NOBAR ONLINE APRIL – Ingin Transaksi Aman dan Nyaman? Kenali Lebih Dekat Logistik Pengiriman

Pada tanggal 18 April 2017 kemarin di grup telegram Top Community Indonesia telah diadakan Nongkrong Bareng (NoBar) Online. Acara NoBar yang dikemas dengan tema “Ingin Transaksi Aman dan Nyaman? Kenali Lebih Dekat Logistik Pengiriman” ini menghadirkan para anggota tim Logistik Tokopedia yang dipimpin oleh kak Arthur.

Pada pukul 19.00 WIB NoBar Online dimulai dengan memperkenalkan Top Guest ke para Top Community serta membacakan peraturan selama mengikuti NoBar. Setelah itu diskusi pun dimulai. Dari interaksi yang ada, terlihat Top Community sangat menunggu-nunggu tema logistik ini. Para peserta NoBar sangat pro-aktif dalam berdiskusi. Selain bertanya kepada Top Guest, peserta NoBar juga sangat apresiatif terhadap jawaban-jawaban dari tim Logistik. Beberapa peserta mengaku sangat terbantu oleh jawaban-jawaban seputar isu logistik yang pernah menjadi kendalanya.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai logistik di Tokopedia namun belum berkesempatan mengikuti NoBar Online bulan April, Anda bisa membaca ringkasan pertanyaan dan jawaban NoBar bulan April di bawah ini:

Pertanyaan: 1.) Kapan GoSend mulai diterapkan di kota Medan? 2.) Bagaimana penerapan GoSend jika kita sebagai dropshipper ? (kak Welly dan Kak Fifi di Medan)

Jawaban: 1.) Untuk GoSend sudah masuk roadmap kami, dan dari pihak Gojek pun juga sudah berdiskusi dengan kita untuk penambahan jangkauan kota. Kita juga udah tidak sabar untuk menjangkau teman-teman sekalian kok, namun memang diperlukan proses supaya bisa reliable. Mohon ditunggu ya. 2.) Untuk sistem on-demand/ pickup, masih belum memungkinkan untuk dropshipper melakukan pengiriman. Hal ini dikarenakan sistemnya adalah per invoice untuk konfirmasi pemesanan harus klik tombol pickup. Sehingga, akibatnya nanti driver akan datang ke pihak dropshipper tapi tidak ada barang yang di-pickup, sehingga nantinya transaksi akan gagal.

Pertanyaan:  1.) Kenapa PT Pos selalu ada biaya variabel yang berubah-ubah. Selain itu dasar perhitungannya per 100 gram, sehingga banyak seller baru yang kebingungan dengan dasar perhitungan PT Pos. Bisa dijelaskan kelipatan perhitungan pos , dan kenapa timbul biaya tambahan berupa beberapa ratus rupiah ketika mengirimkan barang di Pos ? Jika saya bilang dari marketplace maka biaya tambahan itu bisa dihapuskan menjadi nol di beberapa cabang PT. Pos yang besar. Mohon dijelaskan karena sampai saat ini kami masih bingung meskipun bisa memanfaatkan biaya 5.000 di Tokopedia . 2.) (Terdapat pengiriman) barang-barang ilegal yang berupa cairan lebih dari 1 kg sehingga tidak lolos di bandara Soekarno-Hatta yang akan dikirimkan ke Medan / sekitarnya (luar pulau ), misalnya madu kemasan 2 kg. Solusi dari ekspedisi adalah (dikirim) melalui jalan darat , biasaya PT Pos / Herona. Bisakah ini menjadi PR ke depan untuk bagian ekspedisi di tokopedia ? Karena permintaan diluar pulau cukup besar atau kah memang sudah ada ? Di jasa ekspedisi brand apakah yang sudah support itu di Tokopedia ? Terima kasih. (kak Erwin di Semarang)

Jawaban: 1.) Berikut penjelasan perihal perhitungan berat untuk service Pos Indonesia : 100 Gram tarif 85%. 250 Gram tarif 90%. 500 Gram tarif 90%. 1500 Gram tarif 150%. 2000 Gram tarif 200%. Jika terjadi perbedaan tarif dengan yang muncul di Tokopedia silahkan diinformasikan kepada kami, agar dapat kami report kepada pihak Pos Indonesia pusat. 2. Untuk pengiriman liquid saat ini kami sedang mencari untuk service logistik yang dapat mendukung pengiriman jenis tersebut, dan saat ini sedang dalam tahap beta testing dengan kami. Mohon ditunggu update selanjutnya ya 🙂

Pertanyaan:  1.) Saya sering menemui masalah perbedaan ongkir pada logistik Pos, di Pos nya lebih mahal dari ongkir yang ada di sistem Tokopedianya, jadi saya sering nombok walau tidak banyak, padahal total berat aslinya saat ditimbang di Pos malah lebih ringan daripada berat yang ada di Tokopedia, mengapa itu bisa terjadi? Bagaimana solusinya supaya tidak nombok lagi kak? 2.) Untuk logistik Wahana, saya bingung mau mengaktifkan atau tidak, ongkir memang murah tapi sampainya lama dan kuatirnya malah tidak sampai, dan customer banyak yang suka pakai Wahana karena murah, tapi saya juga kasihan kalau nantinya barang tidak sampai. Mohon solusinya ya kak, makasih 🙂 (Kak Diona di Yogyakarta)

Jawaban: 1.) Untuk harga service Pos Indonesia di Tokopedia kami selalu memperoleh update dari pihak Pos Indonesia pusat, sehingga jika ada perbedaan harga antara agen & Tokopedia mohon bantuannya untuk diinformasikan kepada kami agar dapat kami laporkan kepada pihak Pos Indonesia ya kak 🙂 2.) Terima kasih untuk sharingnya Kak Diona! Masing-masing logistik partner memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Karena alasan ini jugalah kami bekerja keras untuk terus menambah dan memperbaiki opsi logistik partner di Tokopedia; yakni untuk memenuhi semua kebutuhan seller dan buyer di Tokopedia 🙂

Pertanyaan: Logistik adalah bagian dari pelayanan ke customer. Untuk meningkatkan penjualan tentu saja pelayanan ke customer harus lebih ditingkatakan. Tidak sedikit dari customer yang komplain atas pelayanan logistik, yang paling sering kami temukan adalah estimasi waktu produk sampai ke customer. Sementara untuk pengiriman dan estimasi waktu adalah kebijakan dari pihak ketiga. Pertanyaan kami adalah bagaimana cara handling complain customer atas ketidaktepatan waktu sampainya barang? (kak Muhammad Taufik di Makassar)

Jawaban: Setuju kak! Kami pun juga akan selalu membantu supaya pengiriman di Tokopedia bisa selalu reliable hingga ke tangan customer, jangan ragu untuk menginformasikannya kepada kami. Sebagai informasi, kami juga setiap harinya melakukan follow up kepada pihak logistik untuk setiap pengiriman yang sudah melewati service level agreement yang sudah di tetapkan Hal yang dapat saya sarankan adalah apabila terjadi keterlambatan dari pihak logistik: 1. Lakukan konfirmasi kepada pihak logistik / Tokopedia, apa yang menyebabkan pengiriman tersebut terlambat 2. Berikan informasi secara berkala kepada buyer mengenai alasan tersebut.

Pertanyaan: 1.) Gimana sih caranya ngatur waktu buat nunggu Gojek? Ya belakangan ini sistem gojek lagi kacau kan (sampai saya matikan, padahal banyak user yang suka) sedangkan saya tidak bisa selalu menunggu Gojek yang datangnya bisa 4-5 jam untuk pickup barang belum lagi buyer yang ngomel2 terus tanya kapan dikirim dan sampai kapan pihak Tokopedia memperbaiki sistem tersebut? 2.) Ada gak sih tips mengatur pesanan yang membludak dalam satu hari lalu bisa dikirimkan di hari itu juga? Sering ngelihat para top seller selalu mengirimkan barang di keesokan harinya, menurut saya itu bikin kualitas seller jelek 3.) Belakangan ini ekspedisi ketat dalam pengiriman baterai laptop maupun handphone, lalu ekspedisi apa yang bisa dengan aman mengirim produk tsb dan bisa lintas pulau? 4.) Dan yang terakhir saran aja sih bisa gak pihak Tokopedia membuat artikel atau sarana untuk mengedukasi logistik pengiriman yang didukung oleh Tokopedia untuk para buyer, banyak banget buyer yang cuma milih harga murah aja, giliran ada kendala pengiriman seller yang disalahkan hehe 🙂 (Risky Wijaya di Jakarta)

Jawaban: 1. Pertama-tama, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk Gojek sendiri, SLA nya adalah 3 jam untuk pickup (setelah klik pickup-di pickup) dan 3 jam untuk delivery (semenjak pickup-delivered ke buyer). Menurut data kami, rata-rata semua dibawah 3 jam, apabila memang ditemukan kasus pickup / pengiriman melebihi batas waktu tersebut, mohon di laporkan kepada kami. 2. Tips nya mungkin lebih tepatnya diberikan oleh teman-teman seller nih. hahaha. Kalau dari kami tips nya adalah melakukan pengiriman secara berkala. Misalkan ada 2 kali proses pengiriman dalam sehari. Sehingga tidak menumpuk di sore harinya. 3. Untuk sementara memang untuk produk DG sedang sulit dilakukan pengiriman, mengacu kepada peraturan pemerintah yang mengutamakan keselamatan para penumpang pesawat (karena akan dibawa lewat pesawat untuk pengiriman express). Maka dari itu kami sedang mempersiapakn 1 logistik yang memang sedang dalam proses testing yang memungkinkan pengiriman liquid ataupun DG dengan aman. Mohon ditunggu ya 🙂 4. Bisa banget. Itu sedang work in progress juga kok, untuk buyer ataupun seller. Ditunggu ya kak! Thank you 🙂

Pertanyaan: Mengapa kurir biasa tidak bisa diubah menjadi kurir pickup? Dan saran kedepannya ketika ganti kurir, dan ternyata salah input, edit resi bisa sekaligus mengganti kurir juga. Sekalian jika memang ada resi yang tidak valid padahal sudah benar, Tokopedia bisa membantu menjembatani pihak kurir karena seringkali pihak kurir sangat sulit untuk dihubungi.

Jawaban: Hal ini disebabkan karena perbedaan sistem antara kurir conventional dan kurir on demand (pickup). Untuk saat ini hanya bisa di lakukan dari on demand (pickup) ke conventional saja. Terima kasih atas sarannya, apabila memang resi nya typo atau tidak tepat, bisa langsung dilakukan pergantian nomor resi kok kak. Sehingga semestinya hal tersebut tidak akan mengganggu pengiriman kak Elsa.

Pertanyaan: Saat ini aku hanya menggunakan logistik reguler sebab jika menggunakan YES aku suka ketinggalan karena barang dipick up sebelum makan siang di daerah saya. Sementara aku kerja jadi hanya bisa mengirimkan pada saat sore. Bagaimana ya agar pembeli tidak ragu membeli di toko aku? Sementara option logistik hanya reguler saja? Kemudian untuk menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai logistik bagaimana ya? Terimakasih ya. (Kak Irma Haryani di Bandung)

Jawaban: Wah inspiratif sekali nih kak Irma, tidak banyak loh orang yang bekerja tapi tetap memiliki spirit untuk berwirausaha! 😀 Saran saya adalah bagaimana kita bisa memanage ekspektasi juga dari calon konsumen kita. Apabila tidak memungkinkan untuk memenuhi pengiriman YES, tidak salah kok cuman mengaktifkan pengiriman Reguler saja. Jangan lupa juga informasikan di toko kakak, kalau memang pengiriman akan di lakukan pada sore hari, sehingga mengurangi pembeli yang nanya-nanya mulu. Kak Irma bisa lakukan cara lain supaya pembeli tidak ragu beli barang di toko kakak. Selain dari foto produk dan harga yang kompetitif, pastikan setiap kali melakukan pengiriman semua barang di packing dengan baik dan rapih. Sertakan “gimmick” apabila memungkinkan, seperti : Thank you card, souvenir kecil, dll. Ini merupakan trik-trik yang bisa dipakai supaya pembeli bisa lebih puas berbelanjanya. Jangan lupa, setiap barang kalau bisa memang di kirimkan secepatnya, jangan sampai terlewat.

Pertanyaan: Kenapa Tokopedia menonaktifkan layanan Paket Pos Biasa dari Pos Indonesia? Alasannya apa? Padahal di web dan di lapangan saya masih tetap bisa kirim pake Paket Pos Biasa. Karna untuk buyer di pelosok daerah sangat terbantu dengan layanan ini, walopun terbilang lama sampenya. (Kak Annisa Awwaliah di Kediri)

Jawaban: Hallo Kak Annisa Untuk service Paket Pos Biasa kami telah mendapatkan pemberitahuan resmi dari pihak Pos Indonesia pusat dimana untuk Paket Pos tersebut telah dinon aktifkan dikarenakan service tersebut adalah paket subsidi, sehingga tarif yang diberlakukan nantinya akan ada perbedaan & akan ada mapping baru yang sedang diproses oleh pihak Pos Indonesia. Oleh karena itu untuk pihak Pos ingin melakukan re-branding terhadap service paket ini terutama untuk mapping shippingnya agar tidak over SLA.

Pertanyaan:1.) Biaya tambahan sebenarnya untuk apa dan perlu dimasukkan atau tidak? Kenapa hanya JNE, TIKI dan POS yang ada biaya tambahan? 2.) Di mata customer banyaknya tersedia jasa pengiriman mungkin baik dan bagus jadi mereka lebih bebas memilih tapi di mata seller sebenarnya rugi apabila bila jauh tempatnya (rugi di transport duluan). Jika tidak ada jasa yang bekerja sama dengan Tokopedia bagaimana solusinya? Apakah boleh ganti kurir lain contoh: untuk kirim ke luar kota kan ada jasa kirim via bus yang lebih murah. Thanks. (Kak Viryanti di Bogor )

Jawaban: 1.) Kolom biaya tambahan hanya muncul pada service JNE, TIKI, dan Pos Indonesia dikarenakan pada logistik ini memiliki biaya administrasi pada beberapa agennya, untuk biaya tambahan silakan dimasukkan jika ada biaya administrasi pada agen yang biasa anda kunjungi. 2.) Untuk pilihan kurir kami menyarankan untuk menggunakan pilihan logistik yang telah tersedia di Tokopedia, dimana hal ini untuk menghindari order hold dikarenakan tracking invalid (jika menggunakan kurir di luar Tokopedia).

Pertanyaan: Apakah kinerja dari kurir logistik yang terdaftar di Tokopedia direview? Karena kok sampai komplain bermunculan masalah logistik tapi tetap berlanjut saja kurir yang bermasalah? Ada baiknya ditinjau kalu perlu dihentikan layanannya di Tokopedia karena akan memberikan nama buruk bagi Tokopedia umumnya dan seller pribadi pada khususnya. (X-Sist Computer di Purwokerto)

Jawaban: Hallo X-Sist Computer Untuk setiap logistik di Tokopedia setiap bulan selalu kami review performancenya berdasarkan kesanggupan logistik tersebut memenuhi service level agreement yang sudah di setujui Tokopedia dan pihak logistik. Apabila performa dari logistik tersebut buruk dan tidak dapat memperbaikinya, kami akan tindak dengan tegas dan berkemungkinan untuk menonaktifkan layanan tersebut. Hal yang kami selalu utamakan adalah user experience dari buyer dan juga seller seperti kakak sendiri. Mohon dibantu untuk dilaporkan saja via ketua kelas ataupun tim Community Development kami, apabila memang ada kasus-kasus dari pihak logistik tertentu.

Pertanyaan: 1.) Seringkali ada permintaan kiriman dalam jumlah besar (hitungan koli), jika menggunakan Wahana/JNE/Pos masih terhitung mahal, jika orderan tsb kita alihkan dengan kurir Elteha / IndahCargo / Herona / Lionparcell, resi nya bisa kita klaim ke Tokopedia tidak untuk pencairan dana? 2.) Untuk pengiriman via JNE, untuk jenis tarif JTR bisa ditracking / diklaim tidak? 3.) Setip produk di toko saya wajibkan asuransi, settingan sudah saya centang smw, tapi setiap kali kirim paket via JNE/Wahana/J&T kenapa di CS masih ditanyakan “pakai asuransi tidak mbak? Jika pake asuransi tambahan biayanya….”, jadi bingung saya, sebenarnya yang bayar nilai asuransinya buyer (pas waktu checkout) atau seller (pas di drop point logistik) ya? 4.) Untuk memaksimalkan image toko di Tokopedia, apa gak sebaiknya dibuatkan 2 review ( untuk seller & logistik), sehingga buyer bisa memberikan penilaian yg berbeda, jadi jika paket yg dikirim seller ada kerusakan, buyer review nya ke logistik, jadi sebagai acuan buat logistik untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Dan hal ini akan sangat membantu seller, karena tidak ada review komplain yang jelek, lumayan lah ya bisa tetap jaga image toko si seller hehehe 🙂

Jawaban: Hallo Kak Elly, 1.) Sebagai informasi, sekarang ini Tokopedia sudah bekerja sama dengan REX untuk pengiriman dalam jumlah besar yang dimana tarifnya adalah Rp 2.000/kg, dengan minimal pengiriman 10kg. Namun memang untuk sekarang ini, pengiriman baru bisa dilakukan dari kota Jakarta saja. Untuk pengiriman dengan resi lain, apabila memang ada bukti fisik resi, dan ada pemberitahukan kepada pembeli terlebih dahulu, itu nanti bisa di laporkan ke CS Tokopedia. Metode ini sebenarnya kami tidak sarankan untuk terlalu sering di gunakan, karena akan membuat proses transaksi Anda lebih memakan waktu. 2.) Jawabannya mirip seperti yang di atas ya kak. 3.) Yang membayarkan di drop point logistik adalah seller yang mengirimkan barang, Kak. Namun memang biaya tersebut seluruhnya akan digantikan oleh buyer yang sudah membayarkan via platform Tokopedia. Sehingga nanti pada saat transaksi sudah selesai, dana yang diteruskan adalah ongkos kirim + asuransi (apabila buyer memilih opsi asuransi) 4.) Terima kasih atas masukkannya ya kak Elly. Hal ini akan kami coba diskusikan bersama tim terlebih dahulu. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, baik dari sisi user experience, tingkat efektifitasnya dan apakah ada alternatif lain yang lebih efektif.

Pertanyaan: 1.) Kalau kita ngirim produk tertentu misalnya HP, kan di JNE harus periksa fisik, sedangkan kita udah packing cantik untuk produk kita, eh pas meriksa abang JNEnya ngebuka packingan seenaknya , dan packingan setelah diperiksa jadi ga karuan terkesan asal-asalan dan bisa berdampak negatif di mata buyer yang menerima barang, bagaimana solusi terbaiknya? 2.) Misalnya ada orang dalam 1 hari order 2 pesanan dengan alamat yang sama namun dalam transaksi yang berbeda di toko yang sama , apakah packingan harus dibedakan atau disatukan saja? Bisakah di Tokopedia input resi yang sama? Terimakasih. ( dari Kak Muhammad Rihan Gilang di Jakarta)

Jawaban: Hallo kak Rihan, 1.) Untuk case tersebut saran kami yaitu diwajibkan untuk menggunakan insurance dan dijelaskan secara detail dalam packing tersebut apa saja barang-barang di dalamnya, hal ini untuk meminimalisir pihak agen melakukan crosscheck ulang terhdapat paket tersebut. 2.) Untuk order tersebut sebaikkan dipisahkan saja karena ada kemungkinan pihak buyer punya alasan tersendiri (mungkin yang satunya untuk kasih surprise ke salah satu orang rumahnya :P), atau jika sudah dikonfirmasi oleh buyer dan setuju untuk dijadikan 1 resi maka silakan dilakukan namun jangan lupa untuk menginformasikan pihak operational Tokopedia juga untuk menghindari order hold.

Pertanyaan: Halo Tokopedia, Saya dengan Esfand dari Jakarta ingin bertanya, tapi sebelum bertanya saya coba ceritakan latar belakang saya secara singkat. Saya pedagang kamera yang memiliki banyak cabang di kota kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dst, tetapi saat ini baru toko di Jakarta saja yang memiliki Toko Online di Tokopedia. Pembeli saya di luar kota selain Jakarta kesulitan menemukan Toko Online cabang kota lain karena saya pernah menanyakan ke Admin Tokopedia di medsos kalau tidak boleh membuka toko berbeda di kota lain dengan produk yang sama, sedangkan pembeli ingin membeli dari kota dimana pembeli tersebut tinggal melalui Tokopedia ditambah ada fitur pengiriman kurir same day di beberapa kota yang sudah ada. Pertanyaan saya, adakah solusi Tokopedia kepada calon/pembeli saya yang menginginkan pembelian pada toko yang sama di kota mereka berasal melalui layanan Tokopedia ? Terima kasih banyak. (Kak Esfandiari di Jakarta,)

Jawaban: Halo kak Esfandiari Untuk solusinya adalah pembuatan toko di berbeda kota tidak masalah kok kak. Asalkan bukan di kota yang sama, itu tidak masalah. Namun untuk ada layanan Same Day, memang harus mengikuti jangkauan dari logistik provider itu sendiri. 🙂

Pertanyaan: Cara Mengirim logistik yang berupa cairan, saya ingin menanyakan karena produk yang saya jual ada produk-produk cairan, sering sekali pihak logistik menolak produk-produk tersebut dengan alasan tidak lolos x-ray. Pertanyaan saya bagaimana caranya agar produk-produk cairan bisa lolos logistik? Apakah memang tidak bisa menjual produk-produk yang bersifat cairan di tokopedia dengan alasan logistik tidak mengizinkan. Mohon pencerahannya. (dari Kak Leonardo alcapone)

 Jawaban: Hallo Kak Leonardo , Saat ini kami harus mengikuti regulasi pemerintah di mana untuk pengiriman cairan ada batas tertentu. Akan tetapi, tim kami pastinya sadar akan kebutuhan customers yakni penjualan dan pembelian barang cairan. Karena itu, kami juga dalam proses untuk mencari partner yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

Pertanyaan: Kak saya ada pengalaman kirim barang ke kalimantan via Tiki barang sudah di terima oleh customer, akan tetapi status tracking tidak berubah menjadi delivered, saya sudah berusaha hubungi CS Tiki tapi tidak kunjung diubah juga sedangkan hubungi customer sulit banget,, untuk Tiki jarang update tracking terutama untuk daerah pelosok Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera,, pertanyaan apakah ada batas waktu tertentu jika kurir tidak update dilivered? Karena kalau customer tidak klik terima dana penjualan akan lama cairnya trims. (kak Aldidik Heriyanto di Pekalongan)

Jawaban: Hallo Kak Aldidik, kami memperlakukan peraturan yang tegas kepada partner logistik di Tokopedia. Jika ada kelalaian dalam sistem partner, pasti akan kami tegaskan kepada mitra kami. Hal ini bisa saja dalam bentuk teguran maupun denda jika hal ini berlanjut terus. Dalam kasus ini, kami tidak dapat memberikan batas waktu kepada kurir untuk update status menjadi delivered karena status inilah yang menjadi pacuan kami untuk track item tersebut. Tetapi apabila kami mendapatkan informasi atas kelalaian di pihak partner logistik, pasti kami akan turun tangan.

Pertanyaan: 1.) Kenapa Pos Indonesia itu ongkirnya selalu TIDAK SAMA dengan ongkir yg tertera di Tokopedia. Kalau ada perbedaan sistem, seharusnya bisa disamakan, seperti logistik yg lain, jadi bisa memuaskan kedua belah pihak, seller dan buyer (tidak ada biaya tambahan di transaksi) 2.) Masukan dari saya, bagaimana kalau Tokopedia punya tim logistik khusus di kota-kota besar atau sejenis kantor cabang gitu untuk memudahkan seller.. hehehe ^^ Terima kasih. (dari Kak Lyra Rachmawati di Bandung,)

Jawaban: 1.) Untuk service Pos Indonesia update rates tarif kami peroleh datanya dari pihak Pos Indonesia pusat sehingga jika terjadi update harga akan segera kami update juga di sistem Tokopedia, jika terjadi perbedaan harga di agen Pos dengan di Tokopedia maka silahkan dilaporkan detail perbedaan tarif tersebut & alamat agennya ke pihak Tokopedia agar dapat kami report ke pihak Pos Indonesia pusat untuk penindaklanjutannya. 2.) Wah terima kasih atas inputnya, biar bisa lebih dekat dengan tim Tokopedia ya kak? hahahaha. Nanti coba kami pertimbangkan terlebih dahulu ya kak.

Pertanyaan: 1.) Apabila ada kejadian paket hilang / rusak padahal sudah tiba di kota tujuan (arrived on destination), siapakah yang harus follow up / datang ke kantor ekspedisi utk mengurus klaim asuransi? Pembeli/ penjual? 2.) Berapa lama ekspedisi menyelesaikan proses klaim asuransi? Sedangkan kami sebagai penjual di tokopedia diberikan tenggat waktu untuk mengirim barang kepada pembeli, jika terlambat maka uang kami hangus. Bagaimana cara ekspedisi yg bekerjasama dengan tokopedia memberikan solusi ini? (dari Kak Indrasari)

 Jawaban: Halo kak indrasari, 1.) Untuk klaim asuransi dapat dilakukan melalui pusat resolusi. Di situ bisa minta bantuan admin Tokopedia ataupun lewat CS Tokopedia, kami akan bantu untuk melakukan pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan dan akan kami komunikasikan ke pihak logistik. 2.) Untuk proses investigasi sangat beragam kak tergantung kasus dan logistik sendiri, namun rata-rata periodenya adalah 7 hari. Di situ apabila sudah mendapatkan lampu hijau dari pihak logistik, kita akan mencairkan dana tersebut via Saldo Tokopedia Anda.

Demikian tadi ringkasan NoBar Online bulan April. Selain itu juga ada beberapa pertanyaan yang masuk saat sesi bebas diskusi dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Top Guest. Untuk penanya terbaik juga telah dipilih dan berhak mendapatkan hadiah yang telah disiapkan khusus Tokopedia. Cek pemenangnya disini ya.

Untuk Toppers yang ingin ikut NoBar bulan depan jangan sampai terlewat ya! Ikuti terus informasinya di grup Top Community kota dan grup telegram Top Community Indonesia.

One response to “NOBAR ONLINE APRIL – Ingin Transaksi Aman dan Nyaman? Kenali Lebih Dekat Logistik Pengiriman”

  1. 91Senaida says:

    I must say you have high quality content here. Your blog
    can go viral. You need initial boost only. How to get it?
    Search for; Miftolo’s tools go viral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *