreatif dan packaging-nya yang bisa di manfaatkan kembali, contoh: box, tas, botol, dan sebagainya. Lebih bagus lagi ditambahi hang-tag atau semacan pesan atau surat khusus ucapan terimakasih langsung dari seller. Itu bisa jadi nilai lebih dan buyer akan merasa di prioritaskan (puas/satisfied).

Alvin – Cilacap
Kalo aku saat ini sih membuat Customers itu merasa seperti “teman dekat” kita sendiri, ramah, fast respon. Sebelumnya pernah memakai plastik sablon logo toko, namun sudah habis. Dan akan beralih ke packaging menggunakan box. Doakan yaa.

Irma Haryani – Bandung
#bantujawab dikasih souvenir/bonus (dimasukkan ke dalam paket) jika persediaan bonus masih ada.

Yanto – Pekanbaru
#bantujawab Hal yang membuat seller memiliki nilai lbih dr seller lainnya:

1.Kemasan/packaging yang unik, misalnya adanya logo toko, kertas packaging khusus, bonus wrapping untuk item tertentu, dll
2.Cantumkan foto produk dengan cara yang berbeda,misalnya dengan templete tertentu atau watermark
3.Deskripsi produk dengan jelas serta detail dan jika memungkinkan ditambahkan dengan tutorial video
4.Memberikan garansi/jaminan produk kualitas barang
5.Memberikan bonus2 tertentu,sperti sourvenir, tanda terima kasih yang lainnya ataupun sesuatu yang membuat customer terkesan.
4.Menggunakan figur di tokopedia spt gold merchant,cover toko, fitur cash back,returnable dll yg memberikan kenyakinan kepada pembeli.
5.Selalu menjaga reputasi toko dengan baik serta selalu memperhatikan indikator pemenuhan pesanan,kualitas dan akurasi produk,respon toko dan tingkat komplain
6.Penataan produk di etalase juga penting, agar mempermudah buyer dalam memilih produk

Mungkin ada yg bisa menambahkan.
Terima kasih
Yanto

Johan – Malang
#bantujawab
Pake material gratisan dari Tokopedia.
Lakban, stiker. Sembari tunggu di kasih paper bag, kardus packing bilamana berkenan dari bmd

Dina Sri Agustin– Malang
Dapat banyak manfaat :
Branding Tokopedia
Branding toko
Beda dari packingan online shop kebanyakan , terkesan lebih kereeeennnn 😆😜

Nia Harimurti– Malang
#bantujawab
Menjawab inbox / diskusi customer dengan cepat, ramah (pakai emoticon 😁), jelas dan tata bahasa yang baik

S. Dharma Kesuma– Lampung
#bantujawab Packing barang sesuatu pekerjaan yang menarik. Pada saat packing ada saat menggunakan kertas kado buat sampul pakingan khusus mainan kereta2 an (agak besar) walau bagian dalam sudah dibuat aman. Packing lainnya ummunya menggunakan kardus tebal yang aman. Agar membuat paking menarik diberi lakban Tokopedia dan stiker Tokopedia selain stiker fragile yg diberikan pihak ekpedisi. Hasil akhir paking akan terlihat menarik dan berbeda dengan pakingan lain di ekpedisi pengiriman.

Deny Wanada– Makassar
#bantujawab
Boleh juga diselipin dengan kartu nama,besar kemungkinan buyer belanja dengan kita kembali
Atau bisa juga memberi gift berupa souvenir dengan pembelanjaan tertentu,akan menarik buyer membeli lagi

Kalo saya yang penting pelayanan terbaik buat konsumen 😉

Rully Iswanto – Makassar
#bantujawab
Klo saya biasanya pastikan bukti pembayaran di print dan diselipkan ke produk. Terus desain label pengiriman sendiri yg ada nama toko.

Semoga jawaban diatas dapat menjadi inspirasi dalam memperbaharui identitas toko menjadi lebih unik serta kreatif.

Comments are closed.