Toppers Edukasi

Ada waktunya dimana seller tidak dapat mengirimkan produk yang sudah masuk ke orderan tepat waktunya. Kendala yang terjadi biasanya seperti seller yang sedang sakit. Nah ketika seller sedang sakit dan seller belum mempunyai karyawan yang bisa membantu. Hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Bisa dengan melalui sistem yang tersedia pada Tokopedia yaitu dengan fitur “Tutup Toko” ataupun melalui bantuan seller lain menjadi dropshipper ataupun bantuan anggota keluarga.

Dari Toppers edukasi hari ini, terdapat beberapa sharing dari kakak-kakak nih seputar solusi yang dapat digunakan ketika menghadapi masalah tidak dapat mengirimkan orderan tepat waktu.

Yusep – Palembang

#bantujawab bisa menggunakan fitur yang ada di Toped jika sedang tidak bisa aktif di toko misal sedang sakit yaitu fitur tutup toko tanpa harus mengkhawatirkan reputasi toko jika ada orderan tapi tidak bisa terproses. Apabila sudah terlanjur, seller dapat memanfaatkan waktu tenggang pengiriman selama 4 hari namun harus tetap aktif berkomunikasi dengan buyer.

Fajeri – Banjarmasin, Agung – Banjarmasin, YADI – Jakarta,  Ivan – Batam, Rika – Bandung, Ari Yuniati – Bekasi, Batam – Sigid,

 

Masalah ini dapat ditangani dengan menjadi dropshipper bagi seller lain. Hal ini bisa dilakukan jika produk yang dijual bukan produk-produk spesifik yang hanya dijual oleh seller tertentu (Seperti kerajinan tangan) atau bahkan dengan meminta bantuan Top Community lain untuk membantu menggantikan peran seller yang berhalangan namun tetap membagi profit secara adil.

Stephen – Palembang, Anas – Jepara, Ajie – Palembang, Iman – Banjarmasin,  Jauhari – Balikpapan, Farly Frengky – Balikpapan, Amru – Aceh , Wulan – Batam,

Meminta bantuin jasa kurir untuk picking up ke rumah karena sekarang sudah banyak jasa kurir yang menawarkan jasa jemput barang di rumah bahkan untuk meminta bantuan masalah packing atau bahkan menggunakan GoSend, GrabParcel atau Ninja Express, selain itu tidak disarankan pula untuk memasukkan resi palsu karena hal dapat mengurangi point pada reputasi toko seller.

LUCKITO ANDHI NUGROHO – Jepara, Michael – Jakarta, Elsha – Jakarta

Bisa meminta bantuan rekan ataupun keluarga untuk masalah packing dan mengirimkan paketnya ataupun meminta bantuan rekan atau keluarga untuk pickup barang ditempat kita.

Heny Patty – Balikpapan, Noor Milah– Balikpapan,  Yanto – Pekanbaru, Alvin – Cilacap, Febrianti – Malang,

#bantujawab mengkomunikasikan dengan customer dengan sebaik-baiknya walaupun mungkin merugikan customer dari sisi waktu, dan menginformasikan secara personal ke customer bahwa terjadi keterlambatan dalam menerima barang. Mungkin dengan adanya komunikasi customer bisa paham dan mengerti dengan kondisi yang terjadi

Armi indrayun – Makassar, Deny Wanada – Makassar

#bantujawab seharusnya dapat mengaktifkan fitur preorder yang bisa diatur sesuai waktu pengiriman yang diinginkan, tetapi jika kondisinya urgent atau tiba-tiba sakit, seller dapat menjelaskan kepada customer kondisi sebenarnya melalui pesan bahwa barang dapat di proses dan dikirim tetapi membutuhkan waktu tambahan. Jika customer bersedia untuk dibatalkan transaksi dan melakukan transaksi ulang, sehingga kedua belah pihak tetap dapat bertransaksi dengan puas dan nyaman.

Banyak sekali ya solusi yang dapat dilakukan oleh seller ketika menghadapi masalah karena tidak dapat mengirimkan orderan tepat waktu. Semoga Toppers Edukasi hari ini dapat menjadi referensi bagi para seller ya dalam menghadapi masalah serupa.

One response to “Toppers Edukasi”

  1. Lela says:

    Selamat pagi…
    Mau nanya donk sy ada kendala pengiriman menggunakan grab someday kemaren grab pagi kurir nya datang tapi karena barangnya makanan asinan sayur dia ga mau angkut katanya takut rusak trus dia mengcancel pesanan dan katanya pihak tokopedia akan mengganti kurir secara otomatis dari gojek gosend. Tapi kok sampe sekarang 09.28 status masih cancel blom berubah. Gimana solusinya ini yah bisa ada yang bantu? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *